Minggu, 02 Oktober 2011

Cara Membuat dan Optimasi Permalink Blogger


Cara Membuat Permalink di Blogger beserta Script atau skrip permalink blogspot. Apa itu Permalink? Permalink atau permanen link merupakan alamat URL atau link yang permanen tentang suatu postingan. Permalink di blogspot sangat penting untuk menambah link internal di artikel postingan kita. Karena permalink yang satu ini SEO friendly sehingga mudah dibaca oleh google.

Trik membuat permalink di blogspot agar berbeda dengan judul postingan merupakan Tips Optimasi Permalink Blogspot. katanya juga merupakan salah satu trik SEO. Kalo Pada blog Wordpress kita bisa merubah permalink sesuka kita, namun tidak demikian halnya untuk Blogspot dimana permalink tidak bisa di Edit ulang setelah artikel terpublishkan, dan jika kita terlebih dahulu mengisi kolom Title dengan kalimat sebagai judul posting, lalu setelah artikel di publishkan maka yang menjadi permalinknya adalah judul posting yang anda tulis di kolom Title tersebut.

Cara optimasi judul artikel sebagai permalink blog
Setiap anda membuat sebuah judul atau title untuk posting blogspot anda, maka judul artikel yang pertama kali anda buat tersebut yang akan menjadi url postingan artikel anda. Pada blogspot, url postingan sangat tidak seo friendly karena hanya dibatasi sampai empat kata, sekitar 32 huruf saja. Padahal jika kita mampu melakukan optimasi permalink title blogspot ini maka hasilnya sangat terasa sekali. Karena robot google akan melakukan crawl terhadap title dan url postingan anda, baru kemudian isi artikel anda, anda bisa lihat gambar dibawah ini. Dan jika terdapat orang yang melakukan pencarian sesuai dengan keyword yang anda buat, maka artikel anda bisa masuk ke halaman pertama pencarian google. 

Jadi, permalink dan judul posting sama gitu. Bagaimana Tips Optimasi Permalink Blogspot dan Membuatnya agar berbeda dengan judul postingan ?

Caranya sederhana, yaitu pada saat anda membuat artikel jangan terlebih dahulu menulis pada kolom Title, menulislah terlebih dahulu pada kolom Isi artikel. Sebelumnya pikirkan dulu kalimat apa yang anda inginkan sebagai permalink posting tersebut lalu tulislah itu pada kolom Isi artikel. Maka yang akan menjadi permalink adalah beberapa penggalan kalimat awal dari isi artikel anda. 

Nah, lalu kemudian tulislah judul artikel yang anda inginkan pada kolom Title. Maka Permalink dan Judul postingan akan berbeda. Dengan demikian artikel anda seakan-akan memiliki Back Title. satu artikel dua Title, seperti artikel yang anda baca ini. kan lumayan tuk jaring keywords.

Begitulah Tips Optimasi Permalink Blogspot dan membuatnya agar berbeda dengan judul postingan.

Berikut adalah cara membuat permalink di bawah artikel yang SEO friendly untuk mesin pencari tentu saja google.com

Cara Membuat Permalink (Manual) di Blogspot
Dengan membuat permalink yang manual di blogspot artikel anda akan lebih SEO friendly dan bagus untuk mendongkrak posisi di artikel anda. Anda bisa membuat permalink yang manual di akhir postingan contohnya begini:

"Begitulah ulasan artikel saya mengenai "judul postingan" kali ini. Jika anda rasa artikel ini bermanfaat, silakan anda mengcopy paste artikel judul postingan ini, dan beri judul postingan sebagai sumbernya."

Di atas adalah contoh permalink yang anda buat namun dengan cara manual. Kekurangan dari permalink manual ini kita harus menuliskannya secara manual meskipun SEO friendly.

Cara Membuat Permalink (Otomatis) di Blogspot
Dengan membuat permalink yang otomatis ini, kita tidak perlu lagi menambahkannya secara manual dan ini juga akan lebih SEO friendly. Silakan ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat permalink di blogspot:

Pertama, silakan anda login ke akun blogger anda.

Lalu, pergi ke menu rancangan, lalu pilih edit html.
Jangan lupa centang expand template widget.
Cari kode ]]> (gunakan Ctrl+F untuk membantu pencarian), setelah ketemu kode tersebut, letakkan kode css berikut tepat di atasnya :

.permalinkku {border: 1px solid #EFF0F1; padding: 5px; background: #ffffff;-moz-border-radius:5px;} .permalinkku a {background:none;} img.float-right {margin: 5px 0px 0 10px;} img.float-left {margin: 5px 10px 0 0px;}

Lalu cari kode <data:post.body/>  lalu pastekan kode berikut di bawahnya :

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'><div class='permalinkblogspot'> <center><small>Anda sedang membaca artikel berjudul <u><a expr:href='data:post.url'><data:blog.pageName/></a></u> dengan url <strong><data:post.url/></strong></center></div></b:if>

Simpan template.

Hasilnya seperti terlihat dibawah posting ini
Catatan: Jika blog anda telah menggunakan readmore, akan ada 2 kode dari , silakan anda pasang kode yang tadi (langkah 5) di bawah kode yang kedua.

Anda sedang membaca artikel berjudul Cara Membuat dan Optimasi Permalink Blogger dengan url http://konsultasisawit.blogspot.com/2011/10/cara-membuat-dan-optimasi-permalink.html , Jika suka dengan artikel Cara Membuat dan Optimasi Permalink Blogger dengan url http://konsultasisawit.blogspot.com/2011/10/cara-membuat-dan-optimasi-permalink.html silahkan di copy dan jangan lupa menuliskan sumbernya. Anda dapat berlangganan update dari blog ini dengan mengisi email di bawah ini

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Silahkan Follow Kami di twitter
Jika ingin melihat artikel lainnya anda dapat mengklik link populer dibawah ini atau sitemap diatas.Terima kasih atas kunjungan anda di http://konsultasisawit.blogspot.com

3 komentar :

Rudy Hartono mengatakan...

terima kasih atas informasinya, salam kenal and visit me back di

Darmawan Saputra mengatakan...

terima kasih atas informasi yang bermanfaat ini, hampir satu jam saya ada disini maklum disini banyak info yang menarik, nanti bila ada waktu saya akan kembali mengunjungi blog anda lagi :D



#Semoga Sehat Selalu :)

guramalem mengatakan...

terima kasih pujiannya

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...