Tuesday, December 4, 2012

Siswa SMK Berhasil Buat Becak Listrik Cakra Hybrid


Becak Listrik Cakra Hybrid Buatan SMK. Kalau kemarin siswa SMK bisa membuat mobil kali ini Siswa SMK di Ponorogo, Jawa Timur berhasil merakit sebuah becak listrik bertenaga surya. Becak tenaga listrik buatan SMK ini diberi nama Cakra Hybrid. Kedapan di harapkan alat transportasi ini akan menjadi terobosan besar bagi warga setempat.

Ada perbedaan becak Cakra Hybrid berbeda dengan becak-becak lainnya dimana pengendaranya tak perlu mengayuh becak karena sudah memiliki motor.

Cara kerja becak listrik SMK :
Siswa SMK PGRI 2 Ponorogo menambahkan motor memanfaatkan tenaga listrik dari panel surya pada atap becak. Panel itu mengubah panas matahari menjadi listrik. Kemudian, listrik ditampung dalam aki yang menggerakkan dinamo. Sehingga, roda becak pun dapat bergerak.

Sumber listrik Cakra Hybrid pun diambil dari listrik konvensional milik PT PLN. Bila baterai penuh, becak dapat melaju hingga kecepatan lebih 100 Km per jam.

Siswa dan guru pendamping merancang seluruh konsep, konstruksi, hingga pengerjaannya. Setelah menggodok konsep selama tujuh bulan, mereka berulang kali mencoba mengoperasikan becak tersebut.

Temuan anak-anak SMK itu mendapat sambutan positif dari Gubernur Jawa Timur Soekaro. Ia mengatakan Cakra Hybrid bisa diproduksi massal untuk membantu perekonomian masyarakat. Sehingga bisa memperoleh mata pencaharian tanpa harus pegal mengayuh becak.

Demikian informasi tentang becak listrik Cakra Hibrid SMK, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...