Senin, 30 April 2012

Pendidikan Orang Dewasa


Cara Belajar dan Konsep Pendidikan Orang Dewasa. Pendidikan orang dewasa dapat didefinisikan sebagai pendidikan yang diperuntukan bagi orang-orang dewasa dalam lingkungan masyarakatnya, agar mereka dapat mengembangkan kemampuan, memperkaya pengetahuan, mengembangkan keterampilan, meningkatkan kualifikasi teknik dan profesi yang telah dimilikinya, memperoleh cara-cara baru serta merubah sikap dan perilakunya. Pendidikan orang dewasa berlangsung kapan saja, sepanjang hidup setelah matang atau dewasa, mandiri dan independen. Tidak terikat pada ruang tertentu dengan materi yang sesuai dengan kebutuhan warga belajar terutama dari pengalaman warga belajar dan disampaikan dengan metode demokratis, terbuka, saling menghargai dan berbagi pengalaman yang ditunjang oleh pendidik sebagai fasilitator yang memiliki filsafat kerja dan keinginan membantu warga belajar. Dengan kata lain, orang dewasa belajar karena membutuhkan tingkatan perkembangan dalam menghadapi peranannya apakah sebagai pekerja, orang tua, pimpinan suatu organisasi, dan lain-lain. Kesiapan belajar mereka bukan semata-mata karena paksaan akademik, tetapi karena kebutuhan menghadapi masalah hidupnya.

“Pendidikan” mempunyai banyak pengertian, tetapi secara umum diterima sebagai suatu perubahan perilaku. Tulisan dimaksudkan bukan untuk menganalisa teori yang ada dibalik Pendidikan Orang Dewasa, melainkan untuk memahami prinsip-prinsip Pendidikan Orang Dewasa (atau yang biasa disingkat POD) yang dapat diterima. Prinsip-prinsip yang disajikan di sini pada dasarnya sama dengan yang dikembangkan pada beberapa pelatihan yang menggunakan metode instruksional, tetapi satu hal yang membedakan adalah prinsip-prinsip POD lebih dikenal secara luas.

Prinsip-prinsip ini berkaitan dengan training (pelatihan) dan pendidikan, dan biasanya diterapkan pada situasi kelas formal atau untuk sistem on the job training (magang). Tiap bentuk pelatihan sebaiknya memuat sebanyak mungkin 9 prinsip yang tersebut di bawah ini. Supaya kita mudah mengingatnya (9 prinsip tersebut), maka biasanya digunakn sistem jembatan keledai atau istilah asingnya mnemonic, yaitu RAMP 2 FAME.

R = Recency
A = Appropriateness
M = Motivation
P = Primacy
2 = 2 – Way Communication
F = Feedback
A = Active Learning
M = Multi – Sense Learning
E = Excercise

Prinsip-prinsip ini dalam berbagai cara sangat penting, karena memungkinkan Anda (pelatih) untuk menyiapkan satu sessi secara tepat dan memadai, menyajikan sessi secara efektif dan efisien, juga memungkinkan anda melakukan evaluasi untuk sessi tersebut. Mari kita coba lihat ide-ide yang melatarbelakangi istilah RAMP 2 FAME. Penting untuk dicatat bahwa prinsip-prinsip ini tidak disajikan dalam satu urutan. Kedudukannya sama dalam satu kaitan antar hubungan.

R – RECENCY

Hukum dari Recency menunjukkan kepada kita bahwa sesuatu yang dipelajari atau diterima pada saat terakhir adalah yang paling diingat oleh peserta/ partisipan. Ini menunjukkan dua pengetian yang terpisah di dalam pendidikan. Pertama, berkaitan dengan isi (materi) pada akhir sessi dan kedua berkaitan dengan sesuatu yang “segar” dalam ingatan peserta. Pada aplikasi yang pertama, penting bagi pelatih untuk membuat ringkasan (summary) sesering mungkin dan yakin bahwa pesan-pesan kunci/inti selalu ditekankan lagi di akhir sessi. Pada aplikasi kedua, mengindikasikan kepada pelatih untuk membuat rencana kaji ulang (review) per bagian di setiap presentasinya.

Faktor-faktor untuk pertimbangan tentang recency

Usahakan agar tiap sessi yang diberikan berjangka waktu yang relatif pendek, tidak lebih dari 20 menit (jika itu memungkinkan).
Jika sessi lebih dari 20 menit, harus sering diringkas (direkap). Sessi yang lebih panjangsebaiknya dibagi-bagi ke dalam sessi-sessi yang lebih pendek dengan beberapa jeda sehingga anda dapat membuat ringkasan.
Akhir dari tiap sessi merupakan suatu yang penting. Buatlah ringkasan/rekap dari keseluruhan sessi dan beri penekanan pada pesan-pesan atau poin-poin kunci.
Upayakan agar peserta/partisipan tetap “sadar” kemana arah dan perkembangan dari belajar mereka

A : APPROPRIATENES (Kesesuaian)

Hukum dari appropriatenes atau kesesuaian mengatakan kepada kita bahwa secara keseluruhan, baik itu pelatihan, informasi, alat-alat bantu yang dipakai, studi kasus -studi kasus, dan material-material lainnya harus disesuaikan dengan kebutuhan peserta/partisipan. Peserta akan mudah kehilangan motivasi jika pelatih gagal dalam mengupayakan agar materi relevan dengan kebutuhan mereka. Selain itu, pelatih harus secara terus menerus memberi kesempatan kepada peserta untuk mengetahui bagaimana keterkaitan antara informasi-informasi baru dengan pengetahuan sebelumnya yang sudah diperolah peserta, sehingga kita dapat menghilangkan kekhawatiran tentang sesuatu yang masih samar atau tidak diketahui.

Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan mengenai appropriatness :

Pelatih harus secara jelas mengidentifikasi satu kebutuhan bagi peserta agar mengambil bagian dalam pelatihan. Dengan kebutuhan yang teridentifikasi, pelatih harus yakin bahwa sehala sesuatu yang berhubungan dengan sessi sesuai dengan kebutuhan tersebut.
Gunakan deskripsi, contoh-contoh atau ilustrasi-ilustrasi yang akrab (familiar) dengan peserta.
M: MOTIVATION (motivasi)

Hukum dari motivasi mengatakan kepada kita bahwa pastisipan/peserta harus punya keinginan untuk belajar, dia harus siap untuk belajar, dan harus punya alasan untuk belajar. Pelatih menemukan bahwa jika peserta mempunyai motivasi yang kuat untuk belajar atau rasa keinginan untuk berhasil, dia akan lebih baik dibanding yang lainnya dalam belajar. Pertama-tama karena motivasi dapat menciptakan lingkungan (atmosphere) belajar menjadi menye-nangkan. Jika kita gagal menggunakan hukum kesesuaian (appropriateness) tersebut dan mengabaikan untuk membuat material relevan, kita akan secara pasti akan kehilangan motivasi peserta.

Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan mengenai motivasi:

Material harus bermakna dan berharga bagi peserta, tidak hanya bagi pelatih
Yang harus termotivasi bukan hanya peserta tetapi juga pelatih itu sendiri. Sebab jika pelatih tidak termotivasi, pelatihan mungkin akan tidak menarik dan bahkan tidak mencapai tujuan yang diinginkan.
Seperti yang disebutkan dalam hukum kesesuaian (appropriateness), pelatih suatu ketika perlu mengidentifikasi satu kebutuhan kenapa peserta datang ke pelatihan. Pelatih biasanya dapat menciptakan motivasi dengan mengatakan bahwa sessi ini dapat memenuhi kebutuhan peserta.
Bergeraklah dari sisi tahu ke tidak tahu. Awali sessi dengan hal-hal atau poin-poin yang sudah akrab atau familiar bagi peserta. Secara perlahan-lahan bangun dan hubungkan poin-poin bersama sehingga setiap tahu kemana arah mereka di dalam proses pelatihan.
P : PRIMACY (Menarik Perhatian di awal sessi)

Hukum dari primacy mengatakan kepada kita bahwa hal-hal yang pertama bagi peserta biasanya dipelajari dengan baik, demikian pula dengan kesan pertama atau serangkaian informasi yang diperoleh dari pelatih betul-betul sangat penting. Untuk alasan ini, ada praktek yang bagus yaitu dengan memasukkan seluruh poin-poin kunci pada permulaan sessi. Selama sessi berjalan, poin-poin kunci berkembang dan juga informasi-informasi lain yang berkaitan. Hal yang termasuk dalam hukum primacy adalah fakta bahwa pada saat peserta ditunjukkan bagaimana cara mengerjakan sesuatu, mereka harus ditunjukkan cara yang benar di awalnya. Alasan untuk ini adalah bahwa kadang-kadang sangat sulit untuk “tidak mengajari” peserta pada saat mereka membuat kesalahan di permulaan latihan.

Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan mengenai primacy:

Sekali lagi, upayakan sessi-sessi diberikan dalam jangka waktu yang relatif singkat. Sebaiknya sekitar 20 menit seperti yang disarankan dalam hukum recency.
Permulaan sessi anda akan sangat penting. Seperti yang anda ketahui bahwa sebagian banyak peserta akan mendengarkan, dan oleh karena itu buatlah semenarik mungkin dan beri muatan informasi-informasi penting ke dalamnya.
Usahakan agar peserta selalu “sadar” arah dan perkembangan dari belajarnya.
Yakinkan peserta akan memperoleh hal-hal yang tepat pada saat anda pertama kali meminta mereka melakukan sesuatu
2 : 2- WAY COMMUNICATION (Komunikasi 2 arah)

Hukum dari 2-way-communication atau komunikasi 2 arah secara jelas menekankan bahwa proses pelatihan meliputi komunikasi dengan peserta, bukan pada mereka. Berbagai bentuk penyajian sebaiknya menggunakan prinsip komunikasi 2 arah atau timbal balik. Ini tidak harus bermakna bahwa seluruh sessi harus berbentuk diskusi, tetapi yang memungkinkan terjadinya interaksi di antara pelatih/fasilitator dan peserta/partisipan.

