Jumat, 30 November 2012

Lowongan Kerja Medan Desember 2012


Lowongan Kerja Medan Desember 2012. Untuk bulan desember 2012 di kota medan ada beberapa lowongan kerja dengan posisi menarik baik itu di bank, kantor, pabrik, kebun, perkebunan kelapa sawit, perusahaan, asuransi. Posisi yang tersedia juga sangat banyak mulai dari teknisi, karyawan, juru masak di hotel, asisten, manager kebun dan masih banyak yang lain. Berikut akan di sampaikan informasi lengkap tentang lowongan kerja medan sumatera utara 2012.

Lowongan Kerja Desember 2012 di kota medan :
1. Lowongan Kerja sebagai Psychological Assessor di Bank Danamon Indonesia, Tbk 
Penempatan : Jakarta Raya, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Sulawesi Utara, Sumatera Selatan, Sumatera Utara

Responsibilities:
Mengatur jadwal pelaksanaan asesmen untuk kebutuhan seleksi
Menjalankan asesmen hiring sesuai dengan kebutuhan yang ada di region
Memonitor ketersediaan bench strength, melakukan asesmen dalam rangka development karyawan
Penyusunan laporan asesmen
Mensupport pelaksanaan interview dalam proses hiring, terutama untuk remote area
Melakukan evaluasi secara berkala terhadap pelaksanaan interview yang dilakukan dalam proses hiring dan memberikan feedback
Melakukan konseling karyawan sesuai dengan kebutuhan kondisi di region
Requirements:

Harus background S2 Psikologi/Profesi
Memiliki pengalaman sbg assessor min 2 tahun
Memahami proses asesmen dalam rekrutmen maupun development
Menguasai metode dan alat asesmen
Menguasai konsep kompetensi
Menguasai Behavioral Event Interview
Memiliki kemampuan konseling yang baik
Memiliki kemampuan komunikasi dan presentasi yang baik
Mampu mengatur pekerjaan secara mandiri
Memiliki semangat yang tinggi
Memiliki kemampuan analisis yang baik
Bersedia melakukan perjalanan dinas keluar kota
Sanggup bekerja dengan target waktu

Kirimkan CV dan surat lamaran lengkap Anda ke alamat email : recruitment.dsp@danamon.co.id (Hanya lamaran yang memenuhi kualifikasi yang akan diproses)

2. Lowongan Kerja sebagai Teknisi di PT. STAR COSMOS 
Penempatan : Medan (Sumatera Utara)

Requirements:
Pria/Wanita
Usia min 20 – 23 tahun
Single
Pendidikan SMK
Pengalaman di bidang teknisi audio video dan electronic home appliance lebih diutamakan
Penempatan Di Medan

3. Lowongan kerja sebagai Manager Kebun di PT Anugerah Langkat Makmur
Penempatan : Sumatera Utara

Requirements:
Pria, usia min. D-III/S-1 Pertanian
Memiliki pengalaman diperkebunan kelapa sawit min. 5 tahun
Dapat membuat rencana kerja Mingguan, Bulanan, dan Tahunan serta dapat menganalisa dan mengevaluasi hasil produksi
Menguasai komputer Ms. Office
Bersedia ditempatkan diluar kota / lokasi kebun
Jujur, teliti, disiplin,bertanggung jawab, pekerja keras dan memiliki jiwa kepemimpinan

Kirimkan lamaran lengkap Anda disertai Foto berwarna uk 4x6 = 2 lembar, CV, copy KTP/SIM, copy Ijazah & Transkrip Nilai, dan Nomor telepon yang bisa dihubungi.
Cantumkan kode posisi yang dilamar di sudut kanan atas amplop lamaran, lamaran di kirim paling lambat 2 Minggu setelah iklan ini terbit ke: JL. Sei Deli No. 14 – 16 Medan

Demikian informasi tentang lowongan kerja medan sumatera utara bulan desember 2012, semoga bermanfaat.

Bupati Garut Aceng Cerai Fani Karena Tidak Perawan


Bupati Garut Nikah Siri Dengan Fani Selama 4 Hari. saat ini pernikahan siri Bupati Garut Aceng Fikri tengah menjadi berita yang hangat di berbagai media baik online maupun yang cetak. Bupati garut tersebut menikahi Fani Oktora yang masih berusia 18 tahun secara siri. Tapi, yang menghebohkan karena sikap Aceng yang menceraikan Fani, hanya 4 hari setelah dinikahi!

Foto pernikahan Aceng Dengan Fani

Awalnya Fani dikenalkan oleh seorang ustad di Garut kepada Aceng, perkenalan dengan Fani pada Juli 2012 lalu. Dia bermaksud menikah lagi karena rumah tangganya sedang dirundung masalah. Dia sudah pisah ranjang dengan istrinya hampir 2 tahun.

"Saya menikah di rumah pribadi, disaksikan orang tua dan keluarga Fani," cerita Aceng yang kini berusia 40-an ini.

Aceng hendak menikah lagi karena tidak ingin terjebak dalam perzinahan. Nikah siri diambil karena status pernikahan dengan istrinya masih menggantung. Atas saran seorang ustad dia pun menikahi Fani. Sang gadis asal Limbangan, Garut itu pun diambil. Oleh mak comblang, Fani disebut perawan.

"Tapi ternyata sudah tidak perawan," cerita Aceng.

Akhirnya dia memberi talak tiga kepada Fani yang artinya bercerai. Fani hanya dinikahi selama 4 hari dan digauli sebagai istri hanya satu kali. "Saya merasa dibohongi," jelasnya.

Selasa, 27 November 2012

Klasmen Sementara Piala AFF Suzuki Cup 2012

Klasmen Sementara Piala AFF Suzuki Cup 2012. Hingga hari ini Selasa 27 November 2012 Thailand masih memimpin di group A dengan 3 Poin kemudian Philipina juga dengan 3 poin, sedangkan di group B Singapura memimpin dengan 3 poin sedangkan Indonesia berada pada posisi kedua dengan 1 point.

Berikut adalah klasmen sementara piala AFF Suzuki Cup 2012.
Group A
TeamMP W D LGFGAPts
Thailand1100213
Philippines2101223
Myanmar1010111
Vietnam2011121
Group B
TeamMP W D LGFGAPts
Singapore1100303
Indonesia1010221
Laos1010221
Malaysia1001030















Demikian informasi tentang klasmen sementara AFF Suzuki Cup 2012

Daftar Virus Android Dan Cara Mengatasinya


Daftar Virus Android Dan Cara Mengatasinya. Perangkat Android yang anda miliki apakah itu handphone, smart phone atau tablet bila sering digunakan untuk browsing, mendownload dan menerima file dari perangkat lain sangat rentan terkena virus (malware).  Apalagi jika anda mengunduh atau mendownload aplikasi androit atau informasi di toko virtual yang bukan resmi dari android market.

