Minggu, 16 September 2012

Gejala Kekurangan Pupuk Tanaman Kelapa Sawit


Gejala Kekurangan Pupuk Tanaman Kelapa Sawit. Kali ini konsultasisawit akan menjabarkan gejala kekurangan unsur hara pada tanaman kelapa sawit. Akan di jelaskan gejala kekurangan unsur hara Nitrogen, kalium, magnesium, phosfat dan boron. Kelima unsur hara ini merupakan unsur hara yang paling di butuhkan oleh tanaman kelapa sawit. Jadi anda dapat mengetahui kebutuhan pupuk yang dibutuhkan oleh sawit anda dengan melihat gambar berikut ini.

Kekurangan unsur hara Nitrogen.
Nitrogen terdapat dalam pupuk urea atau Za, gejala kekurangan unsur hara bitrogen dapat di lihat pada daun muda dengan gejala daun yang pucat dan kalau siang hari seperti transparan.
Gambar sawit kekurangan unsur hara nitrogen

Kekurangan Unsur Hara Kalium
Kalium terdapat dalam pupuk MOP dan KCL. gejala kekurangan unsur hara kalium adalah daun tua yang kelihatan bintik - bintik merah seperti orang panuan dan kalau gejala sudah berat maka bercak tersebut akan membesar dan merata pada daun kelapa sawit.
gambar daun kelapa sawit kekurangan unsur hara kalium

Kekurangan Unsur hara Phosfat
Phosfat terdapat pada pupuk TSP dan RP. Gejala kekurangan usnur hara Phosfat pada tanaman kelapa sawit di tunjukkan dengan gejala batang yang meruncing dan pelepah yang berwarna kemerahan selain itu juga sering di tunjukkan dengan gulma di sekitar sawit memiliki daun berwarna ungu.
Gambar sawit kekurangan unsur hara Phosfat

Kekurangan Unsur Hara Magnesium
Magnesium terdapat pada pupuk Kieserite dan Dolomite, Gejala yang di timbukan kelapa sawit yang kekurangan unsur hara magnesium adalah daun yang menguning dan akhirnya gosong seperti terbakar mulai dari tepi anak daun.
Gambar daun sawit yang kekurangan unsur hara magnesium

Kekurangan Unsur Hara Boron
Boron terdapat dalam pupuk borate atau HGFB, Gejala sawit yang kekurangan unsur hara boron di tunjukkan melalui daun yang keriting dan kadang ujung anak daun melipat seperti mata pancing.
Gejala daun kelapa sawit yang kekurangan unsur hara boron

Demikian informasi tentang gejala kekurangan unsur hara atau defisiensi pupuk pada tanaman kelapa sawit. Silahkan bandingkan gambar di atas dengan kondisi kelapa sawit anda sehingga anda dapat menentukan pupuk yang si butuhkan oleh sawit anda.
Anda sedang membaca artikel berjudul Gejala Kekurangan Pupuk Tanaman Kelapa Sawit dengan url http://konsultasisawit.blogspot.com/2012/09/gejala-kekurangan-pupuk-tanaman-kelapa.html , Jika suka dengan artikel Gejala Kekurangan Pupuk Tanaman Kelapa Sawit dengan url http://konsultasisawit.blogspot.com/2012/09/gejala-kekurangan-pupuk-tanaman-kelapa.html silahkan di copy dan jangan lupa menuliskan sumbernya. Anda dapat berlangganan update dari blog ini dengan mengisi email di bawah ini

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Silahkan Follow Kami di twitter
Jika ingin melihat artikel lainnya anda dapat mengklik link populer dibawah ini atau sitemap diatas.Terima kasih atas kunjungan anda di http://konsultasisawit.blogspot.com

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...