Sunday, November 27, 2011

Cara Mengetahui Sumber Mata Air Untuk Sumur Bor


Tips Cara  Mengetahui Sumber Mata Air untuk sumur Bor Atau Sumur. Air bersih merupakan kebutuhan vital bagi manusia. Ada beragam cara manusia untuk mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari hari. Dan saat ini bagi yang memiliki dana dapat membeli dari air yang dijual keliling menggunakan mobil tangki. Ada pula yang karena alasan keterbatasan dana lebih memilih mandi dan mencuci di sumur umum.
Tentu pilihan yang kedua adalah dengan membuat sumur bor atau sumur biasa adalah sesuatu yang saat ini paling banyak dilakukan untuk mendapatkan sumber air bersih.

Sering kali pada saat melakukan pengalian terjadi kegagalan karena air pada lokasi yang digali tidak ada sehingga menyebabkan kerugian karena harus mengali lagi lobang yang baru.

Tahukah anda bagaimana mengetahui tehnik / cara mencari sumber mata air untuk membuat sumur bor maupun sumur gali dapat mempraktekkan cara di bawah ini :
Ada 2 tehnik sederhana :

1. Menggunakan daun pisang
Ambillah beberapa lembar daun pisang dan taruhlah pada beberapa titik yang akan di bor / gali pada jam 10 malam. Pagi harinya silahkan lihat embun yang menempel pada daun pisang tsb (pada bagian bawah daun). Semakin banyak embun yang menempel semakin banyak debit air bawah tanah tsb. Namun jika daunnya tetap kering berarti tidak ada sumber air di bawah daun tsb.

2. Menggunakan garam
Pada jam 8 malam taruhlah 2 genggam garam dan tutup rapat dengan kaleng pada tempat yang akan digali / di bor. Pagi harinya silahkan lihat garam tsb, jika habis atau tinggal sedikit berarti pada titik tsb ada sumber airnya. Bila perlu taruhlah garam dan kaleng tsb pada beberapa titik sekaligus dan lihatlah pada titik mana yang garamnya paling sedikit.
Catatan : Cara mencari sumber air diatas adalah semata mata untuk mengetahui sumber air. Tentang hasil airnya apakah baik ataukah jelek tidak akan diketahui hingga proses pengeboran selesai.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...