Daftar Virus ataul malware yang umum menyerang perangkat android adalah sebagai berikut :

1. Andr/PJApps-C.
Virus ini termasik kedalam tipe Trojan. Ketika antivirus Sophos mendeteksi sebuah aplikasi terkena malware ini, berarti aplikasi tersebut telah di-crack menggunakan tool cracker yang tersedia secara umum. Malware jenis ini tidak terlalu berbahaya. 

2. Andr/BBridge-A.
Virus ini termasuk kedalam kelompok Trojan. Juga dikenal sebagai BaseBridge. Virus ini menggunakan previlege escalation untuk menyusup kedalam sistem dan kemudian meng-install aplikasi berbahaya kedalam perangkat Android. Malware ini mengunakan protokol HTTP untuk berhubungan dengan pusat server dan kemudian mengirimkan informasi berharga yang terdapat pada perangkat Android yang diserangnya. Bahayanya lagi malware ini bisa mengirim dan membaca SMS. Malware ini akan men-scan SMS yang masuk dan menghilangkan peringatan bahwa kita telah dikenakan biaya pengunaan SMS premium.


3. Andr/BatteryD-A.
Malware ini juga termasuk Trojan memiliki nama lain Trojan.AndroidOS.FakeDoc.b. Malware ini kan membuat aplikasi "Battery Doctor" yang memberitahukan bahwa aplikasi ini akan menghemat penggunaan baterai pada perangkat Android yang diserangnya. Akan tetapi sebenarnya aplikasi ini akan mengirimkan informasi mengenai perangkat Android yang diserangnya dan mengirimnya ke server pusat mengunakan HTTP. Malware ini juga menyebabkan munculnya banyak iklan saat membuka aplikasi.

4. Andr/Generic-S.
Malware ini termasuk dalam kategori Malicious behavior. Malware ini juga memiliki kemampuan untuk mengirimkan SMS premium tanpa sepengetahuan pemilik perangkat Android yang diserangnnya. 

5. Andr/DrSheep-A.
Malware ini termasuk dalam kategori Trojan. Malware ini memiliki kemampuan untuk mengbajak (hack) akun Twitter, Facebook, dan LinkedIn yang aktif pada perangkta Android yang diserangnya. Malware ini memiliki nama lain HackTool.AndroidOS.DroidSheep.a

Berikut tips-tips agar perangkat Android kesayangan Anda aman dari serangan virus atau malware jahat:

1. Manfaatkan standar fitur keamanan di perangkat Android
Masuklah ke menu > Setting, lalu Pilih > Location & Security > dan masukkan data seperti no PIN dan Password untuk mengunci ponsel. Hal ini bermanfaat untuk mengamankan data-data pribadi saat ponsel hilang secara fisik.

2. Jangan pilih setting Auto Connect untuk Wi-Fi
Masuklah ke dalam menu > Wireless & Network, lalu pilih > WiFi Setting, nonaktifkan fungsi Auto Connect untuk Wi-Fi. Apalagi jika Anda memakai Internet banking.
Biasanya perangkat Android yang sering dikoneksikan dengan wifi (terutama di luar negeri) justru lebih rawan disusupi peretas (hacker). Lemahnya keamanan seperti ini dialami oleh aplikasi yang menggunakan authentication protocol bernama ClientLogin yang berjalan pada OS Android versi 2.3 ke bawah.

Dengan ClientLogin, pengguna hanya perlu memasukkan username dan password yang diminta. Selanjutnya proses autentifikasi aplikasi akan mengambil dari data yang tersimpan pada ClientLogin. Data autentifikasi tersimpan pada ClientLogin inilah yang memiliki sistem keamanan rentan. Hacker bisa mengakses data autentifikasi yang tersimpan pada ClientLogin tersebut apabila pengguna terhubung pada jaringan Wifi Unencrypted.

Solusinya, hindari penggunaan jaringan wifi unencrypted (jaringan wifi yang open). Namun bila pilihan jaringan hanya wifi open, lebih baik menggunakan aplikasi tambahan untuk keamanan koneksi wifi seperti SSH Tunnel. Aplikasi ini bisa menciptakan koneksi yang aman antara perangkat handset Android Anda dengan server jatingan wifi unencrypted.

3. Hindari instal aplikasi selain dari Android Market
Agar terhindar dari Trojan Android, instal hanya aplikasi yang ada di Android Market. Baru-baru ditemukan Trojan Android dari sebuah penyedia layanan aplikasi pihak ketiga di Cina.

4. Hati-hati saat sebuah aplikasi meminta ijin untuk membuka akses data pribadi
Jika aplikasi yang diinstal meminta ijin untuk membuka beberapa data, pastikan Anda tidak memberikan ijin akses untuk masuk ke data pribadi, seperti list kontak telepon.

5. Gunakan aplikasi keamanan khusus perangkat Android Anda
Selain waspada saat menginstal dan membuka link tertentu, Anda disarankan untuk juga menginstal aplikasi keamanan untuk ponsel. Trend Micro Mobile Security for Android misalnya, bukan saja mengamankan password yang kita miliki, tapi juga semua data transaksi mobile banking kita.
Dan terakhir, rasanya tips-tips di atas seakan ada yang kurang jika mobile device atau tablet yang dimiliki kurang menunjang dari sisi teknologinya.

Demikian informasi tentang aplikasi virus android dan cara untuk mengatasinya.

Aplikasi Virus Di Android Meningkat


Aplikasi Jahat Atau Virus Di Android Meningkat. Android merupakan salahs atu sistem operasi yang saat ini banyak di gunakan di berbagai hand phone, smart phone dan tablet. Seiring dengan kepopuleran tersebut terjadi juga peningkatan aplikasi jahat yang menggangu kenyamanan pemakai aplikasi android tersebut.

Seperti dilaporkan anti virus Tren Micro pada bulan September 2012, jumlah aplikasi Android yang terinfeksi sudah mencapai 175 ribu. Ini jauh melebihi prediksi kami," kata Aulia Hariadi, Business Development Manager Trend Micro Indonesia di Jakarta, Selasa (27/11/2012). Karena Trend Micro memprediksi total aplikasi jahat Android akan mencapai kisaran 45 ribu di bulan September. Namun kenyataannya, lonjakan jumlahnya cukup jauh.

Kejahatan ini meningkat karena saat ini pengguna dari sistem operasi juga banyak, untuk itu bagi para pengguna sistem operasi android sebaiknya melengkapi perangkat yang dimiliki dengan anti virus yang kompatibel dengan sistem operasi android.

Vendor anti virus seperti Trend Micro pun mulai serius menggarap solusi keamanan untuk perangkat mobile. Mereka yakin makin banyak pengguna yang menyadari pentingnya aplikasi sekuriti di smartphone atau tabletnya, misalnya untuk melindungi data.

