Rabu, 05 Februari 2014

Fungsi dan Gejala Defisiensi Nitrogen

Nitrogen termasuk unsur hara makro utama yang dibutuhkan semua tanaman dalam jumlah yang banyak. Nitrogen terdapat dalam beberapa jenis pupuk seperti ZA, Urea, NPK dan beberapa pupuk cair. Kandungan unsur hara Nitrogen memiliki kadar yang berbeda-beda antar setiap jenis pupuk. Nitrogen sangat penting untuk pembentukan protein, daun-daunan dan berbagai persenyawaan organik lainnya.
Unsur  ini penting bagi tanaman dapat disediakan oleh manusia melalui pemupukan. Nitrogen umumnya diserap oleh tanaman dalam bentuk NO3- dan NH4+ walaupun urea (H2NCONH2) dapat  juga dimanfaatkan oleh tanaman karena urea secara cepat dapat diserap melalui epidermis daun. Jarang sekali bahwa urea diabsorpsi melalui akar karena di dalam tanah urea dihidrolisa menjadi NH4+ senyawa-senyawa ini biasanya tidak terdapat dalam larutan tanah dalam  jumlah yang cukup berarti. Di tanah-tanah yang bereaksi agak masam  sampai alkali, dengan aerasi baik, maka bentuk NO3-akan banyak dijumpai.

Fungsi Nitrogen :
a.         Pembentukan daun-daun dan ranting. 
Unsur hara Nitrogen sangat dibutuhkan untuk pembentukan daun dan ranting oleh karenanya kekurangan unsur hara ini akan terlihat dengan  jelas pada daun tanaman.
b.        Pembentukan karbohidrat
Nitrogen berguna dalam proses pembentukan karbohidrat dalam proses fotosintesis yang terjadi di daun tanaman.  
c.         Pembentukan protein
Apabila ketersediaan N sedikit maka hanya sebagian kecil hasil photosintesa yang dirubah menjadi protein dan sisanya diendapkan menjadi karbohidrat. Pada berbagai tanaman gandum menaikkan kadar protein pada butir gandum.
d.        Meningkatkan produksi tanaman.
Produksi tanaman akan meningkat dengan pemberia unsur hara nitrogen karena akan mempercepat proses pembentukan daun, protein dan mobilitas (unsur hara, protein dan karbohidrat) di dalam tubuh tanaman.

Gejala Kekurangan Unsur N :
a.       Warna daun yang hijau agak kekuningan selanjutnya berubah menjadi kuning
Gejala yang paling mudah dilihat jika tanaman kekurangan N  adalah daun yang berubah warna menjadi kuning terutama pada daun muda..
b.      Daun menjadi kering dan berwarna merah kecoklatan
Pada keadaan kandungan N yang rendah sekali, daun akan menjadi coklat dan mati. Untuk jenis rumput-rumputan ujung-ujung daun tua mula-mula akan mengering seperti terbakar dan menjalar ke seluruh daun melalui ibu tulang dan melebar ke samping sehingga memberikan bentuk V.
c.       Buah yang tidak sempurna
Jika tanaman kekurangan N maka akan terlihat buah yang umumnya kecil dan cepat matang.

Gejala Kelebihan Unsur N :
a.       Tanaman akan tampak terlalu subur, ukuran daun akan menjadi lebih besar
Unsur hara N yang berlebihan dapat dilahat pada daun tanaman yang berubah menjadi warna hijau tua. Pemberian N yang banyak akan mengakibatkan pertumbuhan vegetatip berlangsung hebat sekali dan warna daun menjadi hijau tua
b.      Batang menjadi lunak dan berair (sekulensi).
Pada tanaman serat, kelebihan N akan melemahkan serat-seratnya sedangkan untuk tanaman biji-bijian akan menyebabkan tanaman  rebah, terutama bila kekurangan  kalium atau apabila varietas yang dipakai tidak tahan terhadap pemupukan N yang tinggi.

c.       Penundaan pembentukan bunga, bahkan mudah lebih mudah rontok dan pemasakan buah cenderung terlambat.
Anda sedang membaca artikel berjudul Fungsi dan Gejala Defisiensi Nitrogen dengan url http://konsultasisawit.blogspot.com/2014/02/fungsi-dan-gejala-defisiensi-nitrogen.html , Jika suka dengan artikel Fungsi dan Gejala Defisiensi Nitrogen dengan url http://konsultasisawit.blogspot.com/2014/02/fungsi-dan-gejala-defisiensi-nitrogen.html silahkan di copy dan jangan lupa menuliskan sumbernya. Anda dapat berlangganan update dari blog ini dengan mengisi email di bawah ini

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Silahkan Follow Kami di twitter
Jika ingin melihat artikel lainnya anda dapat mengklik link populer dibawah ini atau sitemap diatas.Terima kasih atas kunjungan anda di http://konsultasisawit.blogspot.com

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...