Sunday, August 5, 2012

Stasiun Pengisian Listri Umum (SPLU) Pertama Diresmikan


SPLU Stasiun Pengisian Listri Umum Diresmikan. Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan meresmikan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU). Hal itu dilakukan untuk mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap bahan bakar minyak (BBM). "Sebenarnya SPLU ini belum diperlukan sekarang, baru tahun depan diperlukannya. Tapi pembangunan SPLU ini akan memberikan keyakinan kepada masyarakat bahwa membangun infrastruktur mobil dan motor listrik itu lebih gampang," kata Dahlan seusai meresmikan SPLU di kantor PLN DKI Jakarta, Gambir Jakarta Pusat, Minggu (5/8/2012).
Menteri BUMN Dahlan Iskan melakukan uji coba mobil listrik jenis city car karya perancang Dasep Ahmadi di Jalan Raya Jatimulya, Depok, Jabar, Senin (16/7). Mobil listrik yang berdaya baterai lithium ion, diproduksi sebanyak 36 buah dengan kapasitas baterai mencapai 21 kWh, mampu berjalan hingga sejauh 130 kilometer dengan sekali pengisian
Menurut Dahlan, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) harus segera membangun SPLU di beberapa lokasi strategis untuk mengantisipasi produksi mobil dan motor listrik mulai tahun depan. Namun untuk sementara, PLN akan membangun SPLU ini di kantor PLN sendiri.
PLN berencana menyiapkan 24 SPLU dan akan diletakkan pada 10 titik utama. Kantor Kementerian BUMN akan memiliki SPLU sebanyak 2 unit, Kantor Kementerian ESDM sebanyak 2 unit, Kantor Dirjen Ketenagalistrikan sebanyak 1 unit, Kantor PLN Bulungan sebanyak 1 unit, Kantor PLN Mampang sebanyak 1 buah, Kantor PLN Ciputat sebanyak 1 buah, Kantor PLN Gambir, Kantor PLN Tanjung Priok, Kantor PLN Lenteng Agung, dan Kantor PLN Pasar Minggu. "Karena fisiknya mungil, SPLU bisa ditaruh di pojokan apa saja. Mau di parkiran, di pinggir jalan, di kantor pemerintah atau di mal juga bisa," kata Dahlan.

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...