Berikut adalah virus yang banyak menyerang android
1. Andr/PJApps-C.
Virus ini termasik kedalam tipe Trojan. Ketika antivirus Sophos mendeteksi sebuah aplikasi terkena malware ini, berarti aplikasi tersebut telah di-crack menggunakan tool cracker yang tersedia secara umum. Malware jenis ini tidak terlalu berbahaya.

2. Andr/BBridge-A.
Virus ini termasuk kedalam kelompok Trojan. Juga dikenal sebagai BaseBridge. Virus ini menggunakan previlege escalation untuk menyusup kedalam sistem dan kemudian meng-install aplikasi berbahaya kedalam perangkat Android. Malware ini mengunakan protokol HTTP untuk berhubungan dengan pusat server dan kemudian mengirimkan informasi berharga yang terdapat pada perangkat Android yang diserangnya. Bahayanya lagi malware ini bisa mengirim dan membaca SMS. Malware ini akan men-scan SMS yang masuk dan menghilangkan peringatan bahwa kita telah dikenakan biaya pengunaan SMS premium.


3. Andr/BatteryD-A.
Malware ini juga termasuk Trojan memiliki nama lain Trojan.AndroidOS.FakeDoc.b. Malware ini kan membuat aplikasi "Battery Doctor" yang memberitahukan bahwa aplikasi ini akan menghemat penggunaan baterai pada perangkat Android yang diserangnya. Akan tetapi sebenarnya aplikasi ini akan mengirimkan informasi mengenai perangkat Android yang diserangnya dan mengirimnya ke server pusat mengunakan HTTP. Malware ini juga menyebabkan munculnya banyak iklan saat membuka aplikasi.

4. Andr/Generic-S.
Malware ini termasuk dalam kategori Malicious behavior. Malware ini juga memiliki kemampuan untuk mengirimkan SMS premium tanpa sepengetahuan pemilik perangkat Android yang diserangnnya.

5. Andr/DrSheep-A.
Malware ini termasuk dalam kategori Trojan. Malware ini memiliki kemampuan untuk mengbajak (hack) akun Twitter, Facebook, dan LinkedIn yang aktif pada perangkta Android yang diserangnya. Malware ini memiliki nama lain HackTool.AndroidOS.DroidSheep.a


Demikian informasi tentang aplikasi jahat di android, semoga bermanfaat.

Senin, 26 November 2012

Cara Budidaya Ikan Mas Terbaik

Ebook Cara Budidaya Ikan Mas Terlengkap. Ikan mas merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang pangsa pasarnya sangat menjanjikan di Indonesia, Hal ini terbukti dari setiap pasar pasti ada penjual ikan mas tersebut dan biasanya banyak di minati pembeli. cara budidaya ikan mas ternyata sangat mudah untuk di lakukan karena ikan ini sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan air kolam baik itu kolam tanah, beton dan terpal.

Klasifikasi ikan mas adalah sebagai berikut :
Kelas : Osteichthyes
Anak kelas : Actinopterygii
Bangsa : Cypriniformes
Suku : Cyprinidae
Marga : Cyprinus
Jenis : Cyprinus carpio L.

Adapun ciri-ciri dari beberapa strain ikan mas adalah sebagai berikut:
1) Ikan mas punten: sisik berwarna hijau gelap; potongan badan paling pendek;bagian punggung tinggi melebar; mata agak menonjol; gerakannya gesit;perbandingan antara panjang badan dan tinggi badan antara 2,3:1.
2) Ikan mas majalaya: sisik berwarna hijau keabu-abuan dengan tepi sisik lebih gelap; punggung tinggi; badannya relatif pendek; gerakannya lamban, bila diberi makanan suka berenang di permukaan air; perbandingan panjang badan dengan tinggi badan antara 3,2:1.
3) Ikan mas si nyonya: sisik berwarna kuning muda; badan relatif panjang; mata pada ikan muda tidak menonjol, sedangkan ikan dewasa bermata sipit; gerakannya lamban, lebih suka berada di permukaan air; perbandingan panjang badan dengan tinggi badan antara 3,6:1.
4) Ikan mas taiwan: sisik berwarna hijau kekuning-kuningan; badan relatif
panjang; penampang punggung membulat; mata agak menonjol; gerakan lebih gesit dan aktif; perbandingan panjang badan dengan tinggi badan antara 3,5:1.
5) Ikan mas koi: bentuk badan bulat panjang dan bersisisk penuh; warna sisik bermacam-macam seperti putih, kuning, merah menyala, atau kombinasi dari warna-warna tersebut. Beberapa ras koi adalah long tail Indonesian carp,long tail platinm nishikigoi, platinum nishikigoi, long tail shusui nishikigoi,shusi nishikigoi, kohaku hishikigoi, lonh tail hishikigoi, taishusanshoku nshikigoi dan long tail taishusanshoku nishikigoi.

Syarat hidup Ikan mas adalah sebagai berikut :
1. Kolam memiliki tanah liat/lempung tidak berpasir.
2. Kemiringan kolam 3-5%
3. Ketinggian lokasi 150-1000 m dpl
4. Air dalam kondisi bersih
5. Debet air kolam tenang 8 - 15 l/detik/ha
6. Keasaman air (pH) 7-8
7. Suhu air 20-25 C

Cara Budidaya Ikan Mas :

1) Kolam
Lokasi kolam dicari yang dekat dengan sumber air dan bebas banjir. Kolam dibangun di lahan yang landai dengan kemiringan 2–5% sehingga memudahkan pengairan kolam secara gravitasi.
a. Kolam pemeliharaan induk
Luas kolam tergantung jumlah induk dan intensitas pengelolaannya. Sebagai contoh untuk 100 kg induk memerlukan kolam seluas 500 meter persegi bila hanya mengandalkan pakan alami dan dedak. Sedangkan bila diberi pakan pelet, maka untuk 100 kg induk memerlukan luas 150-200 meter persegi saja. Bentuk kolam sebaiknya persegi panjang dengan dinding bisa ditembok atau kolam tanah dengan dilapisi anyaman bambu bagian dalamnya. Pintu pemasukan air bisa dengan paralon dan dipasang sarinya, sedangkan untuk pengeluaran air sebaiknya berbentuk monik.
b. Kolam pemijahan
Tempat pemijahan dapat berupa kolam tanah atau bak tembok. Ukuran/luas kolam pemijahan tergantung jumlah induk yang dipijahkan dengan bentuk kolam empat persegi panjang. Sebagai patokan bahwa untuk 1 ekor induk dengan berat 3 kg memerlukan luas kolam sekitar 18 m2 dengan 18 buah ijuk/kakaban. Dasar kolam dibuat miring kearah
pembuangan, untuk menjamin agar dasar kolam dapat dikeringkan. Pintu pemasukan bisa dengan pralon dan pengeluarannya bisa juga memakai paralon (kalau ukuran kolam kecil) atau pintu monik. Bentuk kolam penetasan pada dasarnya sama dengan kolam pemijahan dan seringkali juga untuk penetasan menggunakan kolam pemijahan. Pada kolam
penetasan diusahakan agar air yang masuk dapat menyebar ke daerah yang ada telurnya.
c. Kolam pendederan
Bentuk kolam pendederan yang baik adalah segi empat. Untuk kegiatan pendederan ini biasanya ada beberapa kolam yaitu pendederan pertama dengan luas 25-500 m2 dan pendederan lanjutan 500-1000 m2 per petak.Pemasukan air bisa dengan pralon dan pengeluaran/ pembuangan dengan pintu berbentuk monik. Dasar kolam dibuatkan kemalir (saluran dasar) dan di dekat pintu pengeluaran dibuat kubangan. Fungsi kemalir adalah tempat berkumpulnya benih saat panen dan kubangan untuk memudahkan penangkapan benih. dasar kolam dibuat miring ke arah pembuangan. Petak tambahan air yang mempunyai kekeruhan tinggi (air sungai) maka perlu dibuat bak pengendapan dan bak penyaringan.

