Selasa, 23 April 2013

Manfaat Minyak Nilam Bagi Kesehatan


Manfaat Minyak Nilam Bagi Kesehatan. Tanaman nilam menghasilkan minyak atsiri yang sangat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Minyak ini dihasilkan dari bagian daun tanaman nilam. Minyak nilam sudah banyak di gunakan sejak dahulu kala sebagai salah satu bahan untuk obat tradisional.

tanaman nilam sudah dikenal sejak zaman purba sebagai bahan pengharum atau pewangi. Di India, daun nilam yang telah kering digunakan sebagai repelenatau pengusir serangga pada kain. Kain-kain yang telah diberi daun nilam tadi kemudian diekspor ke Eropa, sehingga aroma nilam dikenal di negara-negara Eropa. Pada pertengahan abad ke-19, pabrik-pabrik tekstil di Prancis mengimpor daun nilam kering untuk produk tekstil mereka.

Minyak nilam dihasilkan melalui proses penyulingan dengan bantuan uap air. Penyulingan minyak nilam di Indonesia masih banyak menggunakan sistem tradisional daripada sistem modern.

Minyak nilam mengandung beberapa senyawa, antara lain benzaldehid (2,34%), kariofilen (17,29%), a-patchoulien (28,28%), buenesen (11,76%), dan patchouli alkohol (40,04%). Sementara itu, kandungan minyak dalam batang, cabang, atau ranting jauh lebih kecil (0,4-0,5%) daripada bagian daun (5-6%). Standar mutu minyak nilam belum seragam untuk seluruh dunia. Setiap negara menentukan sendiri standar minyak nilamnya. Indonesia menetapkan standar mutu minyak nilam untuk ekspor dengan berat jenis 0,943-0,983, indeks bias 1,504-1,514, bilangan ester maksimum 10,0, bilangan asam 5,0, warna kuning muda sampai cokelat, dan tidak tercampur dengan bahan lain. Sebelum dikirim ke eksportir, biasanya minyak nilam harus diuji terlebih dahulu untuk menentukan kualitasnya. Pengujian dapat dilak

Berikut adalah berbagai manfaat minyak nilam bagi kesehatan :
1. Pengusir Stress
Minyak atsiri paling umum digunakan adalah sebagai pengusir stress. Penggunaan yang teratur ternyata dapat memberikan rasa tenang dan nyaman.
2. Bahan Parfum
Minyak atsiri memiliki aroma yang unik. Aroma itu bisa langsung menyentuh fikiran dan jiwa. Itu sebabnya minyak atsiri juga digunakan untuk membuat dupa dan parfum. Untuk menghasilkan aroma minyak atsiri yang unik, minyak atsiri dapat dicampur dengan minyak lain seperti cendana, mawar, melati, mur, dan jeruk.
3. Minyak Aroma Terapi
Minyak juga dapat digunakan untuk pijat dan aroma terapi. Pijat dengan minyak atsiri dapat menenangkan fikiran dan jiwa, melemaskan syaraf dan yang terpenting dapat menghilangkan stress. Dalam kasus dermatitis (radang kulit) dan depresi, minyak atsiri merupakan obat yang paling mujarab.
4. Bahan Obat
Minyak ini juga dapat digunakan untuk penyembuhan berbagai masalah penyakit kulit seperti psoriasis, eksim dan dermatitis. Hal itu karena minyak nilam memiliki sifat antiseptik sehingga relatif lebih cepat dalam menyembuhkan penyakit kulit atau luka. Selain itu, minyak ini juga mencegah luka dari infeksi yang lebih lanjut.
5. Obat Awet Muda
Minyak ini memiliki sifat anti penuaan (aging) dini. Itu sebabnya minyak atsiri banyak digunakan untuk produk perawatan kulit yang luar biasa. Minyak ini membuat kulit menjadi lebih muda dan sehat. Juga efektif digunakan untuk bekas luka, keriput dan kulit kering.
6. Deodorant
Minyak nilam dapat mencegah timbulnya bau badan sehingga banyak digunakan sebagai bahan deodorant.
7. Anti Nyamuk
Anda mungkin tidak percaya tapi kenyataannya minyak atsiri dapat melindungi rumah dari serangga. Karena minyak atsiri juga memiliki sifat insektisida yang tidak disulkai oleh serangga dan dapat membunuh serangga. Bisa digunakan dengan cara disemprotkan atau diuapkan.

Minyak atsiri melindungi kulit anda dari berbagai macam kerusakan. Minyak ini juga dapat menyembuhkan luka bakar dan bisul. Dengan penggunaan secara teratur, minyak atsiri dapat menghilangkan bekas ruam akibat penyakit campak dan cacar.

Manfaat lain dari minyak atsiri adalah untuk mengobati beberapa masalah seksual seperti hilangnya libido, impotensi, masalah ereksi dan frigiditas (sulit orgasme - biasanya wanita). Selain itu dapat menurunkan kolesterol dan membantu menurunkan berat badan.

Minyak atsiri juga bermanfaat untuk digunakan dalam pengobatan seperti batuk, mual, diare, kedinginan dan sakit kepala. Pada saat demam, terutama yang diakibatkan karena infeksi, atsiri adalah obat terbaik.

Demikian informasi tentang manfaat minyak nilam bagi kesehatan manusia semoga bermanfaat.
Anda sedang membaca artikel berjudul Manfaat Minyak Nilam Bagi Kesehatan dengan url http://konsultasisawit.blogspot.com/2013/04/manfaat-minyak-nilam-bagi-kesehatan.html , Jika suka dengan artikel Manfaat Minyak Nilam Bagi Kesehatan dengan url http://konsultasisawit.blogspot.com/2013/04/manfaat-minyak-nilam-bagi-kesehatan.html silahkan di copy dan jangan lupa menuliskan sumbernya. Anda dapat berlangganan update dari blog ini dengan mengisi email di bawah ini

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Silahkan Follow Kami di twitter
Jika ingin melihat artikel lainnya anda dapat mengklik link populer dibawah ini atau sitemap diatas.Terima kasih atas kunjungan anda di http://konsultasisawit.blogspot.com

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...