Jumat, 30 Agustus 2013

Cara Install Ulang Blackberry Curve 9300

Cara Install Ulang Blackberry Curve 9300. Beberapa waktu yang lalu sebuah smartphone milik admin Konsultasisawit.blogspot.com  yaitu blackberry curve 9300 mengalami kerusakan yaitu sering restart. Merasa ada yang janggal admin kemudian  menayakan kepada bebrapa teman penyebab hal tersebut menurut informasi dari teman hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal misalnya memory yang penuh, Aplikasi yang terlalu banyak dan adanya kerusakan pada sistem OS blackberry tersebut.  Teman kemudian menyarankan untuk mencabut battery blackberry dan melakukan wipe untuk membersihkan memory dari sampah.

Setelah dilakukan membuka battery dan menghidupkan kembali dan melakukan pembersihan (wipe) lewat perangkat bb ternyata hasilnya masih belum memuaskan sebab setelah beberapa menit blackberry tersebut kembali restart.

Setelah mengadakan diskusi dengan teman yang lain ada yang menyampaikan bahwa hal tersebut di sebabkankerusakan pada OS blackberry tersebut maka timbul pertanyaan bagaimana cara untuk menginstall ulang bb tersebut?. Menurut pengalaman teman tersebut  ternyata katanya sangat mudah dan dapat dilakukan dengan menggunakan perlatan yang sangat sederhana seperti PC atau Laptop bahkan notebook asalkan  software untuk keperluan tersebut sudah tersedia.

Untuk memperkuat informasi tersebut maka admin mencoba untuk mencari informasi tambahan di internet ternyata informasinya juga sama dengan hasilo disukusi dengan teman sebelumnya oleh karena itu tanpa piker panjang maka beberapa software pendukung segera di didowload.

Berikut adalah cara yang digunakan admin Konsultasisawit untuk menginstal ulang bb curve 9300 tersebut.

Siapkan beberapa buah peralatan yang dibutuhkan :
1.   Komputer PC /Laptop/Netbook
2.   Kabel Data
3.   Modem
4.   Secangkir Kopi Luwak (Untuk menunggu download agar tidak bosan. Heheheheheh…)
Setelah semua perlengkapan di atas lengkap maka saatnya untuk action untuk install ulang blackberry curve 9300.
1   1. Pasang Komputer PC /Laptop/Netbook dan colokkan modem anda dan segera koneksikan ke internet. Silahkan untuk mendownload beberapa software beberapa buah software yang dibutuhkan seperti :
·         BlackBerry Desktop Manager
·         Base OS BlackBerry OS 6
·         BBSAK (BlackBerry Swiss Army Knife)
Setelah semua software didownload maka silahkan untuk menginstall semua software tersebut. Setelah menginstal semua aplikasi silahkan untuk menghapus vendor.xml yang terdapat pada di C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\Shared\Loader Files\ Hal ini untuk menghidari error saat instalasi OS blackberry nantinya.
2.      Restart computer anda untuk memastikan bahwa semua software terinstal dengan sempurna.
3.      Setelah computer hidup dan berjalan normal kembali silahkan untuk membuka aplikasi yang pertama yaitu BBSAK, maka akan muncul tampilan seperti berikut ini
4.      Setelah blackberry terdeteksi maka silahkan tekan tombol wipe device. Selanjutnya akan muncul peringatan untuk memastikan anda ingin melakukan wipe device karena semua data di bb akan hilangkan. Pada pilihan ini silahkan tekan tombol yes. Jika sudah selesai maka akan muncu pemberitahuan bahwa proses wipe device sudah berhasil.
5.      Pada saat yang bersamaan maka di blackberry akan melakukan restart dan selanjutnya akan muncul pesan di layar error 507 for more information visite blackberry.com. Anda tidah perlu khawatir karena ini berarti blackberry curve 9300 anda saat ini sudah tidak memiliki OS lagi jadi sudah bisa di lakukan untuk proses tahap berikutnya.
6.      Tahap berikutnya silahkan untuk membuka software app loader yang terdapat di folder C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\AppLoader\ Dan anda akan melihat tampilan sebagai berikut ini :
7.      Setelah itu silahkan untuk mengklik tombol next dan blackberry anda akan terbaca no pinnya seperti gambar di bawah ini :
Jika blackberry anda tidak terdeteksi silahkan untuk merestart computer/laptop atau notebook anda.
8.      Selanjutnya silahkan tekan tombol next. Maka akan mulai proses “Retrieving Device Configuration” pada proses ini anda dipersilahkan menunggu sambil minum kopi luwak yang sudah di siapkan tadi. Setelah selesai silahkan untuk menekan kembali tombol next.

9.      Selanjutnya akan muncul pilihan untuk memilih tambahan aplikasi yang ikut di instalkan kedalam blackberry anda seperti bahasa, facebook, twitter, google chat, games dan aplikasi lainnya seperti note, document to go dll. Setelah anda merasa pilihan sudah lengkap maka silahkan untuk menekan tombol next.
10.  Selanjutnya akan muncul halaman konfirmasi jika anda sudah merasa tepat klik kembali tombol next.
11.  Proses instalasi software akan berjalan dalam beberapa menit jadi silahkan untuk menambah kembali kopi luwak anda. Lama waktu instalasi tergantung dari kapasitas PC dan aplikasi yang anda pilih untuk di install.
12.  Jika sudah mucul halaman seperti dibawah ini berarti proses sudah selesai maka saatnya anda untuk menekan tombol selesai dan menunggu beberapa saat maka blackberry akan akan melakukan proses restart dan hal ini sangat mendebarkan admin. 
Karena takut proses ini gagal dan ternyata blackberry tersebut berhasil restart dan terinstal dengan baik.


Demikianlah proses rangkaian untuk instalasi Operation System (OS) Blackberry Curve 9300 yang dilakukan oleh admin konsultasisawit dan ini dituliskan berdasarkan pengalaman yang dilakukan langsung oleh admin blog ini. Selamat untuk mencoba semoga anda juga berhasil untuk menginstal ulang blackberry anda.
Anda sedang membaca artikel berjudul Cara Install Ulang Blackberry Curve 9300 dengan url http://konsultasisawit.blogspot.com/2013/08/cara-install-ulang-blackberry-curve-9300_4472.html , Jika suka dengan artikel Cara Install Ulang Blackberry Curve 9300 dengan url http://konsultasisawit.blogspot.com/2013/08/cara-install-ulang-blackberry-curve-9300_4472.html silahkan di copy dan jangan lupa menuliskan sumbernya. Anda dapat berlangganan update dari blog ini dengan mengisi email di bawah ini

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Silahkan Follow Kami di twitter
Jika ingin melihat artikel lainnya anda dapat mengklik link populer dibawah ini atau sitemap diatas.Terima kasih atas kunjungan anda di http://konsultasisawit.blogspot.com

3 komentar :

Azhar Darmanegara mengatakan...

pada langkah 9 saya tidak ada pilihan untuk memilih aplikasi,, mentok disitu hanya tombol cancel yg tersedia

muhammad mengatakan...

betul d step 9 gmn

Unknown mengatakan...

gan ko berhenti terus d bb reasouch
gimna solusinya
maksih

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...