Thursday, November 3, 2011

8 Bentuk Kaki Sebagai Tanda Penyakit Diabetes


8 Bentuk kaki sebagai tanda untuk mendeteksi gejala diabetes. Tahukah anda bahwa kaki bisa dijadikan sebagai parameter sebagai  alat untuk deteksi dini serangan diabetes.  Dalam artikel ini akan disampaikan 8 parameter diabetes atau penyakit gula atau kencing manis yang dapat di deteksi pada kaki secara mudah.


Berikut adalah beberapa ciri kaki yang menunjukkan gejala dini diabetes :

1. Jari bengkok

2. Penonjolan tulang

3. Telapak kaki datar
Staf Divisi Metabolik Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam, dr Em Yunir Sp PD KEMD, pada seminar ''Jangan Abaikan Kelainan Kaki Diabetik! Lakukan Deteksi Dini''.

4. Kaki penuh mata ikan dan luka.

5. Penebalan (kalus) pada kulit, rambut, permukaan telapak kaki, dan kuku.

6. Pembengkakan deformitas, mobilitas gerak sendi, warna serta jaringan nekrosis.

7. Diabetes menyebabkan kulit kaki kering dan mudah mengelupas.
Sama halnya dengan kuku kaki yang terlalu tebal atau terlalu rapuh.

8. sela jari kaki banyak luka
''Pemeriksaan diabetes juga bisa dilakukan pada sela jari kaki. Apabila sela jari kaki banyak luka, penderita wajib mewaspadai diabetes,'' katanya.

Pemeriksaan kaki penderita diabetes (diabetisi) harus dilakukan secara menyeluruh. Pemeriksaan dilakukan dengan penelusuran riwayat penyakit diabetes, pemeriksaan kelainan kulit, adanya gangguan pembuluh darah pada tungkai, dan ada tidaknya gangguan saraf (neuropati).

Diabetisi dianjurkan tidak berjalan tanpa alas kaki, menghindari penggunaan bahan kimia atau benda tajam untuk menipiskan penebalan pada telapak kaki, merokok, menggunakan cincin pada jari kaki, dan menggunakan high heel atau sepatu berujung runcing.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...