Faktor-faktor untuk pertimbangan mengenai 2-way communication:

Bahasa tubuh anda juga berkaitan dengan komunikasi 2 arah: anda harus merasa yakin bahwa itu tidak bertentangan dengan apa yang anda katakan.
Rencana sessi anda sebaiknya memiliki interaksi dengan siapa itu dirancang, yaitu tak lain adalah peserta.
F: FEEDBACK (Umpan Balik)

Hukum dari feedback atau umpan balik menunjukkan kepada kita, baik fasilitator dan peserta membutuhkan informasi satu sama lain. Fasilitator perlu mengetahui bahwa peserta mengikuti dan tetap menaruh perhatian pada apa yang disampaikan, dan sebaliknya peserta juga membutuhkan umpan balik sesuai dengan penampilan/kinerja mereka.

Penguatan juga membutuhkan umpan balik. Jika kita menghargai peserta (penguatan yang positif) untuk melakukan hal-hal yang tepat, kita mempunyai kesempatan yang jauh lebih besar agar mereka mengubah perilakunya seperti yang kita kehendaki. Waspada juga bahwa terlalu banyak penguatan negatif mungkin akan menjauhkan kita memperoleh respon yang kita harapakan.

Faktor-faktor untuk pertimbangan mengenai feedback:

Peserta harus diuji (dites) secara berkala untuk umpan balik bagi fasilitator
Pada saat peserta dites, mereka harus memperoleh umpan balik tentang penampilan mereka sesegera mungkin.
Tes bisa juga meliputi pertanyaan-pertanyaan yang diberikan fasilitator secara berkala mengenai kondisi kelompok
Semua umpan balik tidak harus berupa yang positif, seperti yang dipercaya banyak orang. Umpan balik positif hanya setengah dari itu dan hampir tidak bermanfaat tanpa adanya umpan balik negatif
Pada saat peserta berbuat atau berkata benar (misal menjawab pertanyaan), sebut atau umumkan itu (di hadapan kelompok/peserta lain jika itu mungkin).
Persiapkan penyajian anda sehingga ada penguatan positif yang terbangun di awal sessi.
Perhatikan betul-betul peserta yang memberi umpan balik positif (berbuat betul) sama halnya kepada mereka yang memberi umpan balik negatif (melakukan kesalahan).
A : ACTIVE LEARNING (Belajar Aktif)

Hukum dari active learning menunjukkan kepada kita bahwa peserta belajar lebih giat jika mereka secara aktif terlibat dalam proses pelatihan. Ingatkah satu peribahasa yang mengatakan “Belajar Sambil Bekerja” ? Ini penting dalam pelatihan orang dewasa. Jika anda ingin memerintahkan kepada peserta agar menulis laporan, jangan hanya memberitahu mereka bagaimana itu harus dibuat tetapi berikan kesempatan agar mereka melakukannya. Keuntungan lain dari ini adalah orang dewasa umumnya tidak terbiasa duduk seharian penuh di ruangan kelas, oleh karena itu prinsip belajar aktif ini akan membantu mereka supaya tidak jenuh.

Faktor-faktor untuk pertimbangan mengenai active learning:

Gunakan latihan-latihan atau praktek selama memberikan instruksi
Gunakan banyak pertanyaan selama memberikan instruksi
Sebuah kuis cepat dapat digunakan supaya peserta tetap aktif
Jika memungkinkan, biarkan peserta melakukan apa yang ada dalam instruksi
Jika peserta dibiarkan duduk dalam jangka waktu lama tanpa berpartisipasi atau diberi pertanyaan-pertanyaan, kemungkinan mereka akan mengantuk /kehilangan perhatian.

M : MULTIPLE -SENSE LEARNING

Hukum dari multi- sense learning mengatakan bahwa belajar akan jauh lebih efektif jika partisipan menggunakan lebih dari satu dari kelima inderanya. Jika anda memberitahu trainee mengenai satu tipe baru sandwich mereka mungkin akan mengingatnya. Jika anda membiarkan mereka menyentuh, mencium dan merasakannya dengan baik, tak ada jalan bagi mereka untuk melupakannya.
Faktor-faktor untuk pertimbangan mengenai multiple-sense learning:

Jika anda memberitah/mengatakan sesuatu kepada peserta, cobalah untuk menunjukkannya dengan baik
Gunakan sebanyak mungkin indera peserta jika itu perlu sebagai sarana belajar mereka, tetapi jangan sampai lupa sasaran yang ingin dicapai
Ketika menggunakan multiple-sense learning, anda harus yakin bahwa tidak sulit bagi kelompok untuk mendengarnyaa, melihat dan menyentuh apapun yang anda inginkan.
Saya dengar dan saya lupa
Saya lihat dan saya ingat
Saya lakukan dan saya paham
(Confusius, 450 SM)

E. EXERCISE (Latihan)

Hukum dari latihan mengindikasikan bahwa sesuatu yang diulang-ulang adalah yang paling diingat. Dengan membuat peserta melakukan latihan atau mengulang informasi yang diberikan, kita dapat meningkatkan kemungkinan mereka semakin mampu mengingat informasi yang sudah diberikan. Yang terbaik adalah jika pelatih menambah latihan atau mengulangi pelajaran dengan mengulang informasi dalam berbagai cara yang berbeda. Mungkin pelatih dapat membicarakan mengenai suatu proses baru, lalu menunjukkan diagram/overhead, menunjukkan produk yang sudah jadi dan akhirnya minta kepada peserta untuk menyelesaikan tugas yang diberikan. Latihan juga menyangkut intensitas. Hukum dari latihan juga mengacu pada pengulangan yang berarti atau belajar ulang.

