Rabu, 12 September 2012

Cara Pembibitan Buah Naga (Dragon Fruit)


Cara Pembibitan Buah Naga (Dragon Fruit). Dalam artikel sebelumnya telah di posting tentang cara budidaya buah naga. Kali ini konsultasisawit akan memperjelas tentang tehnik pembibitan buah naga tersebut.  Jadi untuk mendapatkan keberhasilan dalam bertanam buah naga sebainya anda membaca terlebih dahulu artikel ini karena akan di jelaskan cara budidaya buah naga secara lengkap muali dari persiapan lahan, pembibitan, pemeliharaan hingga pasca panen. 

Pembibitan buah naga dapat dilakukan melalui 2 cara yaitu :
1. Biji
2. Stek

Pembibitan buah naga dari biji :
Pembibitan buah naga dengna menggunakan biji dilakukan dengan tahapan - tahapan berikut ini :
1. Siapkan buah naga yang sudah matang dan pastikan di ambil dari pokok yang berbuah lebat, sehat dan tahan terhadap penyakit.
2. Belah buah naga
3. Keruk dan ambil biji usahakan mengambil bagian tengahnya saja karena umumnya bagian ini lebih baik pertumbuhannya daripada bagian pangkal dan ujung buah
4. Saring dengan saringan yang halus sehingga daging buah dapat lepas dan yang tinggal hanya bijinya saja.
5. Siapkan media pengecambahan yang terbuat dari wadah yang di lapisi dengan tisue. media harus lembab tetapi tidak boleh terlalu basah.
6. Letakkan biji diatas media pegecambahan, biasanya biji sudah mulai menjadi kecambah setelah 3-4 hari setelah penyemaian.
7. Siapkan media pembibitan yang terbuat dari polibag kecil atau dapat juga menggunakan kemasana air minum mineral gelas. Isi dengan media kompos dan siram sebelum penanaman.
8. Masukkan kecambah ke media pembibitan dengan mengali lobang 2-3 cm kemudian masukkan kecambah dengan bagian akar dengan ciri berwarna putih pada bagian bawah.
9. Lakukan pemeliharaan dengan menjaga kelembaban media pembibitan. Tinggal menunggu 2-3 bulan maka bibit sudah siap untuk sipindahkan ke lapangan,

Pembibitan buah naga secara stek. 
1. Cari indukan sebagai sumber stek. Buah naga yang baik untuk induk adalah :
a. tanaman sehat
b. berbuah banyak
c. rasa buah enak
d. tahan hama dan penyakit
e. sudah berumur > 1 tahun
2. Potong batang tanaman induk dengan panjang 25 – 30 cm, usahakan agar bagian tersebut bukan diambil dari bagian tanaman muda karena beresiko busuk saat pembibitan.
3. Siapkan media pembibitan dalam polibag besar. Media tanam yang baik adalah kompos atau dapat juga berupa campuran tanah, pasir clan pupuk kandang  dengan perbandingan 1 : 1 : 1.
4. Masukkan stek kedalam media pembibitan dengan kedalaman tanaman 5-10 cm
5. Padatkan tanah di sekeliling media dan lakukan penyiraman
6. Setelah bibit berumur ? 3 bulan bibit siap dipindah/ditanam di lahan.

Demikian dulu informasi tentang cara pembibitan buah naga, semoga bermanfaat.
Anda sedang membaca artikel berjudul Cara Pembibitan Buah Naga (Dragon Fruit) dengan url http://konsultasisawit.blogspot.com/2012/09/cara-pembibitan-buah-naga-dragon-fruit.html , Jika suka dengan artikel Cara Pembibitan Buah Naga (Dragon Fruit) dengan url http://konsultasisawit.blogspot.com/2012/09/cara-pembibitan-buah-naga-dragon-fruit.html silahkan di copy dan jangan lupa menuliskan sumbernya. Anda dapat berlangganan update dari blog ini dengan mengisi email di bawah ini

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Silahkan Follow Kami di twitter
Jika ingin melihat artikel lainnya anda dapat mengklik link populer dibawah ini atau sitemap diatas.Terima kasih atas kunjungan anda di http://konsultasisawit.blogspot.com

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...