Monday, December 19, 2011

Kim Jong II Meninggal Dunia


Kim Jong II pemimpin korea utara meninggal Dunia ( wafat ). Pemimpin negara komunis Korea Utara, Kim Jong Il meninggal dunia. Berita kematian Kim Jong Il diberitakan oleh televisi pemerintah Korea Utara di Pyongyang, Senin (19/12).

Gambar Kim Jong II pemimin korea utara yang Meninggal Dunia

Kim Jong Il dikabarkan meninggal di usia 69 tahun. Belum diketahui dengan pasti penyebab kematian Kim Jong Il, seperti yang diberitakan oleh Associated Press, Senin (19/12).

Kim Jong Il diketahui pernah terserang stroke pada 2008 lalu. Pria yang lahir di Siberia pada 1941 silam ini sudah memerintah Korea Utara sejak 1994, meneruskan kepemimpinan ayahnya Kim Il Sung yang meninggal dunia di tahun yang sama.

Pada 2010 lalu, Kim Jong Il mewariskan kekuasaannya kepada putra ketiganya, Kim Jong Un.

China mengutarakan kesedihannya saat mendengar berita tentang wafatnya Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Il. Negeri Panda itu juga menyampaikan belasungkawanya ke Korut.

"Kami sedih saat mendengar berita wafatnya Pimpinan Senior Korut Kim Jong Il, dan kami menyampaikan belasungkawa yang dalam kepada warga Korut," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri China Ma Zhaoxu, seperti dikutip Xinhua, Senin (19/12/2011).

China merupakan salah satu mitra terpenting bagi Korut. Berbagai kerja sama juga sering dilakukan oleh China dan Korut. Sejak munculnya revolusi di dunia Arab, Korut juga tampak mengimpor peralatan huru-hara dari China. Korut juga tampak selalu bergantung kepada China dalam hal bantuan pangan dan bahan bakar.

Pada tahun ini, Kim Jong Il juga sempat mengadakan lawatan ke China beserta penerusnya Kim Jong Un. China juga tampak mendukung suksesi kepemimpinan Korut yang akan dilanjutkan oleh Kim Jong Un.

Para Maret lalu, Jong Un juga diundang ke China dalam rangka mempererat hubungan kedua negara komunis itu. Menteri Keamanan Publik China Meng Jianzhu juga mengatakan, pergantian kekuasaan di Korut harus berjalan dengan halus dan didukung oleh militer.

Setelah Kim wafat, Jong Un akhirnya tampil sebagai Pemimpin Korut yang baru. Di usianya yang masih sekira 20 tahun, Jong Un juga sudah dilantik sebagai jenderal di Korut

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...