Saturday, August 6, 2011

Konsep Pemupukan Kelapa Sawit Terbaik

Konsep Pemupukan Kelapa Sawit Terbaik - Pemupukan adalah salah satu kegiatan yang sangat penting dalam memelihara tanaman termasuk tanaman kelapa sawit. seperti kita ketahui bahwa untuk tumbuh dan menghasilkan produksi maka akan di butuhkan unsur hara akibatnya unsur hara yang ada di dalam tanah akan habis sehingga kita akan membutuhkan pergantiannya di dalam tanah agar produksi tandan buah segar kita dapat tetap stabil dan meningkat.

Apakah itu pupuk?

Pupuk adalah suatu bahan yang berisi dari satu atau beberapa unsur hara yang akan dibutuhkan oleh tanaman karena ketersediaannya di dalam tanah telah berkurang atau habis.

Latar Belakang pemupukan kelapa sawit adalah :

a. Untuk mengganti ketersediaan unsur hara yang hilang akibat pertumbuhan tanaman
b. Untuk mengganti ketersediaan unsur hara yang hilang melalui hasil panen dalam hal ini adalah tandan buah segar
c. Untuk mengganti ketersediaan unsur hara yang hilang akibat erosi
d. Untuk mengganti ketersediaan unsur hara yang hilang karena proses kimia lainnya

Nah setelah kita mengetahui kenapa kita harus melakukan pemupukan kelapa sawit maka selanjutnya kita akan membahas konsep dalam pemupukan kelapa sawit yang terbaik. Adapun konsep pemupukan kelapa sawit terbaik adalah 4 T alias empat T yaitu :

a. Tepat Tempat
Yaitu pupuk harus ditaburkan dipirngan dengan jarak minimal 50 cm dari pangkal batang
b. Tepat Dosis
Dosis yang digunakan harus sesuai dengan kebutuhan tanaman kelapa sawit
c. Tepat Cara
Penaburan pupuk harus dilakukan dengan cara menabur secara merata di piringan bukan melingkar berbentuk cincin
d. Tepat waktu
Waktu penaburan pupuk harus sesuai dengan karakter pupuk yang ditaburkan

Konsep pemupukan kelapa sawit terbaik haruslah mengikuti aturan main dari 4 T tersebut diatas sehingga produksi tanaman kelapa sawit yang di usahai akan meningkat dan tandan buah segar yang dihasilkan akan lebih besar.

Jika ada pembaca ingin bertanya mengenai cara untuk melakukan konsep diatas atau berdiskusi masalah sawit silahkan menulis dibagian komentar dan dengan senang hati penulis akan membantu.

11 comments:

  1. berapa takaran pupuk NPK pada tanaman kelapa sawit yang sudah menghasilkan?

    ReplyDelete
  2. sebenarnya tergantung umur tanaman tersebut, secara umum adalah 1 kg/btng dengan penaburan 3 bulan sekali

    ReplyDelete
  3. udah tau kalo cuma itu................

    ReplyDelete
  4. Kalo menurut pengalaman Saya mas, tehnik pemupukan yg tepat untuk jaraknya adalah sekitar 80cm- 1 m dari pokokan kelapa sawit Mengingat akar kelapa sawit bisa mencapai 50m dari pokokan, jika kita memupuk dengan jarak 50 cm, itu terlalu dekat apalagi bila memakai Urea. Hal ini berpengaruh terhadap matinya akar baru. cara penaburannyapun tidak boleh mengumpul jadi harus diratakan. Dosisnya adalah seukuran piring plastik di isi agak munjung per pokok.

    ReplyDelete
  5. bagaimana pemupukan sawit yang dulu kurang perawatan agar normal (umur 4 tahun dan tumbuh tidak normal)

    ReplyDelete
  6. adakah zpt untuk meningkatkan pertumbuhan kelapa sawit yang tidak normal pertumbuhannya?

    ReplyDelete
  7. Ass..pak saya rencana bulan ini akan transaksi pembelian kebun sawit plasma PT.lonsum dengan masa tanam 1999.sejak tahun 2014 sampai bulan ini kebun 10 ha nya hasilnya hy 10 ton/bulanya dikarenakan sejak tahun 2014-2015 kebun sawit tidak pernah dipupuk lg sdh byk tanaman liar yg tumbuh dan jg sering cuaca panas jarang hujan..tp menurut hasil penjualan sejak 2011-2013 rata2 40-50 ton hasil kebun 10 ha menurut cerita dr pemilik..saya mhn petunjuk dan saran apakah mungkn hasilnya seperti itu dan jg apabila kebun itu saya beli dan saya cobakan dengan pupuk magnesium kieserite aceh kebun sawit tersebut masih ada tidak harapan utk selanjutnyo..mhn petunjuk yg sebaiknya

    ReplyDelete
  8. Sy juga punya maslah dlm perawatan kebun sawit. Umur sawit sy sdh mencapai 5 tahun. Sy tanam diahan gambut, hasilnya paling banyak 7 ton per 10 ha. Dlm sekali panen pada rentang waktu sebulan. Mphn petunjuk bpk/ibu yg paham dgn baik cara perawatan sawit agar bisa berbuah dg baik.

    ReplyDelete
  9. Assalamualaikum
    Sy andi tinggal di palangkaraya, sehari hari nya sy mengajar di PT neg di palangkaraya, sy mencoba menanam sawit tp di lahan gambut. Umurnya sdh mencapai 5 thn tanam, namun hasilnya belum maksimal sebagaimana hasil yg sering dibincangkan orang bahwa bisa mencapai 2 ton/ha. Di kebun sawit sy habya bisa mencapai 0'7 ton/ha. Mohn petunjuk apa yg salah dalam perawatan sawit ini ? Apa ada diantara bpk/ibu yg bisa membagi pengalaman nya. Makasih banyak sebelumnya.
    Wassalam...

    ReplyDelete
  10. as. pak saya mau mntak saran nii...
    saya bru nanam tpi bibitnya uda gede tu,, akarnya uda pda kluar dri polibek, gmna cra pemupukannya suapaya tnaman itu bsa cpt kmbali segar lgi,,atau spya tdk stres...

    ReplyDelete
  11. as. pak saya mau mntak saran nii...
    saya bru nanam tpi bibitnya uda gede tu,, akarnya uda pda kluar dri polibek, gmna cra pemupukannya suapaya tnaman itu bsa cpt kmbali segar lgi,,atau spya tdk stres...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...