Friday, July 6, 2012

Koteka Heboh Di Jakarta


Koteka Hadir Hebohkan Jakarta Fair. Jakarta Fair 2012 semakin meriah karena merupakan pameran terbesar di asia tenggara. Selain ajang menjual aneka barang kebutuhan dengan harga promosi, juga menawarkan produk kerajinan dari usaha kecil menengah dan koperasi. dan kali ini yang membuat para ibu - iu heboh adalah adanya produk dari Papua yaitu Koteka.


Soal barang unik hasil kerajinan dari daerah di Indonesia, yang banyak mendapatkan perhatian adalah pakaian pria khas Propinsi Papua, yakni koteka. Benda yang berfungsi sebagai penutup alat vital kaum pria dalam budaya warga asli Papua ini dipajang di Hal-C Arena PRJ Kemayoran. Koteka tersebut oleh penjualnya dibandrol dengan harga Rp100 ribuan.

Anehnya, benda yang terbuat dari labu air itu ternyata juga diminati oleh kaum hawa. Ibu-ibu dan gadis-gadis yang melintas di depan stand itu banyak yang tertarik dengan koteka. Tidak sedikit dari mereka sengaja berfoto sambil memajang koteka, dan tak sedikit pula yang malah membelinya.

Koteka sendiri terbuat dari kulit labu air. Isi dan biji labu tua dikeluarkan dan kulitnya dijemur. Secara harfiah, kata koteka ini bermakna "pakaian", berasal dari bahasa salah satu suku di Paniai. Sebagian suku pegunungan Jayawijaya menyebutnya holim atau horim.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...