Faktor-faktor untuk pertimbangan dalam exercise:

Semakin sering trainee mengulang sesuatu, semakin mereka mengingat informasi yang diberikan
Dengan memberikan pertanyaan berulang-ulang kita meningkatkan latihan
Peserta harus mengulang latihannya sendiri, tetapi mencatat tidak termasuk di dalamnya
Ringkaslah sesering mungkin karena ini bentuk lain dari latihan. Buatlah selalu ringkasan saat menyimpulkan sessi
Buat peserta selalu ingat secara berkala apa yang telah sidajikan sedemikian jauh dalam presentasi
Sering disebutkan bahwa tanpa beberapa bentuk latihan, peserta akan melupakan 1/4 dari yang mereka pelajari dalam 6 jam, 1/3 dalam 24 jam, dan sekitar 9 % dalam 6 minggu.
Kesimpulan

Prinsip-prinsip dari belajar berkaitan kepada pelatihan dan pendidikan. Prinsip-prinsip tersebut digunakan di seluruh sektor/area, baik dalam ruang kelas atau sistem magang. Prinsip-prinsip ini dapat digunakan kepada anak-anak dan remaja sebaik kepada orang dewasa. Instruksi yang efektif harus menggunakan sebanyak mungkin prinsip-prinsip ini, jika tidak keseluruhan-nya. Pada saat anda merencanakan satu sessi, lihat keseluruhan draft untuk meyakinkan bahwa prinsip-prinsip telah digunakan dan jika tidak, mungkin perlu suatu revisi (perbaikan)

Tag : cara belajar orang dewasa, konsep pendidikan orang dewasa, pengertian pendidikan orang dewasa, makalah pendidikan orang dewasa, pendidikan orang dewasa pdf, contoh pendidikan orang dewasa, pendidikan orang dewasa ppt, artikel pendidikan orang dewasa

Foto Profil Peserta Pilih - Pilih Mantu ANTV


Foto dan Profil Peserta Pilih - Pilih Mantu ANTV. Saat ini televisi swasta ANTV meluncurkan gebrakan lagi dengan meluncurkan program baru bertemakan cinta mereka “Pilih-PilihMantu”.Program berkonsep reality show ini, dimaksudkan agar bisa membantu pria yang masih single alias jomblo dalam mendapatkan jodoh wanita yang diinginkan. Dalam acara ini, pria akan diutamakan untuk memilih pasangannya. Tak hanya itu, karena bertajuk memilih menantu, sang ibu dari pria pun bisa ikut menyeleksi wanita mana yang dirasakan cocok mendampingi anaknya.

Nantinya, akan ada sebanyak 7 ibu yang bersaing satu sama lain untuk memperebutkan 1 wanita dari 14 wanitapeserta untuk dinikahkan nantinya. Dalamproses acara tersebut, semua peserta akandikarantina di sebuah rumah selama 3-5bulan lamanya.

Adapun profil dan foto jejaka adalah sebagai berikut :

1. Robert

2. Fey

3. Irwan

4. Fery

5. Erwin

6. Agung


Berikut adalah foto dan profil CAMAN ( calon menantu) 

1. Christin

2. Angie

3. Vidya

4. Tere

5. Fitri

6. Tika

7. Endah

8. Ledy

9. Fany

10. Pipit

11. Sika

12. Susan

13. Sarah


Demikian dulu informasi tentang acara pilih - pilih menantu di televisi ANTV semoga membantu.

Minggu, 22 April 2012

Video Kecelakaan Ayu Ting - Ting


Video Amatir Kecelakaan Ayu Ting - Ting. Kendaraan rombongan Ayu Ting Ting tabrakan dengan Mitsubishi L 300 saat menuju Kabupaten Pasaman Barat dari Kota Padang di Jorong Pandam Nagari Manggopoh Kecamatan Lubukbasung Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Sabtu, pukul 10.45 WIB.

Kronologis Gambar Kecelakaan Ayu Ting - Ting

Akibat tabrak beruntun tersebut, sopir Mitsubishi L 300 BA 8343 BL Anwar Sahat (41), Warga Lansano Nagari Manggopoh Kecamatan Lubukbasung Kabupaten Agam, dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubukbasung karena mengalami pendarahan pada rongga abdomen dan peltis.

Sedangkan sopir dan penumpang mobil rombongan Ayu Ting Ting yang mengendarai Kijang Inova BA 511 UM dan Kijang Avanza BA 1083 EN, selamat dari kecelakaan maut tersebut.

"Semua penumpang dan sopir dua rombongan Ayu Ting Ting selamat dalam kecelakaan tersebut," kata salah seorang sopir Ahmad Topan di Lubukbasung saat pemeriksaan di Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor (Polres) Agam. 

Ayu Ting Ting selamat dalam kecelakaan ini, karena dia berada di urutan kedua kendaraan pengawal polisi.

"Mobil rombongan ini berjumlah enam unit dan kecelakaan terjadi pada mobil keempat dan kelima," tambahnya.

Dia menyebutkan, kecelakaan maut ini terjadi saat mobil rombongan Ayu Ting Ting dari Kota Padang menuju Pasaman Barat sampai di Jorong Pandam, mobil Mitsubishi L 300 dari Lubukbasung menuju Tiku oleng dan menabrak mobil Kijang Inova yang dikendarai Ahmad Topan (25).