2) Peralatan
Alat-alat yang biasa digunakan dalam usaha pembenihan ikan mas diantaranya adalah: jala, waring (anco), hapa (kotak dari jaring/kelambu untuk menampung sementara induk maupun benih), seser, ember-ember, baskom berbagai ukuran, timbangan skala kecil (gram) dan besar (kg), cangkul, arit, pisau serta piring secchi (secchi disc) untuk mengukur kadar kekeruhan. Sedangkan peralatan lain yang digunakan untuk memanen/menangkap ikan mas antara lain adalah warring/scoopnet yang halus, ayakan
panglembangan diameter 100 cm, ayakan penandean diameter 5 cm, tempat menyimpan ikan, keramba kemplung, keramba kupyak, fish bus (untuk mengangkut ikan jarak dekat), kekaban (untuk tempat penempelan telur yang bersifat melekat), hapa dari kain tricote (untuk penetasan telur secara terkontrol) atau kadang-kadang untuk penangkapan benih, ayakan penyabetan dari alumunium/bambu, oblok/delok (untuk pengangkut benih),sirib (untuk menangkap benih ukuran 10 cm keatas), anco/hanco (untuk menangkap ikan), lambit dari jaring nilon (untuk menangkap ikan konsumsi), scoopnet (untuk menangkap benih ikan yang berumur satu minggu keatas), seser (gunanya= scoopnet, tetapi ukurannya lebih besar), jaring berbentuk segiempat (untuk menangkap induk ikan atau ikan konsumsi).

3) Persiapan Media
Yang dimaksud dengan persiapan adalah melakukan penyiapan media untuk pemeliharaan ikan, terutama mengenai pengeringan, pemupukan dlsb.Dalam menyiapkan media pemeliharaan ini, yang perlu dilakukan adalah pengeringan kolam selama beberapa hari, lalu dilakukan pengapuran untuk memberantas hama dan ikan-ikan liar sebanyak 25-200 gram/meter persegi, diberi pemupukan berupa pupuk buatan, yaitu urea dan TSP masing-masing dengan dosis 50-700 gram/meter persegi, bisa juga ditambahkan pupuk
buatan yang berupa urea dan TSP masing-masing dengan dosis 15 gram dan 10 gram/meter persegi.

Pembibitan
1) Pemilihan Bibit dan Induk
Usaha pembenihan ikan mas dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu secara tradisional, semi intensif dan secara intensif. Dengan semakin meningkatnya teknologi budidaya ikan, khususnya teknologi pembenihan maka telah dilaksanakan penggunaan induk-induk yang berkualitas baik.Keberhasilan usaha pembenihan tidak lagi banyak bergantung pada kondisi alam namun manusia telah banyak menemukan kemajuan diantaranya pemijahan dengan hipofisisasi, peningkatan derajat pembuahan telur dengan
teknik pembunuhan buatan, penetasan telur secara terkontrol, pengendalian kuantitas dan kualitas air, teknik kultur makanan alami dan pemurnian kualitas induk ikan. Untuk peningkatan produksi benih perlu dilakukan penyeleksian terhadap induk ikan mas.
Adapun ciri-ciri induk jantan dan induk betina unggul yang sudah matang
untuk dipijah adalah sebagai berikut:
a. Betina: umur antara 1,5-2 tahun dengan berat berkisar 2 kg/ekor; Jantan: umur minimum 8 bulan dengan berat berkisar 0,5 kg/ekor.
b. Bentuk tubuh secar akeseluruhan mulai dari mulut sampai ujung sirip ekor mulus, sehat, sirip tidak cacat.
c. Tutup insan normal tidak tebal dan bila dibuka tidak terdapat bercak putih; panjang kepala minimal 1/3 dari panjang badan; lensa mata tampak jernih.
d. Sisik tersusun rapih, cerah tidak kusam.
e. Pangkal ekor kuat dan normal dengan panjang panmgkal ekor harus lebih panjang dibandingkan lebar/tebal ekor.
Sedangkan ciri-ciri untuk membedakan induk jantan dan induk betina adalah sebagai berikut:
a) Betina
- Badan bagian perut besar, buncit dan lembek.
- Gerakan lambat, pada malam hari biasanya loncat-loncat.
- Jika perut distriping mengeluarkan cairan berwarna kuning.
b) Jantan
- Badan tampak langsing.
- Gerakan lincah dan gesit.
- Jika perut distriping mengeluarkan cairan sperma berwarna putih.
2) Sistim Pembenihan/Pemijahan
Saat ini dikenal dua macam sistim pemijahan pada budidaya ikan mas, yaitu:
a. Sistim pemijahan tradisional
Dikenal beberapa cara melakukan pemijahan secara tradisional, yaitu:
- Cara sunda:
(1) luas kolam pemijahan 25-30 meter persegi, dasar kolam sedikit berlumpur, kolam dikeringkan lalu diisi air pada pagi hari,
induk dimasukan pada sore hari; (2) disediakan injuk untuk menepelkan telur;
(3) setelah proses pemijahan selesai, ijuk dipindah ke kolam penetasan.
- Cara cimindi :
(1) luas kolam pemijahan 25-30 meter persegi, dasar kolam sedikit berlumpur, kolam dikeringkan lalu diisi air pada pagi hari, induk dimasukan pada sore hari; kolam pemijahan merupakan kolam penetasan;
(2) disediakan injuk untuk menepelkan telur, ijuk dijepit bambu dan diletakkan dipojok kolam dan dibatasi pematang antara dari tanah;
(3) setelah proses pemijahan selesai induk dipindahkan ke kolam lain;
(4) tujuh hari setelah pemijahan ijuk ini dibuka kemudian sekitar 2-3 minggu setelah itu dapat dipanen benih-benih ikan.
- Cara rancapaku:
(1) luas kolam pemijahan 25-30 meter persegi, dasar kolam sedikit berlumpur, kolam dikeringkan lalu diisi air pada pagi hari, induk dimasukan pada sore hari; kolam pemijahan merupakan kolam penetasan, batas pematang antara terbuat dari batu;
(2) disediakan rumput kering untuk menepelkan telur, rumput disebar merata di seluruh permukaan air kolam dan dibatasi pematang antara dari tanah;
(3) setelah proses pemijahan selesai induk tetap di kolam pemijahan.;
(4) setelah benih ikan kuat maka akan berpindah tempat melalui sela bebatuan, setelah 3 minggu maka benih dapat dipanen.
- Cara sumatera:
(1) luas kolam pemijahan 5 meter persegi, dasar kolam sedikit berlumpur, kolam dikeringkan lalu diisi air pada pagi hari, induk dimasukan pada sore hari; kolam pemijahan merupakan kolam penetasan;
(2) disediakan injuk untuk menepelkan telur, ijuk ditebar di permukaan air;
(3) setelah proses pemijahan selesai induk dipindahkan ke kolam lain;
(4) setelah benih berumur 5 hari lalu pindahkan ke kolam pendederan.
- Cara dubish:
(1) luas kolam pemijahan 25-50 meter persegi, dibuat parit keliling dengan lebar 60 cm dalam 35 cm, kolam dikeringkan lalu diisi air pada pagi hari, induk dimasukan pada sore hari; kolam pemijahan merupakan kolam penetasan;
(2) sebagai media penempel telur digunakan tanaman hidup seperti Cynodon dactylon setinggi 40 cm;
(3) setelah proses pemijahan selesai induk dipindahkan ke kolam lain;
(4) setelah benih berumur 5 hari lalu pindahkan ke kolam pendederan.
- Cara hofer:
(1) sama seperti cara dubish hanya tidak ada parit dan tanaman Cynodon dactylon dipasang di depan pintu pemasukan air.
b. Sistim kawin suntik
Pada sistim ini induk baik jantan maupun betina yang matang bertelur dirangsang untuk memijah setelah penyuntikan ekstrak kelenjar hyphofise ke dalam tubuh ikan. Kelenjar hyphofise diperoleh dari kepala ikan donor (berada dilekukan tulang tengkorak di bawah otak besar). Setelah suntikan dilakukan dua kali, dalam tempo 6 jam induk akan terangsang

