Kamis, 25 Oktober 2012

Cara Menyembelih Hewan Kurban Yang Benar


Cara Menyembelih Hewan Kurban Yang Benar. Dalam artikel kali ini konsultasisawit akan menyajikan bagaimana cara yang benar untuk menyembelih hewan sesuai dengan hukum syariat. Adapun Tata cara yang benar jika hewan kurban berupa kambing, baik domba maupun yang biasa yaitu:
Hendaklah dia membaringkan hewan kurban itu di atas lambungnya yang kiri bila dia menyembelih dengan tangan kanannya. Namun jika dia menyembelih dengan tangan kirinya, maka hendaklah dia membaringkannya di atas lambungnya yang kanan. Karena tujuan dari hal itu adalah ketenangan binatang tersebut. Seorang yang menyembelih dengan tangan kirinya, niscaya binatang itu tidak tenang kecuali bila dibaringkan di atas lambungnya yang kanan.
Kemudian hendaklah dia meletakkan kakinya di atas leher hewan kurban ketika menyembelih dan memegang dengan tangan kirinya kepala si hewan sehingga tampak urat kerongkongannya.
Lalu dia menggorokkan pisau di atas urat kerongkongan, dua urat yang disebut “Wudjain”, dan satu urat yang disebut dengan “Mari`” dengan kuat, sehingga dia dapat menumpahkan darah.
Adapun kedua tangan dan kaki hewan kurban sebaiknya dibiarkan lepas dan tidak ditahan, sebab yang demikian itu lebih menyenangkannya dan lebih bagus dalam mengeluarkan darah dari jasadnya, karena darah akan keluar bersama gerakan, maka ini tentunya lebih utama.
Kemudian tatkala menyembelih, dia membaca:
بِسْمِ اللهِ وَاللهُ أَكْبَرُ، اَللَّهُمَّ هَذَا مِنْكَ وَلَكَ، اَللَّهُمَّ هَذِهِ عَنِّي وَعَنْ أَهْلِ بَيْتِ
BISMILLAHI WALLAHU AKBAR, ALLAHUMMA HADZA MINKA WA LAKA, HADZIHI ‘ANNY WA ‘AN AHLI BAITI
“Dengan nama Allah dan Allah maha besar. Ya Allah! (hewan) ini darimu dan untukmu. Ya Allah! ini adalah sembelihanku dan keluargaku”
Adapun yang selain kurban, dia melakukan padanya yang demikian ini tetapi dia mengucapkan sebelum menyembelih:
بِسْمِ اللهِ وَاللهُ أَكْبَرُ
BISMILLAHI WALLAHU AKBAR
“Dengan nama Allah dan Allah maha besar.”

Berikut adalah video cara menyembelih hewan kurban yang diambil dari youtube.
Demikian informasi tentang tata cara menyembelih hewan yang benar. Semoga bermanfaat.
Anda sedang membaca artikel berjudul Cara Menyembelih Hewan Kurban Yang Benar dengan url http://konsultasisawit.blogspot.com/2012/10/cara-menyembelih-hewan-kurban-yang-benar.html?m=0 , Jika suka dengan artikel Cara Menyembelih Hewan Kurban Yang Benar dengan url http://konsultasisawit.blogspot.com/2012/10/cara-menyembelih-hewan-kurban-yang-benar.html?m=0 silahkan di copy dan jangan lupa menuliskan sumbernya. Anda dapat berlangganan update dari blog ini dengan mengisi email di bawah ini

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Silahkan Follow Kami di twitter
Jika ingin melihat artikel lainnya anda dapat mengklik link populer dibawah ini atau sitemap diatas.Terima kasih atas kunjungan anda di http://konsultasisawit.blogspot.com

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...