Monday, August 20, 2012

Rahasia Manfaat Kunyit atau Kunir Bagi Kesehatan


Rahasia Manfaat Kunyit atau Kunir Bagi Kesehatan. Jenis penyakit yang ada di dunia ini sangatlah beragam dan begitu pula dengan obat yang ada di dunia ini juga sangat beragam. Selain Pengobatan Medis Modern menggunakan obat-obatan yang mengandung bahan kimia, ternyata masih banyak juga orang-orang yang lebih memilih Pengobatan Tradisional menggunakan bahan-bahan alam yang sangat bermanfaat. Salah satu bahan alam yang sering digunakan adalah Kunyit. Ternyata Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan sangat beraneka ragam. Apa saja Manfaat Kunyit ?


Kunyit atau Kunir adalah tanaman rempah-rempah yang banyak ditemukan di Asia tenggara dan tentu saja Indonesia. Tanaman ini banyak digunakan sebagai bumbu masakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, kunyit juga digunakan sebagai pewarna kuning pada makanan. Karena merupakan bahan alami maka tidak menimbulkan efek samping. Namun demikian, kunyit tidak hanay dapat dimanfaatkan sebagai bumbu masakan atau pewarna alami makanan. Kunyit juga banyak dimanfaatkan dalam bidang kesehatan. Tanaman kunyit banyak di budidayakan di Indonesia, karena merupakan tanaman obat yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat obat, yang disebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin dan bisdesmetoksikurkumin dan zat- zat manfaat lainnya Kandungan Zat : Kurkumin : R1 = R2 = OCH3 10 % Demetoksikurkumin : R1 = OCH3, R2 = H 1 - 5 % Bisdemetoksikurkumin: R1 = R2 = H sisanya Minyak asiri / Volatil oil (Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%, Zingiberen 25%, felandren, sabinen, borneol dan sineil ) Lemak 1 -3 %, Karbohidrat 3 %, Protein 30%, Pati 8%, Vitamin C 45-55%, Garam-garam Mineral (Zat besi, fosfor, dan kalsium) sisanya.

Jenis - jenis kunyit yang ada di Indoensia adalah :
1. Kunyit putih
2. Kunyit merah
3. Kunyit hitam
4. Kunyit kuning

Dari sebuah penelitian medis menyebutkan bahwa negara yang menambahkan kunyit pada bumbu masakannya mempunyai resiko lebih kecil terkena kanker, termasuk kanker prostat. Lalu apa saja sih Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan dan Kecantikan ? Berikut ini beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan antara lain :

1. Kunyit mengandung antioksidan dan antiperadangan.
2. Kunyit dapat memperlambat penyebaran dan pertumbuhan tumor.
3. Kunyit dapat memperlancar sistem pencernaan.
4. Meringankan gejala rematik.
5. Membantu menyembuhkan luka.
6. Membantu menyembuhkan penyakit kulit seperti koreng dan gatal-gatal. 
7. Diabetes melitus, Tifus, Usus buntu, Disentri, Sakit keputihan; Haid tidak lancar, Perut mulas saat haid, Memperlancar ASI; Amandel, Berak lendir, Morbili, Cangkrang (Waterproken);

Selain itu, juga bermanfaat untuk kecantikan anda. Manfaat Kunyit Bagi Kecantikan antara lain :
  1. Dapat mencegah keputihan. 
  2. Memperlancar dan mengurangi rasa nyeri saat haid.
  3. Menghaluskan kulit

Untuk mendapatkan Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan, Anda bisa mengkonsumsinya dalam bentuk serbuk atau kapsul. Bisa juga dibuat minuman seperti jamu. Namun mengkonsumsi kunyit secara berlebihan ternyata dapat berdampak kurang baik pada hati. Jadi sebaiknya masih dalam batas wajar sesuai anjuran. Terlalu banyak mengkonsumsi kunyit juga tidak baik bagi ibu yang sedang hamil, karena dapat menyebabkan kelahiran prematur. Jadi sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan Anda sebelum mengkonsumsinya

Kunyit memang sangat bermanfaat ya...selain mudah didapatkan, kunyit juga harganya juga sangat terjangkau. Itulah Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan dan Kecantikan. Untuk semakin menjadikan tubuh anda bugar dan sehat, anda juga bisa melakukan Olahraga.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...