melakukan pemijahan. Sistim ini memerlukan biaya yang tinggi, sarana yang lengkap dan perawatan yang intensif.
3) Pembenihan/Pemijahan
Hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan pemijahan ikan mas:
a. Dasar kolam tidak berlumpur, tidak bercadas.
b. Air tidak terlalu keruh; kadar oksigen dalam air cukup; debit air cukup; dan
suhu berkisar 25 derajat C.
c. Diperlukan bahan penempel telur seperti ijuk atau tanaman air.
d. Jumlah induk yang disebar tergantung dari luas kolam, sebagai patokan seekor induk berat 1 kg memerlukan kolam seluas 5 meter persegi.
e. Pemberian makanan dengan kandungan protein 25%. Untuk pellet diberikan secara teratur 2 kali sehari (pagi dan sore hari) dengan takaran 2-4% dari jumlah berat induk ikan.
4) Pemeliharaan Bibit/Pendederan Pendederan atau pemeliharaan anak ikan mas dilakukan setelah telur-telur hasil pemijahan menetas. Kegiatan ini dilakukan pada kolam pendederan (luas 200-500 meter persegi) yang sudah siap menerima anak ikan dimana kolam tersebut dikeringkan terlebih dahulu serta dibersihkan dari ikan-ikan liar. Kolam diberi kapur dan dipupuk sesuai ketentuan. Begitu pula dengan pemberian pakan untuk bibit diseuaikan dengan ketentuan.
Pendederan ikan mas dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu:
a. Tahap I: umur benih yang disebar sekitar 5-7 hari(ukuran1-1,5 cm); jumlah benih yang disebar=100-200 ekor/meter persegi; lama pemeliharaan 1 bulan; ukuran benih menjadi 2-3 cm.
b. Tahap II: umur benih setelah tahap I selesai; jumlah benih yang disebar=50-75 ekor/meter persegi; lama pemeliharaan 1 bulan; ukuran benih menjadi 3-5 cm.
c. Tahap III: umur benih setelah tahap II selesai; jumlah benih yang disebar=25-50 ekor/meter persegi; lama pemeliharaan 1 bulan; ukuran benih menjadi 5-8 cm; perlu penambahan makanan berupa dedak halus 3-5% dari jumlah bobot benih.
d. Tahap IV: umur benih setelah tahap III selesai; jumlah benih yang disebar=3-5 ekor/meter persegi; lama pemeliharaan 1 bulan; ukuran benih menjadi 8-12 cm; perlu penambahan makanan berupa dedak halus 3-5% dari jumlah bobot benih.
5) Perlakuan dan Perawatan Bibit
Apabila benih belum mencapai ukuran 100 gram, maka benih diberi pakan pelet 2 mm sebanyak 3 kali bobot total benih yang diberikan 4 kali sehari
selama 3 minggu.

Pemeliharaan Pembesaran
Pemeliharaan pembesaran dapat dilakukan secara polikultur maupun monokultur.
a) Polikultur
1. ikan mas 50%, ikan tawes 20%, dan mujair 30%, atau
2. ikan mas 50%, ikan gurame 20% dan ikan mujair 30%.
b) Monokultur
Pemeliharaan sistem ini merupakan pemeliharaan terbaik dibandingkan dengan polikultur dan pada sistem ini dilakukan pemisahan antara induk jantan dan betina.
1) Pemupukan
Pemupukan dengan kotoran kandang (ayam) sebanyak 250-500 gram/m2, TSP 10 gram/m2, Urea 10 gram/m2, kapur 25-100 gram/m2. Setelah itu kolam diisi air 39-40 cm. Biarkan 5-7 hari. Dua hari setelah pengisian air, kolam disemprot dengan insektisida organophosphat seperti Sumithion 60 EC, Basudin 60 EC dengan dosis 2-4 ppm. Tujuannya untuk memberantas serangga dan udang-udangan yang memangsa rotifera. Setelah 7 hari kemudian, air ditinggikan sekitar 60 cm. Padat penebaran ikan tergantung
pemeliharaannya. Jika hanya mengandalkan pakan alami dan dedak, maka padat penebaran adalah 100-200 ekor/m2, sedangkan bila diberi pakan
pellet, maka penebaran adalah 300-400 ekor/m2 (benih lepas hapa). Penebaran dilakukan pada pagi/sore hari saat suhu rendah.
2) Pemberian Pakan
Dalam pembenihan secara intensif biasanya diutamakan pemberian pakan buatan. Pakan yang berkualitas baik mengandung zat-zat makanan yang cukup, yaitu protein yang mengandung asam amino esensial, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Perawatan larva dalam hapa sekitar 4-5 hari. Setelah larva tidak menempel pada kakaban (3-4 hari kemudian) kakaban diangkat dan dibersihkan. Pemberian pakan untuk larva, 1 butir kuning telur rebus untuk 100.000 ekor/hari. Caranya kuning telur dibuat suspensi (1/4 liter air untuk 1 butir), kuning telur diremas dalam kain kemudian diberikan pada benih, perawatan 5-7 hari.
3) Pemeliharaan Kolam/Tambak
Dalam hal pemeliharaan ikan mas yang tidak boleh terabaikan adalah menjaga kondisi perairan agar kualitas air cukup stabil dan bersih serta tidak tercemari/teracuni oleh zat beracun.