"Tidak ada korban meninggal dunia akibat tabrakan ini dan sopir Mitsubishi dirawat di RSUD Lubukbasung," tambahnya.

Direktur RSUD Lubukbasung Hendri Rusdian menambahkan, korban mengalami pendarahan pada rongga abdomen dan peltis.

"Ini merupakan operasi besar dan kita tidak memiliki Ahli anestesi dan tersedia ICU," sebutnya.

Korban akan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Kota Padang dan pihaknya telah menyiapkan keberangkatan korban menuju Kota Padang.

Informasi diperoleh ANTARA News, Ayu Ting Ting akan manghadiri acara di Lapangan Candu Kinali Kabupaten Pasaman Barat.

Selain Ayu Ting Ting di dalam mobil rombongan, juga ada Edi Brokoli, dan Derli. 

Sabtu, 21 April 2012

Ternyata Wanita Cantik Sulit Dapat Kerja


Wanita Cantik Sulit Dapat Pekerjaan. Kecantikan mungkin hanya soal penampilan luar, tapi apakah wajah rupawan Anda memusnahkan kesempatan Anda mendapatkan pekerjaan? Menurut sebuah penelitian di dua universitas di Israel, wajah cantik seorang perempuan justru bisa merugikan dirinya sendiri saat tengah mencari pekerjaan.

Para peneliti berkesimpulan bahwa perempuan cantik sering mendapatkan perlakuan berbeda alias dskriminasi. Tetapi bukan karena perusahaan berpendapat perempuan berwajah cantik berarti bodoh. 

Alasannya jauh berbeda.

Penelitian itu menyimpulkan, wanita cantik mengalami kegagalan saat wawancara kerja karena para wanita di departemen sumber daya manusia  (HRD) merasa terancam dengan kecantikan mereka.

Di Eropa dan Israel, seperti juga di banyak negara lain, adalah lumrah untuk menaruh foto wajah di resume. Karena itu, metodologi penelitian ini melibatkan pria dan wanita yang mengirim resume ke 2.656 perusahaan. Beberapa mencantumkan foto dan beberapa tidak melakukan hal tersebut. 

Sebanyak 93 persen wakil departemen SDM yang menentukan apakah seseorang bisa ikut wawancara berjenis kelamin perempuan.

Beberapa cuplikan penelitian tersebut:

Pria tampan dua kali lebih sering dipanggil wawancara ketimbang pria biasa (atau yang tidak menyertakan foto). Tetapi hal itu tidak berlaku bagi wanita cantik. Perempuan yang tak menyertakan foto justru lebih sering dipanggil wawancara ketimbang yang cantik atau berwajah biasa.

Tetapi para peneliti tidak menyebutkan alasan perbedaan ini. Mungkin saja perempuan yang tidak menyertakan foto dianggap lebih profesional.

Meski perempuan cantik lebih sulit menerima panggilan wawancara, penelitian menunjukkan, ketika sudah diterima perusahaan, mereka memiliki gaji yang lebih tinggi. Bahkan jenjang kariernya naik lebih cepat dibandingkan yang berwajah rata-rata.

Jika memang penelitian ini benar, para perempuan cantik yang sedang mencari pekerjaan tidak usah khawatir. Kecuali Anda seorang aktor atau entertainer, menaruh foto wajah di lamaran atau CV bukanlah sesuatu yang diwajibkan. 

Dan jika Anda seorang perempuan cantik dan mendapatkan kesempatan wawancara untuk pekerjaan impian Anda, mengenakan kacamata ternyata bisa membantu menampilkan kesan yang lebih baik.

Rabu, 18 April 2012

Sauna : Manfaat dan Tips Sauna Yang Baik


Sauna : Manfaat Sauna Bagi Kesehatan. Sauna yang sering tersedia di spa atau pusat kebugaran ternyata memiliki manfaat tersendiri untuk kulit. Relaksasi yang dilakukan di dalam ruangan dengan uap panas tersebut dipercaya bisa membuat kulit lebih cerah. 
Berikut adalah beberapa manfaat dari sauna :

Memicu produksi kolagen 
Menurut Dr. Lawrence Wilson, peneliti dan pengarang buku tentang manfaat sauna, produksi kolagen semakin meningkat ketika seseorang sedang bersauna. Peningkatan kolagen ini tentunya baik untuk mendorong terbuangnya kulit mati dan memicu peningkatan sel kulit baru yang sehat. 

Memperlancar aliran darah 
Ketika sedang bersauna, detak jantung bisa meningkat hingga 50 persen. Karena peningkatan itu, aliran darah yang mengalir juga meningkat sebanyak 30-50 persen. Lancarnya aliran darah ini membawa oksigen dan nutrisi yang semakin banyak kepada kulit. Hasilnya, kulit akan terlihat lebih sehat merona dan segar. 

Detoksifikasi 
Setidaknya 30 persen racun dalam tubuh bisa dikeluarkan lewat keringat pada kulit. Saat bersauna, uap yang panas memicu semakin banyak timbulnya keringat. Seiring terbukanya pori-pori dan keluarnya keringat dalam tubuh, racun yang tersimpan di bawah kulit juga ikut terlepas. Setidaknya diperlukan waktu dua menit sauna sebelum tubuh mulai memanas. Setelah tubuh mulai memanas dan mengeluarkan keringat di situlah proses detoksifikasi dimulai. 

