Jumat, 14 September 2012

Cara Sederhana Mengurangi Stress Di tempat Kerja


Cara Sederhana Mengurangi Stress Di tempat Kerja. Dalam bekerja stress pasti muncul apalagi kalau volume pekerjaan yang harus di selesaikan tinggi misalnya kika sedang mau tutup buku. Tetapi sebenarnya hal ini dapat di siasati sehingga stress saat bekerja tidak muncul dengan skala yang sangat tinggi. Penyebab stress di tempat kerja yang lain dapat juga karena telepon tidak berhenti berdering. Rekan kerja di seberang anda tidak berhenti bicara, dimarahi atasan, Ada banyak hal yang harus dilakukan, namun waktunya terbatas.

Stress ini harus di kontrol karena kalau tidak anda akan merasa jenih dan sangat bosan bekerja. 

Anda tidak dapat mengatur semua pekerjaan, namun ada beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesehatan Anda.

1. Selesaikan Tugas yang Paling Mudah
Jika Anda merasa seperti ditarik ke berbagai arah, mungkin memang itulah yang terjadi. Ketika Anda merasa sangat gelisah, fokuslah untuk menyelesaikan satu tugas yang paling mudah terlebih dahulu. Tutup semua browser, situs internet dan semua aplikasi kecuali yang memang Anda perlukan. 

Tutup email dan matikan nada dering telepon seluler. Berkonsentrasilah untuk menyelesaikan satu atau dua hal kemudian segarkan diri dan pulihkan energi Anda sambil membaca pesan yang mungkin terlewatkan.

2. Kerjakan Tugas Secara Rutin/Harian
Ketika bekerja pasti setiap pekerjaan jika dilakukan secara harian maka tidak akan menumpuk sehingga volume pekerjaan tersebut rasanya hanya sedikit jika dikerjakan setiap hari

3. Buat Hiburan
Seringkali saat bekerja kita lupa untuk beristirahat menenangkan pikiran atau menurunkan stress. Misalkan anda senang bermain game ringan tidak salah jika pada saat stress mulai memuncak coba istirahat sejenak dan bermain game atau kesenangan lainnya seperti membaca komik, cerita lucu, atau menonton video lucu ini akan membuat anda menjadi segar kembali.

4. Bersihkan tempat kerja 
Sulit untuk tidak merasa tertekan ketika meja Anda dipenuhi oleh berbagai kertas, berkas dan catatan-catatan bertumpuk serta yang sengaja ditempel untuk menarik perhatian Anda. Para ahli menyarankan untuk mengawali dan mengakhiri hari Anda dengan merapikan tempat kerja. Saya juga terkadang tidak melakukannya, namun saya mencoba untuk menjaga kebersihan.

4. Memelihara tanaman
Memelihara tanaman di kantor atau ruangan Anda dapat mengurangi stres, meningkatkan kesehatan Anda, dan bahkan menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Washington State University menemukan bahwa para partisipan di dalam sebuah laboratorium komputer kampus yang memiliki tanaman dapat bereaksi lebih cepat, sedikit stres dan lebih bisa fokus dibandingkan dengan rekan mereka yang berada di ruangan yang tidak terdapat tanaman.

5. Nikmati secangkir teh hijau atau Kopi
Teh hijau (minuman yang dikonsumsi paling banyak kedua di dunia setelah air) memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk mengurangi stres. Sebuah penelitian besar di Jepang yang menghubungkan teh hijau dengan berkurangnya tingkat stres dipublikasikan di “American Journal of Clinical Nutrition”. Teh hijau mengandung asam amino L-tanin, yang membuat tenang dan menjaga daya konsentrasi Anda. Teh hijau mengandung kafein yang cukup dan lebih ramah terhadap tubuh dibandingkan kopi.

6. Berlibur
Jangan hanya bekerja terus karena akan membuat anda menjadi sangat stress tetapi cobalah cuti atau menikmati hari libur secara maksimal misalnya pergi ke pantai, danau, sungai atau wisata lain sesuai selera dan lupakan semua pekerjaan sehingga pada saat masuk kerja sudah kembali fresh

7. Berolahraga
Tidak peduli seberapa padatnya jadwal Anda, sisihkan waktu untuk berolahraga. Olahraga yang baik dapat membantu menghilangkan stres, menjaga rutinitas dan berpikir secara jernih. Aktivitas fisik membantu tubuh Anda menghasilkan lebih banyak endorfin (sejenis hormon yang memberi rasa bahagia), untuk menjaga suasana hati Anda tetap baik bahkan ketika hari-hari terasa sulit. Presiden Obama bahkan rutin melakukan latihan kebugaran, mengandalkan olahraga untuk memperkuat hidupnya.

Demikian dulu informasi tentang tips cara sederhana  kurangi stress saat bekerja. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Anda sedang membaca artikel berjudul Cara Sederhana Mengurangi Stress Di tempat Kerja dengan url http://konsultasisawit.blogspot.com/2012/09/cara-sederhana-mengurangi-stress-di.html , Jika suka dengan artikel Cara Sederhana Mengurangi Stress Di tempat Kerja dengan url http://konsultasisawit.blogspot.com/2012/09/cara-sederhana-mengurangi-stress-di.html silahkan di copy dan jangan lupa menuliskan sumbernya. Anda dapat berlangganan update dari blog ini dengan mengisi email di bawah ini

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Silahkan Follow Kami di twitter
Jika ingin melihat artikel lainnya anda dapat mengklik link populer dibawah ini atau sitemap diatas.Terima kasih atas kunjungan anda di http://konsultasisawit.blogspot.com

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...