Senin, 18 Juni 2012

Tor Tor dan Godang Sembilan Diklaim Malaysia


Video Tarian Tor Tor Batak dan Gondang Sembilan Yang Diklaim Malaysia . Kali ini negara tetangga Malaysia membuat sensasi baru dengan mengklaim tarian tor - tor dan alat musik gondang sembilan sebagai warisan budaya negara Jiran tersebut. Padahal sudah sangat jelas kalau tarian tor - tor dan gondang sembilan adalah budaya Indonesia yang berasal dari daerah Sumatera Utara dan dimiliki oleh suku Batak Toba.
Screen Shot Gambar Artikel Tor - Tor di Google meningkat

Rencana pendaftaran dua kesenian asli Sumatera Utara sebagai warisan budaya Malaysia menguak langsung dari Menteri Penerangan Komunikasi dan Kebudayaan Datuk Seri Dr Rais Yatim.

"Tetapi (pengiktirafan ini) dengan syarat, pertunjukan berkala mesti ditunjukkan, bermakna tarian mestilah ditunjukkan, paluan gendang dipelbagaikan dalam pertunjukan di khalayak ramai," kata Rais seperti dikutip Bernama, 14 Juni 2012.

Karena mendengar rencana negeri Jiran itu pun, seperti biasanya sejumlah kalangan di tanah air kebakaran jenggot. Kedua kesenian asal Batak, Sumatera Utara itu akan dimasukkan Malaysia sebagai warisan budaya mereka. 

Di daerah Toba tari Tor-tor ini biasa ditampilkan dengan gerakan berulang-ulang. Tarian ini biasa dibawakan saat acara adat, seperti acara perkawinan. Biasanya ditarikan oleh hadirin termasuk pengantin dan juga para muda-mudi. Tarian ini juga dimaksudkan untuk membangkitkan roh atau jiwa yang tersembunyi dalam diri manusia. 

Berikut adalah video gerakan tarian Tor-tor asal Batak, Sumatera Utara


Kita harus menantang klaim Malaysia ini agar tidak mencaplok budaya kita.

Meskipun sudah sering kali kita menghadapi klaim budaya oleh negara Jiran tersebut tetapi hingga saat ini pemerintah Masih lambat dalam mendaftarkan semua budaya Indonesia, sehingga kedepan tidak akan ada lagi klaim dari negara lain.
Anda sedang membaca artikel berjudul Tor Tor dan Godang Sembilan Diklaim Malaysia dengan url http://konsultasisawit.blogspot.com/2012/06/tor-tor-dan-godang-sembilan-diklaim.html , Jika suka dengan artikel Tor Tor dan Godang Sembilan Diklaim Malaysia dengan url http://konsultasisawit.blogspot.com/2012/06/tor-tor-dan-godang-sembilan-diklaim.html silahkan di copy dan jangan lupa menuliskan sumbernya. Anda dapat berlangganan update dari blog ini dengan mengisi email di bawah ini

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Silahkan Follow Kami di twitter
Jika ingin melihat artikel lainnya anda dapat mengklik link populer dibawah ini atau sitemap diatas.Terima kasih atas kunjungan anda di http://konsultasisawit.blogspot.com

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...