Saturday, July 16, 2011

Penanaman Kelapa Sawit 2011

penanaman kelapa sawit. pada posting sebelumnya telah dibahas bagaimana cara membibitkan kelapa sawit berikut adalah cara untuk melakukan penanaman kelapa sawit. sebelum dilakukan penanaman maka kita pelu mempelajari tahapan dalam menanam kelapa sawit yaitu :

1. Pemancangan

2. Pembuatan Lobang tanam

3. Penanaman

diatas adalah 3 tahapan dalam menanam sawit berikut akan dibahas setiap tahapnya :
ad1. Pemancangan
pemancangan dilakukan dengan jarak tanam yang diinginkan yaitu 9x9x9 dengan bentuk segitiga sama sisi, jika diukur maka jarak antar baris adalah 8m. jadi jarak tanam dengan model segi empat adalah 9x8. panjang yang digunakan dapat terbuat dari bambu atau kayu kecil tergantung apa yang mudah di cari di areal yang akan ditanam.

Pemancangan dilakukan dengan menggunakan tali yang telah di tandai sesuai dengan jarak tanam di atas. kemudian dua orang menarik tali pancang sedangkan yang lain bertugas untuk memasang pancang demikian seterusnya sampai dengan selesai.

ad2. Pembuatan lobang tanam
lobang tanam dibuat dengan ukuran 70x70 cm dengan alas 50x50 cm.
pembuatan lobang tanam dilakukan dengan cangkul sampai ukuran terpebuhi. tetapi lobang tanam dapat juga dibuat dengan traktor pelobang tanam.

ad.3 Penanaman
Bibit kemudian dilangsir ke lobang tanam. polibag dipotong pada bagian sampingnya kemudian bibit diambil "ingat tanah bibit tidak boleh rusak". kemudian masukkan kedalam lobang tanam lalu di tambahkab dengan pupuk RP sebanyak 150 gr/pkk. kemudian lobang diisi dengan tanah dan dipadatkan. penanaman yang benar adalah jika bibit tidak copot jika di cabut

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...