Jumat, 23 November 2012

Cara Menghitung Estimasi Produksi Kelapa Sawit


Cara Menghitung Estimasi Produksi Kelapa Sawit. Anda memiliki kebun kelapa sawit tetapi hanya memiliki sedikit waktu untuk memantaunya karena memiliki perkejaan yang lain atau mungkin kelapa sawit tersebut di serahkan kepada saudara untuk di urus dan anda merasa kuarang puas dengan laporan produksinya padahal perawatan sudah dilakukan dengan maksimal. Maka dalam artikel kali ini anda akan menemukan cara untuk mengestimasi atau meramal produksi kelapa sawit 6  bulan kedepan.

Cara untuk megestimasi produksi kelapa sawit ini sangat mudah di lakukan dan tingkat akuransinya sangat tinggi bila di lakukan dengan benar.

Seperti di jelaskan pada artikel sebelumnya bahwa buah kelapa sawit memiliki umur 6 bulan mulai dari bunga hingga panen. Nah hal inilah yang di gunakan sebagai dasar estimasi produksi kelapa sawit 6 bulan ke depan.

Cara untuk melakukan estimasi produksi kelapa sawit 6 bulan ke depan adalah sebagai berikut :
1. Hitung semua bungga betina hingga buah yang sudah matang pada setiap batang dengan cara memasang galah pada salah satu buah kemudian menghitung bunga dan buah dengan berputar mengikuti arah jarum jam sampai pada galah tadi. Tujuan memasang galah agar tidak ada buah atau bunga yang terhitung dua kali. kemudian catat di kertas.
    Gambar kertas sensus produksi kelapa sawit :

2. Pindah ke batang berikutnya dan lakukan seperti poin satu. 
3. Hitung berat janjang rata - rata
    Dilakukan dengan cara menimbang buah sawit kemudian mencatat jumlah janjang yang di timbang. 
    BJR = total berat janjang (Kg)/ total jumlah janjang
4. Data BJR kemudian di catat pada kertas.
5. Setelah data di dapat maka langkah selanjutnya adalah menghitung estimasi produksi 6 bulan kedepan dengna cara :

Estimasi produksi (Kg) = Total jumlah janjang x BJR 

Dengan rumus di atas anda sudah dapat menentukan berapa potensi produksi kelapa sawit anda selama 6 bulan ke depan, Jika estimasi tersebut tidak tercapai maka anda mengalami kehilangan produksi akibat di tipu oleh pengelola kebun sawit anda atau ada kasus pencurian buah kelapa sawit anda tersebut.

Demikian informasi tentang cara menghitung produksi kelapa sawit 6 bulan ke depan, semoga membantu anda untuk memastikan kejujuran pengelola kebun anda.
Anda sedang membaca artikel berjudul Cara Menghitung Estimasi Produksi Kelapa Sawit dengan url http://konsultasisawit.blogspot.com/2012/11/cara-menghitung-estimasi-produksi.html , Jika suka dengan artikel Cara Menghitung Estimasi Produksi Kelapa Sawit dengan url http://konsultasisawit.blogspot.com/2012/11/cara-menghitung-estimasi-produksi.html silahkan di copy dan jangan lupa menuliskan sumbernya. Anda dapat berlangganan update dari blog ini dengan mengisi email di bawah ini

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Silahkan Follow Kami di twitter
Jika ingin melihat artikel lainnya anda dapat mengklik link populer dibawah ini atau sitemap diatas.Terima kasih atas kunjungan anda di http://konsultasisawit.blogspot.com

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...