Jumat, 08 Juli 2011

Pengendalian Ulat Api Secara Alami

Ulat api adalah salah satu musuh yang sangat di takuti dalam perkebunan kelapa sawit mengapa demikian?, jawabanya adalah karena ulat tersebut menimbulkan efek kerugian yang sangat besar terhadap tanaman kelapa sawit.

Penelitian dan kenyataan yang dihadapi banyak perusahaan menunjukkan bahwa serangan ulat api dapat menurunkan produksi sebanyak 25 % di tahu pertama dan 50 % di tahun kedua dan ditahun ketiga mencapai 75%. artinya jika serangan ulat api mencapai tingkat maksimal maka petani akan merugi selama 3 tahun berikutnya.

Dalam perkembangannya perkebunan mencari cara untuk melakuka pengendalian ulat api karena untuk memusnahkan ulat api rasanya tidak mungkin untuk dapat dilakukan sehingga yang dapat kita lakukan adalah bagaimana cara untuk menekan pertumbuhan ulat api tersebut menuju ke batas ambang.

Pengendalian ulat api dapat dilakukan dengan berbagai macam cara tetapi saat ini yang paling ditekankan adalah bagaimana untuk melakukan pengendalian ulat api secara alami teutama karena saat ini perusahaan perkebunan di Indonesia sedang mengejar yang namanya RSPO.

Adapun cara pengendalian ulat api secara pengendalian ulat api secara alami adalah :

1. Melakukan sensus secara rutin untuk mengetahui stadia dari ulat api tersebut.
Hal ini merupakan kunci keberhasilan dari pengendalian ulat api karena pada saat ini kita akan mengetahui seberapa besar populasi ulat api dan seberapa efektif tindakan yang sudah kita lakukan.
Cara melakukannya adalah dengan membuat titik sensus minimal 5% darit total areal tanaman kelapa sawit tetapi akan lebih baik jika persentase ini dapat kita tingkatkan. pada saat sansus yang dilakukan adalah mengambil daun yang paling tengah dalam hal ini sering di sebit dengan daun nomor 16 karena biasanya serangan dimulai dari daun ini. selain ulat kita juga harus mencari apakah ada atau tidak kokon yang terdapat di piringan karena  kita ketahui bahwa ulat api memiliki siklus hidup menuju imago dengan bentuk kokon

2. Melakukan penanaman tanaman inang
 Tanaman inang adalah tanaman yang menghasilkan madu . Tujuan dari penanaan ini adalah :
 a. Tempat predator ulat api yang dewasa untuk mendapatkan makanan
 b. Untuk memperindah areal kebun

Jenis tanaman inang adalah :
 a.Tunera Subulata yang sering disebut dengan bunga pukul delapan
 b.Casia Sp.

Cara penanaman adalah sepanjang jalan dengan membuat plot tanaman di pinggir jalan kebun dengan ukuran 3  4 meter dengan populasi tanaman inang 300-400 bibit.

demikialah yang saya sampaikan pada tulisan ini di artikel berikutnya akan dibahas tehnik pengendalian ulat api secara alami yang lainnya.
Anda sedang membaca artikel berjudul Pengendalian Ulat Api Secara Alami dengan url http://konsultasisawit.blogspot.com/2011/07/pengendalian-ulat-api-secara-alami.html , Jika suka dengan artikel Pengendalian Ulat Api Secara Alami dengan url http://konsultasisawit.blogspot.com/2011/07/pengendalian-ulat-api-secara-alami.html silahkan di copy dan jangan lupa menuliskan sumbernya. Anda dapat berlangganan update dari blog ini dengan mengisi email di bawah ini

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Silahkan Follow Kami di twitter
Jika ingin melihat artikel lainnya anda dapat mengklik link populer dibawah ini atau sitemap diatas.Terima kasih atas kunjungan anda di http://konsultasisawit.blogspot.com

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...