Saturday, January 28, 2012

Jenis Kelapa Sawit Unggul


Jenis - Jenis Kelapa Sawit. Bagi anda yang ingin menanam kelapa sawit sebaiknya anda mengenal dulu jenis - jenis kelapa sawit, Dalam artikel ini akan dibahas mengenai hal tersebut secara sederhana sehingga mudah untuk dipahami.

Jenis Kelapa Sawit

Guna menjamin keberhasilan pengembangan kelapa sawit diperlukan penyediaan bahan tanaman yang baik dan bermutu dalam jumlah yang memadai. Ada 3 (tiga) jenis kelapa sawit yang dibudidayakan yaitu Pisifera, Dura dan Tenera. Jenis yang terakhir ini banyak diusahakan oleh perusahaan maupun petani.

Adapun "jenis kelapa sawit" berdasarkan ketebalan daging buahnya adalah :

1. Dura
Dura merupakan sawit yang buahnya memiliki cangkang tebal sehingga dianggap memperpendek umur mesin pengolah namun biasanya tandan buahnya besar-besar dan kandungan minyak per tandannya berkisar 18%.

2. Psifera
Pisifera buahnya tidak memiliki cangkang namun bunga betinanya steril sehingga sangat jarang menghasilkan buah.

3. Tenera
Tenera adalah persilangan antara induk Dura dan jantan Pisifera. Jenis ini dianggap bibit unggul sebab melengkapi kekurangan masing-masing induk dengan sifat cangkang buah tipis namun bunga betinanya tetap fertil. Beberapa tenera unggul memiliki persentase daging per buahnya mencapai 90% dan kandungan minyak per tandannya dapat mencapai 28%. Dan jenis inilah yang dijual sebagai bibit unggul jadi sebaiknya anda memperhatikan gambar di bawah ini untuk membedakan jenis kelapa sawit tersebut.

Gambar Jenis Kelapa sawit Berdasarkan daging buah

Untuk mendapatkan benih kelapa sawit yang direkomendasikan oleh Direktorat Jenederal Perkebunan penangkar bibit di Kabupaten Sambas harus memesan benih/kecambah kelapa sawit dengan salah satu lembaga yang ditunjuk seperti : Pusat Penelitian Kelapa Sawit (Medan), Balai Penelitian Kelapa Sawit Marihat (Pematang Siantar), PT.Socfindo (Medan) dan PT.PP London Sumatera (Medan) atau Sub Station Pusat Penelitian Marihat Parindu (Sanggau).

Sedangkan berdasarkan warna kulit buah maka kelapa sawit di bedakan atas :

1. Nigresens
Nigresesens memiliki ciri buah dengan warna kulit hitam saat muda dan berwarna merah saat tua
Gambar sawit nigresens
2. Verescens 
Verescens adalah jenis kelapa sawit dengan warna kulit buah  hijau saat muda dan berwarna kuning kemerahan saat tua.
gambar sawit verescens
3. Albesens
Albesens sesuai dengan namanya adalah kelapa sawit dengan buah yang kulitnya berwarna putih saat muda dan berwarna kuning pucat saat tua. Kalau jenis yang ini konsultasisawit juga belum pernah menemukan walaupun sudah lama melanglang buana di perkebunan kelapa sawit.

Demikian dulu info mengenai jenis - jenis kelapa sawit buat anda semoga membantu untuk melakukan identifikasi kelapa sawit anda.

3 comments:

  1. tlong dong info seputar jenis jenis bibit unggul medan

    ReplyDelete
  2. dimana kami cari bibit yang unggul tersebut pak.....

    ReplyDelete
  3. Terimakasih artikalnya. Cukup membantu

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...