Membantu melawan infeksi 
Menurut peneliti dari Universitas Eberhard-Karls di Jerman, keringat mengandung protein bernama dermcidin yang bisa membantu menangkal bakteri. Terpicunya keringat pada saat sauna bisa membuat protein tersebut menjadi tameng yang melindungi tubuh. Beberapa jenis bakteri, bisa ditangkal oleh protein tersebut. 

Berikut adalah Tips yang baik : 

1. Saat menggunakan sauna di tempat umum sebaiknya gunakan handuk sebagai alas duduk untuk menghindari kontaminasi kuman dari pengguna sebelumnya. 

2. Untuk ibu hamil, penderita penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan pemilik kulit dengan masalah khusus sebaiknya konsultasikan dengan ahli kesehatan sebelum menggunakan sauna. Menurut The Journal of the American Medical Association, menggunakan sauna di trimester awal kehamilan bisa meningkatkan risiko cacat pada pembuluh syaraf yang bisa membahayakan janin. 

3. Seusai sauna jangan lupa bersihkan tubuh secara menyeluruh dari sisa minyak dan keringat yang menempel. Setelah itu oleskan pelembap pada wajah dan tubuh untuk mencegah kulit kering usai terkena uap sauna. 

4. Karena sauna memicu keringat berlebih pada tubuh, pastikan Anda minum cukup air sebelum dan sesudah menggunakan sauna untuk mencegah dehindrasi. 

5. Gunakan sauna paling lama 15 menit untuk menghindari efek yang tidak diinginkan pada tubuh akibat panas uap seperti dehidrasi, lemas, pusing, mual atau kulit terlalu kering.

Selasa, 17 April 2012

Kunci Jawaban Ujian Nasional UN 2012


Download Kunci Jawaban UN 2012 70% Benar. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh berjanji menurunkan tim untuk mengecek kebenaran adanya peredaran kunci jawaban ujian nasional (UN) dengan tingkat kecocokan hingga 70% di Jombang, Jawa Timur. "Tidak hanya Jombang, saya juga menurunkan tim untuk daerah lain (Sumut, Jatim, Jateng, Sultra, Sulsel) yang juga ada dugaan itu. Saya tidak mau gegabah, karena itu perlu tim untuk verifikasi," katanya per telepon, Selasa (17/4).

Menurut mantan Rektor ITS Surabaya itu, jika tim verifikasi menemukan kebenaran kecurangan dan kebocoran UN, pihaknya akan menyiapkan UN ulang kepada siswa pada sekolah yang dicurigai.

"Kecurangan atau kebocoran UN itu sekarang mudah dilacak, nanti tim akan melacak dari belakang yakni percetakan mana, sehingga dari kode yang diketahui akan mudah diketahui darimana asal kebocoran itu," ucapnya.

Ia mengaku tidak akan gegabah menyimpulkan kasus kunci jawaban UN di Jombang hingga 70% itu sebagai kesalahan pihak tertentu, apakah percetakan, sekolah, siswa, dinas pendidikan, pengawas, dan seterusnya.

Kalau benar, kata mantan Menkominfo itu, UN setempat akan diulang, tapi kalau tidak benar, misalnya, kunci jawaban yang beredar itu belum digunakan siswa, maka hal itu perbuatan oknum tak bertanggung jawab yang mengacu pada soal UN pada tahun-tahun sebelumnya.

Dari pengalaman itu, di hari-hari pelaksanaan UN berikutnya, ia meminta pengawas UN untuk lebih aktif meneliti siswa yang menggunakan HP, memakai kertas untuk contekan, dan sebagainya.

Data Humas Kemendikbud mencatat pengaduan dari masyarakat atas isu kebocoran soal UN pada hari pertama (16/4) mencapai 27 kasus, isu kecurangan mencapai 54 kasus, dan beredarnya kunci jawaban 20 kasus. Selain itu, ada juga laporan soal tertukar sebanyak dua kasus. Total pengaduan 254 kasus.

Laporan itu antara lain beredarnya kunci jawaban lewat modus SMS di Jombang dan Jember (Jawa Timur); Temanggung dan Demak (Jawa Tengah); Kendari (Sulawesi Tenggara).

Di Jombang, kunci jawaban Bahasa Indonesia itu langsung dicek Dewan Pendidikan Kabupaten Jombang dengan menghadirkan sejumlah guru Bahasa Indonesia, dan hasilnya 75% kunci jawaban dalam SMS itu benar.

Selain itu, ada pula pelajar yang ketahuan mencontek dan guru memberitahukan jawaban soal kepada anak didiknya. Kasus itu terjadi di Watampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, dan Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara.

Sabtu, 14 April 2012

Manfaat Sarang Semut Bagi Kanker Dan Tumor


Manfaat Jitu Sarang Semut Bagi Kesehatan. Secara empiris Sarang Semut telah terbukti dapat menyembuhkan beragam penyakit ringan dan berat, seperti kanker dan tumor, asam urat, jantung koroner, wasir, TBC, migrain, rematik dan leukemia. Mengenai mekanisme kerja kandungan senyawa aktif Sarang Semut dalam mengobati berbagai penyakit tersebut memang masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

Ad

Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dan kemungkinan senyawa aktif yang berperan menaklukkan penyakit tersebut dijelaskan sebagai berikut.

