Tuesday, December 11, 2012

Konsep Kampung Berbasis Ekonomi Jokowi


Konsep Kampung Berbasis Ekonomi Jokowi. Beberapa yang disebutkannya, antara lain, Kampung Herbal, Kampung Backpacker, dan Kampung Ikan. "Kampung herbal itu di mana kampung itu menanam tanaman herbal," urai Jokowi di Kantor DPP PDIP Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (11/12/2012).

Ia menjelaskan, kampung-kampung yang hendak dikembangkan sebenarnya sudah memiliki potensi tersendiri. Pemerintah DKI hanya dalam posisi mengembangkan potensi agar dapat menjadi komoditas ekonomi.

"Kenapa di kampung itu dijadikan kampung herbal, karena memang itu sudah dimulai beberapa warga dan dibesarkan menjadi komoditas, jadi sebuah produk yang menambah pendapatan bagi penduduknya," papar Jokowi.

Potensi serupa dilihat Jokowi untuk mengembangkan kampung backpacker dan kampung ikan. Untuk kampung backpacker, misalnya, kawasan tersebut sudah lama menjadi lokasi penginapan pelancong-pelancong dengan barang bawaan terbatas.

Dengan pengembangan yang dibantu pemerintah, masyarakat setempat bisa kecipratan rezeki dari kehadiran para pelancong mancanegara maupun domestik.

"Lalu kampung ikan, misalnya, di situ ada potensi perikanan. Tapi perlu diinjeksi, perlu diperbaiki manajemennya, apalagi kampungnya yang kumuh perlu ditata," urai Jokowi.

Namun, proyeksi tersebut masih akan bergantung pada persetujuan DPRD DKI. Pasalnya, rencana pengembangan kampung itu akan mengandalkan dana APBD. Bila disetujui DPRD barulah perencanaan yang lebih rinci akan disusun Pemprov DKI.

"Yang paling penting disetujui dulu sama anggota dewan. Kalau sudah baru kita bicara lebih detil lagi. Ini belum disetujui tapi saya ngomong banyak-banyak, nanti malah nggak disetujui," kata Jokowi.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...