Kamis, 05 Februari 2015

Cara Budidaya Lele Panen 50 Hari

Cara Budidaya Lele Panen 50 Hari. Secara normal lele baru bisa dipanen setelah 3 bulan pemeliharaan dengan berat badan 100 gr/ ekor tetapi menurut informasi yang diperoleh oleh admin konsultasisawit dari beberapa sumber informasi bahwa saat ini lele dapat di panen setelah dipelihara selama 50 hari saja. Anda penasaran bagaimana caranya akan di jabarkan secara detail dalam artikel ini.

Tetapi sebelum kita aungkapkan rahasianya ada baiknya kalau kita kilas balik apa sebenarnya dan bagaimana cara budidaya lele itu sendiri. ikan lele dapat diusahakan di kolam tanah,kolam semen, bahkan di sawah atau yang sekarang lebih ramai dikembangkan di kolam terpal. Ikan lele adalah komoditas ikan air tawar yang mempunyai nilai gizi yang tinggi yang terdiri dari protein 17 %, lemak 4,8%, mineral 1,2 % ,vitamin 1,2 % dan air 75,1 %.

Makanan ini sangat laris manis terbukti sepanjang jalan perkotaan hingga pedesaan paling mudah ditemukan warung yang menjual pecel lele, benar bukan?? Bagaimana dengan daerah anda.

Ikan lele yang banyak dibudidayakan saat ini lele dumbo, sangkuriang , piton, mamo dll. Ikan lele sungai, rawa, danau bahkan payau jarang dibudidayakan karena pertumbuhannya yang lambat.


Pemelihara lele sangat mudah dilakukan asalkan anda menggunakan bibit yang sehat dan kolam yang memenuhi syarat hidup ikan lele . Jika ada serangan penyakit saat ini sudah banyak vaksin untuk benih ikan lele agar tetap sehat.

Ikan lele tergolong ikan omnivora, memakan tumbuhan, cacing, bahan organik, dll. Ikan ini aktif makan pada malam hari dan mencari makan di dasar kolam. sebenarnya pemberian pakan tenggelam lebih cocok.

Basa basinya sudah cukup dan berikut adalah cara agar lele 50 hari :
1. Siapkan kolam baik itu dari tanah, tembok atau terpal sesuai ukuran yang diinginkan
2. Masukkan kapur dengan dosis 50-100 gram/m3 air kolam.Tergantung pH tanah. 
3. Berikan pupuk kotoran ayam dengan dosis  500-700 gram/m3 air kolam.
4. Tambahkan PROBIOTIK dengan dosis 100 gram untuk 1000 m3 air kolam. probiotik dapat di beli di toko perikanan berfungsi sebagai pengurai sisa makanan menjadi bahan organik yang berguna untuk ikan lele.
5. Isi air hingga ketinggian mencapai 30-50 cm dan biarkan sampai satu minggu, sampai air kolam jadi coklat atau kehijauan berarti plangton sudah tersedia. Jika demikian berarti kolam siap diisi dengan benih lele.
6. Penebaran benih sebaiknya dilakukan pada sore hari atau pagi hari pada saat udara tidak panas. Sebelum di tebar benih yang dalam kemasannya di rendam kedalam kolam selama 15-20 menit agar tidak stress karena perubahan suhu air yang mendadak. Setelah itu buka ikatan dan biarkan benih lele keluar sendiri dari kemasan ke air kolam.

Padat penebaran ikan lele dalam kolam tanah 35-50 ekor per m2 sedang kolam semen atau terpal bisa mencapai 100 ekor per m2 atau lebih tergantung daya dukungnya. ukuran benih untuk tebar sebaiknya minimal ukuran 5-7 cm.

7. Rahasia agar lele dapat dipanen 50 hari adalah pada tehnik pemberian pakan. Lele akan kanibal jika kekurangan pakan untuk itu dibuatkan jadwal pemberian pakan untuk 1000 ekornya,  sebagai berikut :
a. Hari Setelah Tebar 1  -  7 hari Jenis Pakan PF 800 Banyaknya 2 kg
b. Hari Setelah Tebar 8  -  14 hari Jenis Pakan PF 1000 Banyaknya 3 kg
c. Hari Setelah Tebar 15-  23 hari Jenis Pakan LP 1 Banyaknya 10 kg
d. Hari Setelah Tebar 24-  50 hari Jenis Pakan LP  3 Banyaknya 85 kg
Total pakan yang dibutuhkan hingga panen adalah 100 kg. 

JIka anda mengikuti cara di atas maka ikan lele akan dipanen berukuran 8-10 ekor per kg atau 100 gram per ekor setelah 50 hari pemeliharaan. SELAMAT MENCOBA..!!!

Penyakit Ikan Lele
Penyakit yang biasa menyerang ikan lele adalah akibat dari infeksi bakteri aeromonas, yang timbul akibat lingkungan yang kurang baik. Penyakit yang lain adalah yang dikenal bintik putih yang disebabkan oleh protozoa. Penyakit bakteri aeromonas dapat disembuhkan dengan tetrasiklin,streptomisin,dan kemecitin.

Obat tersebut diberikan dengan cara menyampurkan dalam pakan selama satu minggu dengan dosis 1 mg per 100 grm berat ikan per hari. Penyakit bintik putih diobati dengan cara merendam ikan sakit kedalam larutan garam dapur selama 30-60 menit setiap hari dalam seminggu.

Demikian informasi tentang cara budidaya lele panen 50 hari semoga anda dapat mencobanya di kebun kelapa sawit anda terutama jika sawit anda sudah tua yang tidak lama lagi akan di replanting sehingga sambil menunggu sawit baru berbuah anda masih tetap punya penghasilan.
Anda sedang membaca artikel berjudul Cara Budidaya Lele Panen 50 Hari dengan url http://konsultasisawit.blogspot.com/2015/02/cara-budidaya-lele-panen-50-hari.html , Jika suka dengan artikel Cara Budidaya Lele Panen 50 Hari dengan url http://konsultasisawit.blogspot.com/2015/02/cara-budidaya-lele-panen-50-hari.html silahkan di copy dan jangan lupa menuliskan sumbernya. Anda dapat berlangganan update dari blog ini dengan mengisi email di bawah ini

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Silahkan Follow Kami di twitter
Jika ingin melihat artikel lainnya anda dapat mengklik link populer dibawah ini atau sitemap diatas.Terima kasih atas kunjungan anda di http://konsultasisawit.blogspot.com

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...