Hama dan Penyakit Ikan Mas
Hama
1) Bebeasan (Notonecta)
Berbahaya bagi benih karena sengatannya. Pengendalian: menuangkan minyak tanah ke permukaan air 500 cc/100 meter persegi.
2) Ucrit (Larva cybister)
Menjepit badan ikan dengan taringnya hingga robek. Pengendalian: sulit diberantas; hindari bahan organik menumpuk di sekitar kolam.
3) Kodok
Makan telur telur ikan. Pengendalian: sering membuang telur yang mengapung; menagkap dan membuang hidup-hidup.
4) Ular
Menyerang benih dan ikan kecil. Pengendalian: lakukan penangkapan;
pemagaran kolam.
5) Lingsang
Memakan ikan pada malam hari. Pengendalian:pasang jebakan berumpun.
6) Burung
Memakan benih yang berwarna menyala seperti merah, kuning.
Pengendalian: diberi penghalang bambu agar supaya sulit menerkam; diberi rumbai-rumbai atau tali penghalang.
7) Ikan gabus
Memangsa ikan kecil. Pengendalian:pintu masukan air diberi saringan atau dibuat bak filter.
8) Belut dan kepiting Pengendalian: lakukan penangkapan.

 PANEN
8.1. Pemanenan Benih
Sebelum dilakukan pemanenan benih ikan, terlebih dahulu dipersiapkan alat alat tangkap dan sarana perlengkapannya. Beberapa alat tangkap dan sarana yang disiapkan diantaranya keramba, ember biasa, ember lebar, seser halus sebagai alat tangkap benih, jaring atau hapa sebagai penyimpanan benih sementara, saringan yang digunakan untuk mengeluarkan air dari kolam agar benih ikan tidak terbawa arus, dan bak-bak penampungan yang berisi air bersih untuk penyimpanan benih hasil panen.
Panen benih ikan dimulai pagi-pagi, yaitu antara jam 04.00–05.00 pagi dan sebaiknya berakhir tidak lebih dari jam 09.00 pagi. Hal ini dimaksudkan untuk
menghindari terik matahari yang dapat mengganggu benih ikan kesehatan tersebut. Pemanenan dilakukan mula-mula dengan menyurutkan air kolam pendederan sekitar pkul 04.00 atau 05.00 pagi secara perlahan-lahan agar ikan tidak stres akibat tekanan air yang berubah secara mendadak. Setelah air surut benih mulai ditangkap dengan seser halus atau jaring dan ditampung dalam ember atau keramba. Benih dapat dipanen setelah dipelihara selama 21 hari. Panenan yang dapat
diperoleh dapat mencapai 70-80% dengan ukuran benih antara 8-12 cm.
8.2. Cara Perhitungan Benih
Untuk mengetahui benih ikan hasil panenan yang disimpan dalam bak penyimpanan maka sebelum dijual, terlebih dahulu dihitung jumlahnya. Cara menghitung benih umumnya dengan memakai takaran, yaitu dengan menggunakan sendok untuk larva dan kebul, cawan untuk menghitung putihan, dan dihitung per ekor untuk benih ukuran glondongan.
Penghitungan benih biasanya dengan cara:
a) Penghitungan dengan sendok.
b) Penghitungan dengan mangkok.
8.3. Pembersihan
Pada umumnya, dasar kolam pendederan sudah dirancang miring dan ada saluran di tengah kolam, selain itu pada dasar kolam tersebut ada bagian yang lebih dalam dengan ukuran 1-2 meter persegi sehingga ketika air menyurut, maka benih ikan akan mengumpul di bagian kolam yang dalam tersebut. Benih ikan lalu ditangkap sampai habis dan tidak ada yang ketinggalan dalam kolam. Benih ikan tersebut semuanya disimpan dalam bak-bak penampungan yang telah disiapkan.
8.4. Pemanenan Hasil Pembesaran
Untuk menangkap/memanen ikan hasil pembesaran umumnya dilakukan panen total. Umur ikan mas yang dipanen berkisar antara 3-4 bulan dengan berat
berkisar antara 400-600 gram/ekor. Panen total dilakukan dengan cara mengeringkan kolam, hingga ketinggian air tinggal 10-20 cm. Petak pemanenan/petak penangkapan dibuat seluas 2 meter persegi di depan pintu pengeluaran (monnik), sehingga memudahkan dalam penangkapan ikan. Pemanenan dilakukan pagi hari saat keadaan tidak panas dengan menggunakan waring atau scoopnet yang halus. Lakukan pemanenan secepatnya dan hati-hati untuk menghindari lukanya ikan.

9. PASCAPANEN
Penanganan pascapanen ikan mas dapat dilakukan dengan cara penanganan ikan hidup maupun ikan segar.

Kata Kunci : budidaya ikan mas di kolam, cara ternak ikan mas, cara budidaya ikan nila, cara budidaya ikan mas koki, cara budidaya ikan mas di kolam terpal, cara budidaya ikan lele, cara budidaya ikan gurame, jenis ikan mas

Cara Budidaya Ikan Patin Terlengkap


Cara Budidaya Ikan Patin Di Kolam dan Sungai. Ikan patin memiliki nama latin Pangasius pangasius. Ikan ini merupakan jenis ikan air tawar dengan bentuk  adan panjang dan berwarna putih perak dan punggung kebiru-biruan. Budidaya ikan patin meliputi beberapa kegiatan, secara garis besar dibagi menjadi 2 kegiatan yaitu pembenihan dan pembesaran. Pada usaha budidaya yang semakin berkembang, tempat pembenihan dan pembesaran sering kali dipisahkan dengan jarak yang agak jauh. Keberhasilan transportasi benih ikan biasanya sangat erat kaitannya dengan kondisi fisik maupun kimia air, terutama menyangkut oksigen terlarut, NH3, CO2 , pH, dan suhu air.

