Friday, December 9, 2011

Proses Gerhan Total Bulan


Gambar dan video proses terjadinya gerhana bulan total. Gerhana bulan atau yang sering disebut Lunar eclipse akan menghiasi langit malam Indonesia tahun ini. Tidak seperti tahun sebelum nya, gerhana bulan kali ini merupakan gerhana bulan yang boleh dikatakan gerhana bulan spesial. Karena gerhana bulan yang terjadi di langit kepulauan indonesia adalah gerhana bulan total seri saros 130 atau dengan kata lain permukaan bulan sepenuhnya akan tertutup oleh bayangan bulatan Planet Bumi. Gerhana bulan total akan terjadi di Indonesia pada 10 Desember 2011

Gambar gerhana bulan sebahagian

Di masyarakat indonesia gerhana bulan terkadang di kaitkan dengan mitos-mitos yang beredar. Misalkan saja di pulau jawa. Gerhana bulan disimbolkan sebagai bulan yang sedang dimakan oleh raksasa. Agar bulan itu dapat muncul kembali biasanya masyarakat jawa memukul kentongan atau memainkan alat musik tradisional agar si raksasa memuntah kan kembali si bulan. Di sepanjang tahun 2011 ini kita akan di suguhkan beberapa gerhana seperti gerhana matahari dan gerhana bulan. Namun sayang nya hanya gerhana bulan saja yang dapat teramati di negara kita karena Gerhana Matahari Sebagian pada tanggal 2 Juni 2011 hanya bisa disaksikan di sekitar kawasan lingkar kutub utara, yakni sebagian Russia, sebagian Cina, Jepang, Korea, Alaska dan sebagian Canada. Gerhana Matahari Sebagian 1 Juli 2011. Gerhana ini hanya bisa disaksikan di sekitar kawasan lingkar kutub selatan dan terakhir 10 Desember 2011 kita akan menyaksikan gerhana bulan kembali.

Berikut adalah video proses gerhana bulan total


Seperti yang kita ketahui bahwa gerhana bulan “pasti” terjadi pada salah satu fase bulan yaitu fase bulan purnama atau bulan penuh. Gerhana bulan terjadi ketika cahaya yang memancar dari matahari tertutup oleh bulatan planet bumi yang mengakibatkan permukaan bulan yang seharusnya purnama dan terkena cahaya matahari berganti warna menjadi gelap/memerah akibat cahaya matahari yang terblokir oleh bulatan planet bumi. Pada gerhana bulan total posisi antara matahari – bumi – bulan berada pada satu garis lurus(Garis Ekliptika) yang menyebabkan cahaya matahari yang memancar ke bulan tertutup sepenuh nya oleh bulatan planet bumi kita sehingga tampak bulan sepenuh nya gelap.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...