Kamis, 23 Agustus 2012

Cara Budidaya Daun Sirih Merah.


Cara Budidaya Daun Sirih Merah. Tahukah anda apa itu daun sirih merah. Daun Sirih Merah merupakan perpaduan warna hijau dan merah, serta dihiasi garis-garis urat daun semu kelabu memiliki daya tarik tersendiri bagi para penggemar tanaman hias. Tanaman ini umumnya dikenal sebagai tanaman obat. 
Perbanyakan tanaman sirih merah ini dilakukan dengan cara stek batang. Dalam tehnik perbanyakan stek batang sering ditemukan sumber kegagalan karena tehnik yang dilakukan belum tepat. Dalam artikel kali ini akan disampaikan cara menyetek sirih merah dengan baik sehingga persentase pertumbuhannya tinggi.

Kegagalan pada umumnya terjadi karena setelah dipotong stek langsung ditanam sehingga beberapa hari kemudian terjadi pembusukan batang dan lama kelamaan tanamanpun mati. 

Cara stek daun sirih merah adalah :
1. Potong bagian tanaman dimana harus terdapat 2 - 3 ruas, sisakan daun paling atas. 
2. Stek yang telah dipotong perlu dibiarkan selama 2-3 hari agar getah yang terdapat dibekas luka potongan mengering, 
3. Kemudian barulah ditanam. 

Cara stek daun sirih merah yang lain adalah dengan merundukkan batang yang ada akarnya ke tanah kemudian ditimbun dengan tanah.  Setelah akar tumbuh banyak, stek dapat dipotong dan bekas luka ditetesi dengan lilin, sebaiknya tanaman dibiarkan dulu hingga 7-10 hari selanjutnya bisa dipindah ke pot lain.

Cara paling mudah adalah menggunakan gelas plastik bekas air minum / aqua. 
1. Bagian dasar plastik dilubangi sebesar batang sirih merah, 
2. kemudian guntinglah bagian sisi gelas dari atas hingga ke dasar yang berlubang. 
3. Pilih bagian batang yang berakar dan masukkan ke dalam gelas plastik lewat belahan yang tergunting, 
4. selanjutnya belahan pada sisi gelas plastik direkat kembali menggunakan isolatif plastik bening. 
5. Memasukkan tanah kedalam gelas plastik hingga akar tertutup dengan baik. 
6. Penyiraman dilakukan jangan terlalu basah, sekedar lembab saja sudah cukup, sehingga dapat dilakukan 2 - 3 hari sekali.  jika akar telah tumbuh banyak, akan tampak memutih dan bisa dilihat dari tepi dinding gelas plastik (biasanya sekitar 3 bulan), stek dapat dipotong . 
7. Dengan cara ini begitu stek dipotong dapat langsung dipindah ke pot lain, tetapi jangan lupa mengolesi bekas luka potongan dengan tetesan lilin untuk mencegah pembusukan .

Demikian dulu info cara budidaya sirih merah, semoga bermanfaat.

Kata Kunci : cara menanam tanaman sirih, cara menanam sirih hijau, cara menanam pohon sirih, artikel menanam sirih, resep menanam sirih, menanam sirih kesehatan, cara menanam sirih merah, cara menanam pokok sirih
Anda sedang membaca artikel berjudul Cara Budidaya Daun Sirih Merah. dengan url http://konsultasisawit.blogspot.com/2012/08/cara-budidaya-daun-sirih-merah.html , Jika suka dengan artikel Cara Budidaya Daun Sirih Merah. dengan url http://konsultasisawit.blogspot.com/2012/08/cara-budidaya-daun-sirih-merah.html silahkan di copy dan jangan lupa menuliskan sumbernya. Anda dapat berlangganan update dari blog ini dengan mengisi email di bawah ini

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Silahkan Follow Kami di twitter
Jika ingin melihat artikel lainnya anda dapat mengklik link populer dibawah ini atau sitemap diatas.Terima kasih atas kunjungan anda di http://konsultasisawit.blogspot.com

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...