Klasifikasi Ikan Patin :
Ordo : Ostarioplaysi
Sub Ordo : Silurodea
Famili : Pangasidae
Genus : Pangasius
spesies : Pangasius pangasius Ham. Buch.

Syarat hidup ikan patin :
1. Tanah yang baik adalah liat/lempung dan tidak berporos (pasir)
2. Kemiringan dasar kolam 3-5%
3. Arus air sungai lambat jika ingin budidaya di sungai
4. Suhu 26-28 C
5. pH air 6,5-7.

Cara Budidaya Ikan Patin :

A. PEMBIBITAN IKAN PATIN
Pembibitan Ikan Patin merupakan upaya untuk mendapatkan bibit dengan kualitas yang baik dan jumlah yang mencukupi permintaan. Cara Tradisional bibit ikan Patin diperoleh dengan menangkap dari habitat aslinya yaitu sungai, rawa, danau dan tempat-tempat lain. Untuk tujuan komersial bibit harus diupayakan semaksimal mungkin dengan pembibitan di kolam. Persiapan dan langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Memilih calon induk siap pijah.
Induk patin yang hendak dipijahkan sebaiknya dipelihara dulu secara khusus terlebih dahulu dengan pemeliharaan yang intensif. Selama pemeliharaan, induk ikan diberi makanan khusus yang mengandung protein tinggi. Selain itu, diberikan juga rucah dua kali seminggu sebanyak 10% bobot ikan induk. Langkah ini dilakukan untuk mempercepat kematangan gonad.
Ciri-ciri induk patin yang sudah matang gonad dan siap dipijahkan adalah sebagai berikut :
a. Induk betina
  • Umur tiga tahun.
  • Ukuran 1,5–2 kg.
  • Perut membesar ke arah anus.
  • Perut terasa empuk dan halus bila di raba.
  • Kloaka membengkak dan berwarna merah tua.
  • Kulit pada bagian perut lembek dan tipis.
  • kalau di sekitar kloaka ditekan akan keluar beberapa butir telur yang bentuknya bundar dan besarnya seragam.

b. Induk jantan
  • Umur dua tahun.
  • Ukuran 1,5–2 kg.
  • Kulit perut lembek dan tipis.
  • Bila diurut akankeluar cairan sperma berwarna putih.
  • Kelamin membengkak dan berwarna merah tua.

2. Persiapan hormon perangsang/kelenjar hipofise dari ikan donor,Biasanya ikan mas.
Hormon perangsang dibuat dengan menggunakan kelenjar hipofise ikan mas, kelenjar hipofise dapat ditemukan pada bagian otak ikan mas, berwarna putih dan cukup kecil. Ambil dengan hati-hati dengan pinset. Setelah diambil dimasukkan ke dalam tabung kecil dan ditumbuk sampai benar-benar halus dan lebut, selanjutnya dicampur dengan air murni (aquades) yang dapat dibeli di apotik.

3. Kawin suntik (induce breeding).
Setelah kelenjar hipofise dicampur dengan air murni sudah siap, ambil dengan jarum suntik dan disuntikkan pada punggung Ikan patin. Ikan patin siap dipijahkan. Metode kawin suntik diterapkan untuk merangsang induk patin betina mengeluarkan telur untuk selanjutnya dibuahi oleh Patin Jantan.

4. Penetasan telur.
Telur yang sudah dibuahi akan menetas dalam waktu sekitar 4 hari, selama menunggu telur menetas perlu dipantau kondisi air. Ganti air sebagian dengan air bersih dari sumur.

5. Perawatan larva.
Benih ikan patin yang berumur 1 hari dipindahkan ke dalam akuarium atau bak berukuran 80 cm x 45 cm x 45 cm, bisa dalam ukuran yang lain. Setiap akuarium atau bak diisi dengan air sumur bor yang telah diaerasi. Kepadatan penebaran ikan adalah 500 ekor per akuarium. Aerator ditempatkan pada setiap akuarium agar keperluan oksigen untuk benih dapat tercukupi. Untuk menjaga kestabilan suhu ruangan dan suhu air digunakan heater atau dapat menggunakan kompor untuk menghemat dana. Benih umur sehari belum perlu diberi makan tambahan dari luar karena masih mempunyai cadangan makanan berupa yolk sac atau kuning telur. Pada hari ketiga, benih ikan diberi makanan tambahan berupa emulsi kuning telur ayam yang direbus. Selanjutnya berangsur-angsur diganti dengan makanan hidup berupa Moina cyprinacea atau yang biasa dikenal dengan kutu air dan jentik nyamuk.

6. Pendederan.
Benih Ikan patin dibesarkan pada kolam tebar atau bak dari semen, lebih bagus pada kolam lumpur karena mengandung banyak plankton dan fitoplankton sebagai pakan alami.

7. Pemanenan.
Benih ikan patin bisa dipanen sesuai dengan ukuran yang dikehendaki.

B. PEMELIHARAAN PEMBESARAN
Pemeliharaan Pembesaran ditujukan untuk pemenuhan Ikan Patin konsumsi. Ikan Patin dikonsumsi dalam berbagai ukuran, antara lain 200 gram sampai 1 kg. Masa panen menyesuaikan dengan permintaan pasar. Ada sebagian yang lebih senang ukuran kecil sekitar 200 gram ada yang lebih dari itu. Pada Usia 6 bulan ikan patin sudah mencapai bobot 600-700 gram.
Ikan Patin akan tumbuh lebih baik di kolam lumpur dengan aliran air yang mengalir cukup baik, meski demikian bisa juga dipeihara pada kolam semen yang tidak mengalir, tetapi perlu diperhatikan kualitas air agar tetap dalam konsisi yang baik. Langkah-langkah pemeliharaan Ikan Patin Sebagai Berikut:
1. Pemupukan
Pada kolam lumpur idealnya perlu dilakukan pemupukan sebelum ikan patin ditebarkan. Pemupukan kolam bertujuan untuk meningkatkan makanan alami dan produktivitas kolam, yaitu dengan cara merangsang pertumbuhan makanan alami sebanyak-banyaknya.Pupuk yang biasa digunakan adalah pupuk kandang atau pupuk hijau dengan dosis 50–700 gram/m 2.

2. Pemberian Pakan
Faktor yang cukup menentukan dalam budi daya ikan patin adalah faktor pemberia makanan. Faktor makanan yang berpengaruh terhadap keberhasilan budi daya ikan patin adalah dari aspek  kandungan gizinya, jumlah dan frekuensi pemberin makanan. Pemberian makan dilakukan 2 kali sehari (pagi dan sore). Jumlah makanan yang diberikan per hari sebanyak 3-5% dari jumlah berat badan ikan peliharaan. Jumlah makanan selalu berubah setiap bulan, sesuai dengan kenaikan berat badan ikan. Hal ini dapat diketahui dengan cara menimbangnya 5-10 ekor ikan contoh yang diambil dari ikan yang dipelihara (sampel). Pakan yang diberikan adalah Pelet dan bisa ditambahkan makanan alami lainnya seperti kerang, keong emas,bekicot, ikan sisa, sisa dapur dan lain-lain. Makanan alami yang diperoleh dari lingkungan selain mengandung protein tinggi juga menghemat biaya pemeliharaan.

