Kamis, 03 November 2011

8 Bentuk Kaki Sebagai Tanda Penyakit Diabetes


8 Bentuk kaki sebagai tanda untuk mendeteksi gejala diabetes. Tahukah anda bahwa kaki bisa dijadikan sebagai parameter sebagai  alat untuk deteksi dini serangan diabetes.  Dalam artikel ini akan disampaikan 8 parameter diabetes atau penyakit gula atau kencing manis yang dapat di deteksi pada kaki secara mudah.


Berikut adalah beberapa ciri kaki yang menunjukkan gejala dini diabetes :

1. Jari bengkok

2. Penonjolan tulang

3. Telapak kaki datar
Staf Divisi Metabolik Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam, dr Em Yunir Sp PD KEMD, pada seminar ''Jangan Abaikan Kelainan Kaki Diabetik! Lakukan Deteksi Dini''.

4. Kaki penuh mata ikan dan luka.

5. Penebalan (kalus) pada kulit, rambut, permukaan telapak kaki, dan kuku.

6. Pembengkakan deformitas, mobilitas gerak sendi, warna serta jaringan nekrosis.

7. Diabetes menyebabkan kulit kaki kering dan mudah mengelupas.
Sama halnya dengan kuku kaki yang terlalu tebal atau terlalu rapuh.

8. sela jari kaki banyak luka
''Pemeriksaan diabetes juga bisa dilakukan pada sela jari kaki. Apabila sela jari kaki banyak luka, penderita wajib mewaspadai diabetes,'' katanya.

Pemeriksaan kaki penderita diabetes (diabetisi) harus dilakukan secara menyeluruh. Pemeriksaan dilakukan dengan penelusuran riwayat penyakit diabetes, pemeriksaan kelainan kulit, adanya gangguan pembuluh darah pada tungkai, dan ada tidaknya gangguan saraf (neuropati).

Diabetisi dianjurkan tidak berjalan tanpa alas kaki, menghindari penggunaan bahan kimia atau benda tajam untuk menipiskan penebalan pada telapak kaki, merokok, menggunakan cincin pada jari kaki, dan menggunakan high heel atau sepatu berujung runcing.
Anda sedang membaca artikel berjudul 8 Bentuk Kaki Sebagai Tanda Penyakit Diabetes dengan url http://konsultasisawit.blogspot.com/2011/11/8-bentuk-kaki-sebagai-tanda-penyakit.html , Jika suka dengan artikel 8 Bentuk Kaki Sebagai Tanda Penyakit Diabetes dengan url http://konsultasisawit.blogspot.com/2011/11/8-bentuk-kaki-sebagai-tanda-penyakit.html silahkan di copy dan jangan lupa menuliskan sumbernya. Anda dapat berlangganan update dari blog ini dengan mengisi email di bawah ini

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Silahkan Follow Kami di twitter
Jika ingin melihat artikel lainnya anda dapat mengklik link populer dibawah ini atau sitemap diatas.Terima kasih atas kunjungan anda di http://konsultasisawit.blogspot.com

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...