Kanker dan Tumor
Jenis-jenis kanker dan tumor, baik jinak maupun ganas, yang dapat disembuhkan dengan Sarang Semut adalah kanker otak, kanker hidung, kanker payudara, kanker lever, kanker paru-paru, kanker usus, kanker rahim, kanker kulit, kanker prostat, serta kanker darah (leukemia), kecuali kanker tenggorokan dan rongga mulut.
Gambar sarang semut

Kemampuan Sarang Semut secara empiris untuk pengobatan berbagai jenis kanker/tumor tersebut diduga kuat berkaitan dengan kandungan flavonoidnya. Ada beberapa mekanisme kerja dari flavonoid dalam melawan tumor/kanker, misalnya inaktivasi karsinogen, antiproliferasi, penghambatan siklus sel, induksi apoptosis dan diferensiasi, inhibisi angiogenesis, dan pembalikan resistensi multi-obat atau kombinasi dari mekanisme-mekanisme tersebut.

Gangguan Jantung, Terutama Jantung Koroner
Hingga kini mekanismenya memang belum jelas, tetapi kemampuan Sarang Semut untuk pengobatan berbagai macam penyakit/gangguan jantung ada kaitannya dengan kandungan multi-mineral Sarang Semut, terutama kalsium dan kalium.

Stroke Ringan Maupun Berat
Pengobatan stroke kemungkinan sangat berkaitan dengan kandungan multi-mineral yang terkandung dalam Sarang Semut.

Ambeien (Wasir)
Kemampuan Sarang Semut untuk pengobatan ambeien (Wasir) berkaitan dengan kandungan flavonoid dan taninnya yang tinggi. Kedua golongan senyawa ini dalam beberapa penelitian memang sudah terbukti dapat mengobati wasir.

Benjolan-Benjolan Dalam Payudara
Yang dimaksud dengan benjolan-benjolan pada payudara adalah pembengkakan bukan tumor (non-neoplasma). Diduga kuat mekanisme penyembuhannya serupa dengan kasus tumor dan kanker, yaitu dengan mengandalkan kemampuan kandungan flavonoid yang terkandung dalam Sarang Semut.

Gangguan Fungsi Ginjal dan Prostat
Mekanisme pengobatan gangguan fungsi ginjal dan prostat kemungkinan ada kaitannya dengan kandungan antioksidan (flavonoid dan tokoferol) serta multi-mineral yang ada dalam Sarang Semut.

Haid dan Keputihan
Proses pengobatan untuk keputihan dan melancarkan haid ada kaitannya dengan kandungan flavonoid, tanin, dan multi-mineralnya, terutama kalsium dan seng.

Melancarkan Peredaran Darah
Kandungan antioksidan yang tinggi (tokoferol dan flavonoid) dan multi-mineral yang terkandung dalam Sarang Semut memiliki peranan penting dalam melancarkan peredaran darah.

Migrain (Sakit Kepala Sebelah)
Untuk pengobatan migrain berkaitan dengan fungsi kandungan flavonoid dan multi-mineral dalam Sarang Semut, khususnya kalsium, natrium, dan magnesium.

Penyakit Paru-Paru (TBC)
Pengobatan TBC terkait dengan peranan flavonoid yang terkandung dalam Sarang Semut yang berfungsi sebagai antivirus.

Rematik (Encok)
Ini terkait dengan kemampuan flavonoid sebagai inhibitor enzim xanthine oxidase dan antioksidan serta tokoferol sebagai antioksidan dan multi-mineral yang terkandung dalam Sarang Semut.

Gangguan Alergi Hidung, Mimisan, Bersin-Bersin
Senyawa-senyawa yang bertanggung jawab terhadap gangguan ini adalah antioksidan (tokoferol dan flavonoid) dan tanin.

Sakit Maag (Lambung)
Seperti halnya TBC, yang berperan dalam pengobatan maag adalah flavonoid yang terkandung dalam Sarang Semut sebagai antibakteri.

Manfaat Tambahan Sarang Semut

Selain telah terbukti secara empiris dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti tersebut di atas, Sarang Semut juga dapat digunakan untuk untuk melancarkan dan meningkatkan ASI, memulihkan gairah seksual, dan memulihkan serta menjaga stamina.

Melancarkan dan Meningkatkan ASI
Kandungan multi-mineral dari tumbuhan Sarang Semut diduga memiliki peranan yang penting dalam melancarkan dan meningkatkan produksi ASI, mempercepat proses pemulihan kesehatan ibu setelah melahirkan, dan memulihkan bagian kewanitaan (sari rapet).

Memulihkan Gairah Seksual
Kandungan antioksidan yang tinggi (tokoferol dan flavonoid) dan multi-mineral dari tumbuhan Sarang Semut diduga memiliki peranan yang penting dalam meningkatkan gairah seksual ini.

Memulihkan Stamina Tubuh
Kandungan antioksidan yang tinggi (tokoferol dan flavonoid) dan multi-mineral dalam tumbuhan Sarang Semut diduga memiliki peranan yang penting dalam memulihkan kesegaran dan stamina tubuh.