3. Penanganan Hama Dan Penyakit
Salah satu kendala dan masalah Budi daya ikan patin adalah hama dan penyakit.  Pada pembesaran ikan patin di jaring terapung dan kolam hama yang mungkin menyerang antara lain lingsang, kura-kura, biawak, ular air, dan burung. Cegah akses masuk hama tersebut ke kolam atau dengan memasang lampu penerangan si sekitar kolam. Hama tersebut biasanya enggan masuk jika ada sinar lampu. Penyakit ikan patin ada yang disebabkan infeksi dan non-infeksi. Penyakit non-infeksi adalah penyakit yang timbul akibatadanya gangguan faktor yang bukan patogen. Penyakit non-infeksi ini tidak menular. Sedangkan penyakit akibat infeksi biasanya timbul karena gangguan organisme patogen.

4. Pemanenan Ikan Patin
Pemanenan adalah saat yang ditunggu pada budi daya ikan patin. Meski terlihat sederhana pemanenan juga perlu memperhatikan beberapa aspek agar ikan tidak mengalami kerusakan,kematian, cacat saat dipanen. Sayang jika budi daya ikan patin sudah berhasil dengan baik, harus gagal hanya karena cara panen yang salah. Penangkapan ikan dengan menggunakan jala apung akan mengakibatkan ikan mengalami luka-luka. Sebaiknya penangkapan ikan dimulai dibagian hilir kemudian bergerak kebagian hulu. Jadi bila ikan didorong dengan kere maka ikan patin akan terpojok pada bagian hulu. Pemanenan seperti ini menguntungkan karena ikan tetap mendapatkan air yang segar sehingga kematian ikan dapat dihindari. Pemasaran Ikan Patin dalam bentuk segar dan hidup lebih diminati oleh konsumen, karena itu diusahakann menjual dalam bentuk ini. Harga Ikan Patin Per kilogram kurang lebih Rp 15.000.

Kata kunci : cara budidaya ikan patin di kolam terpal, pertumbuhan ikan patin, kolam ikan patin, cara budidaya ikan lele, cara budidaya belut, usaha ikan patin, artikel budidaya ikan patin, cara pembuatan

Minggu, 25 November 2012

Hasil Pertandingan Indonesia VS Laos Seri 2:2


Hasil Pertandingan Indonesia VS Laos 2:2. Pertandingan antara Timnas Indonesia Vs Laos yang dilaksanakan pada tanggal 25 November dalam laga piala AFF sudah selesai dengan hasil imbang 2 : 2. Pertandingan Indonesia vs Laos di stadion Bukit Jalil, Indonesia menurunkan duet Bambang Pamungkas dan Irfan Bachdim dilini depan.

Lini tengah diisi duet Taufiq dan Tonnie Cussel. Sementara sisi sayap dipercayakan kepada Andik Vermansyah dan Okto Maniani.

Empat pemain di lini belakang bercokol Novan Setya, Wahyu Wijiastanto, Handi Ramdhan dan pemain yang paspornya baru turun Rapahel Maitimo.

Di awal babak pertama, kedua tim langsung bermain terbuka. Baik Indonesia dan Laos sama-sama tampil jual beli serangan.

Peluang emas bagi Indonesia datang dimenit ke 10 melalui kaki Irfan Bachdim. Memanfaatkan umpan silang Andik, Irfan berhasil menyambar dengan kaki kirinya, sayang bola mampu diblok penjaga gawang.

Bola pun akhirnya melambung di atas mistar, setelah Irfan berusaha memanfaatkan kembali bola liar untuk kedua kalinya.

Empat menit kemudian, Bambang Pamungkas berhasil mengancam lini pertahanan Laos setelah memanfaatkan umpan silang Andik. Sayang tendangan Bambang Pamungkas behasil di blok pemain belakang Laos.

Indonesia harus menerima pil pahit dimenit ke 23, setelah kiper Endra Prasetya harus diusir wasit karena melakukan pelanggaran keras kepada pemain Laos. Dengan pelanggaran itu, wasitpun memberikan hadiah pinalti untuk Laos.

Laos berhasil memanfaatkan hadiah pinalti itu, setelah kiper Wahyu Tri yang menggantikan Endra gagal membendung bola yang ditempatkan di sudut atas gawang.

Indonesiapun harus main dengan 10 orang, setelah Okto ditarik keluar lapangan. Beruntung di menit 33, Laos juga harus bermain dengan 10 orang setelah pemainnya diusir wasit akibat mengganjal keras Andik Vermansyah.

Di menit 42, Indonesia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah Rapahel Maitimo berhasil merobek jala Laos dengan sundulannya. Skor 1-1 menutup laga diparuh pertama.

Di babak kedua, baik Indonesia maupun Laos sama-sama tidak merubah permainan. Serangan Indonesia dari sisi sayap, dibalas Laos melalui serangan balik.

Menit ke 63 Laos mendapat peluang emas melalui tendangan bebas. Beruntung kiper Wahyu Tri berhasil menepis bola keras tersebut.

Laos berhasil mencetak gol dimenit ke 68, beruntung wasit menganulir gol tersebut karena sudah berbau off side.

Menit ke 76 Laos berhasil unggul 2-1 setelah pemain belakang Indonesia terlambat melakukan bloking.

Dan Indonesia bisa kembali menyamakan kedudukan melalui Vendy Mofu, setelah memanfaatkan umpan Andik Vermansyah di menit ke 90.

Dengan hasil ini, Indonesia dan Laos sama-sama berbagi poin 1. Pada pertandingan selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Singapura pada 28 November 2012.

Live Skor AFF Suzuki Cup 2012


Skor Hasil Pertandingan Piala AFF 2012. Hingga saat ini minggu (25 November 2012) negara Thailand masih menjadi pemimpin skor di group A dengan 3 poin, lemudian Myanmar dan Vietnam. Sedangkan di group B. Masih belum ada hasil pertandingan karena pertandingan  baru akan di mulai hari ini.

Berikut adalah skor sementara piala AFF 2012.
 Group A
TeamMP W D LGFGAPts
Thailand1100213
Myanmar1010111
Vietnam1010111
Philippines1001120


Group B
TeamMP W D LGFGAPts
Malaysia
Indonesia
Singapore
Laos


Demikian informasinya semoga bermanfaat.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...