Saturday, November 12, 2011

Cara Menghilangkan Pasword Bios Laptop dan PC


Cara mereset pasword bios laptop. Tahukah anda bahwa secara  password bios laptop seperti acer, compact, samsung, lg, zyrex, axio, advan, hp, toshiba dan semua laptop tersimpan di memory. Data password yang disimpan di memory RAM (internal ram) atau di EEPROM (flash rom).
Untuk mereset password bios di laptop dengan metode penyimpanan di RAM, sangatlah mudah untuk dilakukan yaitu hanya dengan mematikan aliran listrik pada laptop. Yaitu dengan mencabut baterai CMOS dan baterai laptop. Biarkan minimal 15 menit laptop tanpa listrik. Dengan sendirinya password bios akan reset atau hilang. Karena metode penyimpanan di RAM sangat tergantung pada listrik dalam penyimpanan data.
Untuk yang menggunakan metode EEPROM dalam reset data dibutuhkan tool yang dapat membaca data dalam memory. Data yang tersimpan dimemory diambil terus ditulis ulang. Tapi tidak semua type laptop dengan system penyimpanan data EEPROM bisa direset dengan cara ini.

Untuk membantu anda saya berikan cara untuk mencabut baterai cmos laptop anda seperti cara berikut ini :
1. Lepaskan baterai laptop
2. Buka casing laptop dengan urutan :
- Buka penutup memory
- Buka penutup hardish dan lepaskan hardishnya
- Lepaskan CD/DVD rom
- Buka seluruh baut
- Lepaskan casing laptop
3. Letak baterai cmos berada di dekat memory (RAM) biasanya terbungkus plastik berwarna hitam atau kuning seperti gambar dibawah ini dengan 2 kabel berwarna merah dan hitam
4. Tungu 5- 10 menit
5. Pasang kembali baterai cmos
6. Pasang kembali casing laptop

Tetapi jika anda tidak punya pengalaman atau pengetahuan yang cukup sebaiknya bawa saja laptop anda ke service centernya karena nanti malahan makin rusak.

3 comments:

  1. Mantap gan.. berkat ilmu agan bios laptop ane bisa di buka. Thank's ilmu nya gan

    ReplyDelete
  2. Trmksih gan ilmunya sy akan mencobanya

    ReplyDelete
  3. Trmksih gan ilmunya sy akan mencobanya

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...