Rabu, 28 Januari 2015

Syarat Lokasi Pembibitan Kelapa Sawit

Syarat Lokasi Pembibitan Kelapa Sawit. Pembibitan merupakan hal yang wajib dilakukan jika ingin berkebun kelapa sawit karena jika membeli bibit banyak yang tidak terjamin keasliannya.  Untuk mendapatkan beniht yang asli sebaiknya anda membeli seccara resmi ke sumbernya jangan mudah percaya dengan orang yang menawarkan bibit terutama jika harganya sangat murah di kawatirkan benih tersebut adalah palsu. 

Untuk membuat pembibitan kelapa sawit maka harus ditentukan lokasi yang memenuhi syarat pembibitan, berikut adalah syarat-syarat lokasi bibitan kelapa sawit :

a) Topografi tanah datar
Areal yang datar akan memudahkan anda untuk menyusun polibag dan pembuatan jaringan irigasi untuk melakukan penyiraman bibit kelapa sawit.

b) Dekat sumber air 
Hal ini sangat diperlukan karena pembibitan akan memerlukan air untuk penyiraman terutama saat musim kemarau. saat tidak terjadi hujan maka harus dilakukan penyiraman bibit kelapa sawit dua kali sehari sehingga kebutuhan air akan tinggi jika bibitan dalam jumlah yang banyak.
Air tersedia cukup banyak terutama pada saat musim kemarau dan sumber air harus memiliki kualitas yang baik. 

c) Drainase (saluran pembuangan air) baik sehingga tidak tergenang pada musim hujan
Untuk menghindari banjir yang akan mengakibatkan kematian bibit maka drainase atau saluran pembuangan air sangat diperlukan terutama jika areal bibitan anda dekat dengan parit dan sungai yang volume airnya besar saat musim hujuan.

Drainase sebaiknya di sesuaikan dengan kondisi air yang akan mengalir di areal bibitan saat musim hujan. Drainase yang baik adalah dapat langsung mengalirkan semua air hujan ke luar areal bibitan.

d) Lokasi harus mudah dijangkau dan jauh dari sumber hama dan penyakit, tersanitasi dengan baik dan terbuka, tidak terhalang oleh pohon besar atau bangunan
Lokasi bibitan harus mudah di jangkau karena pengangkutan bibit harus lancar saat bibit akan di pindahkan kelapangan.

e) Dekat dengan perumahan sehingga pengawasan dapat lebih intensif
Hal ini berguna untuk mempermudahkan karyawan menuju lokasi pembibitan sehingga akan mengurangi biaya  transportasi tenaga kerja dan juga mempermudah pengawasan.

f) Aman dari gangguan binatang (sapi, kambing, kerbau dan lain-lain)
Binatang peliharaaan seperti sapi, kerbau dan kambing adalah pemakan rumput dan biasanya juga suka memakan daun sawit yang masih muda oleh karena itu areal bibitan harus terbebas dari hewan ternak tersebut.

Demikian informasinya untuk syarat lokasi pembibitan kelapa sawit semoga bermanfaat dan cara pembibitan kelapa sawit akan di tulis pada artikel berikutnya.
Anda sedang membaca artikel berjudul Syarat Lokasi Pembibitan Kelapa Sawit dengan url http://konsultasisawit.blogspot.com/2015/01/syarat-lokasi-pembibitan-kelapa-sawit.html , Jika suka dengan artikel Syarat Lokasi Pembibitan Kelapa Sawit dengan url http://konsultasisawit.blogspot.com/2015/01/syarat-lokasi-pembibitan-kelapa-sawit.html silahkan di copy dan jangan lupa menuliskan sumbernya. Anda dapat berlangganan update dari blog ini dengan mengisi email di bawah ini

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Silahkan Follow Kami di twitter
Jika ingin melihat artikel lainnya anda dapat mengklik link populer dibawah ini atau sitemap diatas.Terima kasih atas kunjungan anda di http://konsultasisawit.blogspot.com

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...