Sabtu, 28 Juli 2012

Download Kisi - Kisi UKG Kemdikbud 2012


Download Kisi - Kisi UKG Kemdikbud 2012. Dalam artikel ini akan di berikan beberapa contoh kisi kisi soal uji kompetensi guru (UKG) tahun 2012 untuk guru TK, SD, SMP, SMA atau pun SMK, yang semoga saja dapat menjadi tambahan bahan latihan dalam mengerjakan soal UKG 2012. Anda dapat mendownload kisi - kisi soal ukg di situs resminya yaitu http://ukg.kemdikbud.go.id. Contoh soal ukg 2012 beraneka macam bentuknya, seperti halnya soal pedagogik ukg untuk sd, atau pun latihan mengerjakan soal ukg pedagogik secara online.


Berikut ini adalah beberapa contoh kisi-kisi soal UKG 2012 yang dapat anda gunakan sebagai bahan latihan sebelum mengerjakan ujian tes yang sesungguhnya.
1. Komponen suatu karya tulis ilmiah bervariasi sesuai dengan jenis karya tulis ilmiah dan tujuan penulisannya, namun pada umumnya semua karya tulis ilmiah mempunayi komponen

a. daftar pustaka
b. abstrak
c. daftar tabel
d. lampiran

2. Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan pada, kecuali

a. fakta atau kenyataan
b. argumentasi
c. teori yang diakui kebenarannya
d. data empirik/hasil penelitian

3. Berikut ini adalah ciri-ciri suatu karya tulis ilmiah, kecuali

a. memaparkan bidang ilmu tertentu
b. merupakan deskripsi suatu kejadian
c. menggunakan gaya bahasa resmi
d. disajikan secara sistematis

4. Keobyektifan penulis karya tulis ilmiahdicerminkan dalam gaya bahasa yang bersifat

a. resmi
b. baku
c. impersonal
d. personal

5. Segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar siswa.
Soal: Pernyataan tersebut merupakan konsep media yang dinyatakan oleh:

A. Palmer, W
B. Gagne
C. Bright
D. AECT

6. Yang termasuk bahan pertimbangan dalam memilih media dalam pembelajaran diantaranya adalah :

A. harus membuat terlebih dulu
B. Kesesuaian dengan tujuan dan bahan
C. harganya mahal dan modern
D. Pengoperasiannya sulit.

7. Kelemahan tes tertulis bentuk uraian antara lain .....

a. peserta didik dapat mengekspresikan gagasan atau pendapatnya
b. dapat menilai berbagai jenis kompetensi
c. cakupan materi yang ditanyakan terbatas
d. peserta didik dituntut untuk mengemukakan pendapatnya dengan kata-katanya sendiri.

8. Manakah media yang paling baik untuk mengajar

A. VCD
B. Flip
C hart
D. OHT
E. LCD

9. Fungsi GBIPM (Garis Besar Isi Program Media) adalah

A. instrument perencanaan media dalam pembelajaran
B. Instrument Pengembangan Media dalam pembelajaran
C. Instrument Pemilihan Media dalam pembelajaran
D. Perencanaan Program Media dalam pembelajaran
(boleh pilih lebih dari satu jawaban)

10. Keberhasilan pembelajaran bergantung pada beberapa hal, kecuali ....

a. efektifitas penilaian kelas
b. cost benefit yang besar
c. perancangan penilaian secara sistemasis
d. perlakuan penilaian yang secara terus-menerus dan berkesinambungan.

11. Penilaian kelas yang baik akan memberikan informasi yang bermanfaat, kecuali

a. bagi orang tua, dapat meningkatkan gairah kerjanya agar dapat
membiayai sekolah anak-anaknya
b. bagi guru, dapat meningkatkan efektifitas mengajarnya
c. bagi peserta didik, akan meningkatkan kualitas kegiatan/hasil belajarnya
d. mampu memotivasi anak didik meningkatkan terus upaya belajarnya.

12. KTSP menuntut adanya perubahan dalam mengelola proses pembelajaran. Oleh karena itu guru harus (a). Inovatip dan Kreatip (b) Paradikma Teaching berubah menjadi learning (c). cara berpikir produktip menjadi reflektip dan (d ). Demonstrating the knowledge. Soal : dari pernyataan tersebut yang tidak sesuai adalah :

A. (a) dan (b)
B. (a) dan (d)
C. (d)
D. (c)

13. Menggunakan media dan menggunakan teknik presentasi merupakan salah satu cara mengelola pembelajaran akan :

(a) menarik perhatian siswa.
(b). Membosankan siswa
(c). Meningkatkan daya serap siswa
(d). Merepotkan dan membebani guru


Soal : Dari pernyataan tersebut yang benar adalah :
A. (a) dan (b)
B. (a) dan (c)
C. (b) dan (d)
D. (c)dan (d)

14. Tes ini dapat digunakan untuk menilai kemampuanberfikir tinggi !

a. tes sebab-akibat
b. tes benar – salah
c. tes menjodohkan
d. tes pilihan ganda.

15. Sumber belajar adalah segala macam sumber yang memungkinkan siswa belajar. Ada bermacam-macam sumber belajar yaitu yang benar terdiri dari :

A. pesan dan orang
B. Alat dan teknik
C. Lingkungan,
D. pesan dan bahan
(boleh pilih lebih dari satu jawaban).

Itulah contoh KISI-KISI SOAL UKG 2012 dari, semoga saja bermanfaat untuk anda.


Kisi-kisi soal UKG dapat digunakan untuk memprediksi soal ukg 2012 dari beberapa aspek antara lain:
Menguasasi teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran efektif
Mengenal karakteristik dan potensi peserta didik
Melaksanakan pembelajaran yang efektif
Menilai dan mengevaluasi pembelajaran
Merencanakan dan mengembangkan kurikulum
Contoh soal UKG SD, SMP, SMA lainnya atau kisi-kisi UKG terlengkap dan juga download gratis soal UKG 2012 barang kali dapat Anda cari melalui kolom pencarian di bawah ini.
Anda sedang membaca artikel berjudul Download Kisi - Kisi UKG Kemdikbud 2012 dengan url http://konsultasisawit.blogspot.com/2012/07/download-kisi-kisi-ukg-kemdikbud-2012.html , Jika suka dengan artikel Download Kisi - Kisi UKG Kemdikbud 2012 dengan url http://konsultasisawit.blogspot.com/2012/07/download-kisi-kisi-ukg-kemdikbud-2012.html silahkan di copy dan jangan lupa menuliskan sumbernya. Anda dapat berlangganan update dari blog ini dengan mengisi email di bawah ini

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Silahkan Follow Kami di twitter
Jika ingin melihat artikel lainnya anda dapat mengklik link populer dibawah ini atau sitemap diatas.Terima kasih atas kunjungan anda di http://konsultasisawit.blogspot.com

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...