Anda tertarik untuk mengkonsumsi sarang semut saat sudah ada produk yang memudahkan anda untuk mengkonsumsinya karena sudah diolah menjadi bentuk kapsul. Informasi lebih lengkap klik gambar dibawah ini.

Ad

Kontrak Rahasia Demokrat-Hanura-Gerindra


Kontrak Rahasia Politik Demokrat-Hanura-Gerindra. Jagad politik Indonesia dihebohkan bocoran kontrak (politik)  rahasia  antar partai yang selama ini dipahami publik ‘bermusuhan’. Kontrak rahasia itu mengikat partai Demokrat, Gerindra dan Hanura.Salah satu isu  paling krusial  yang berdar, bahwa ketiga partai  ini akan  mem­bela SBY habis-habisan. Wakil Ketua Fraksi Partai Demokrat, Sutan Bathoegana membenarkan adanya tawaran koalisi di parlemen untuk Partai Hanura dan Gerindra. “Itu kan biasa saja. Berjuang itu take and give. Saya dapat apa, anda dapat apa,” ujar Sutan Bathoe­gana seperti   dikutip vivanews, Jumat (13/4). Namun Sutan mengaku belum mengetahui bagaimana sikap resmi dari kedua fraksi yang diajak berkoalisi itu. Karena, kata dia, yang menga­jukan kontrak itu adalah anggota Dewan Pembina De­mok­rat sekaligus Sekretaris Sekretariat Gabungan, Syarief Hasan


Hubungan koalisi yang digalang Demokrat di par­lemen, terutama dengan Frak­si Partai Keadilan Sejahtera, saat ini memang sedang memanas. Demokrat kecewa dengan sikap PKS yang meno­lak rencana kenaikan harga bahan bakar minyak pada paripurna pemba­hasan AP­BN­-P 2012 akhir Maret yang lalu.

Sejak itu, hubungan mere­ka terlihat renggang. Demokrat mendesak PKS keluar koalisi Sekretariat Gabungan. Dalam berbagai rapat koalisi, PKS sudah ditinggalkan.

Namun, saat ditanya apa­kah tawaran koalisi kepada Hanura dan Gerindra itu terkait renggangnya hubungan dengan PKS itu, Sutan menja­wabnya dengan diplomatis. “Tawaran itu dilakukan untuk kepentingan bersama. Kalau saling menguntungkan, menga­pa tidak,” katanya.

Sementara itu, anggota Fraksi Hanura, Syarifuddin Sudding membenarkan bahwa  tawaran itu diajukan Demok­rat saat rapat konsolidasi mem­bahas RUU Pemilu di lantai sembilan Gedung DPR, Rabu lalu. “Ketika itu, m­emang ada Pak Syarief Hasan. Dia yang menyodorkan,” kata­nya.

Menurut Sudding, perjan­jian itu memuat tiga poin. Intinya untukmendukung pe­me­­rin­tahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono sampai 2014.

Rugikan Prabowo

Tarkait takluknya Gerin­dra  itu,  analis politik dari Charta Politica, Arya Fernan­des   menilai,  keputusan Partai Gerindra merapat ke Partai Demokrat adalah kepu­tusan yang salah. Sikap ini bisa menghancurkan skenario besar Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto di 2014. “Tak meng­untungkan bagi Gerindra untuk masuk koalisi. Karena akan rusak skenario atau strategi Prabowo dalam Pil­pres,” ujar Analis Politik dari Charta Politica Arya Fer­nandes seperyi diku­tip ini­lah.com.

Dia mengatakan, kesepa­kan antara Partai Demokrat, Gerindra dan Hanura yang dibuat adalah sebuah strategi dari Partai Demokrat untuk menunjukan kepada publik dan partai-partai jika telah berhasil merangkul dua partai oposisi di paelemen. “Itu hanya strategi saja, seolah-olah Partai Demokrat sudah berhasil gandeng Gerindra dan Hanura. Itu pertaruhan bagi Gerindra dan Hanura. Saya kurang yakin Wiranto dan Prabowo meres­tui­nya,” jelas­nya.

Dalam posisi ini, lanjut Arya, Partai Gerindra harus tegas menentukan sikapnya. Sebab dengan posisi men­dukung SBY namun berada di luar koalisi justru akan meru­gikan Gerindra sendiri. “Itu posisi abu-abu, lebih baik Gerindra jelaskan sikap. Gerindra tidak dapat insentif bila berada di dalam. Lebih baik berada di luar. Karena kalau di dalam akan rusak skenario dan brand Prabowo dalam 2014,” tutupnya.

Kamis, 12 April 2012

Cherry Belle Bubar, Benarkah?


Cherry Belle Bubar. Ternyata group Cherry Belle yang tengah berada di puncak karir saat ini mengalami rumor akan bubar karena ada personelnya yang keluar. Girlband beranggotakan 9 orang inipun membantah kabar tersebut. Namun bagaimanapun juga isu tentang hengkangnya dua personel Cherry Belle sudah terlanjur santer terdengar.

Kamis (12/4) sore, Cherry Belle menggelar jumpa pers bertajuk ‘Ada Apa Dengan Cherry Belle?‘ yang dtayangkan di SCTV. Dalam acara tersebut, Dino selaku produser Cherry Belle resmi mengumumkan bahwa Wenda dan Devi keluar dari girlband tersebut.

“Kami memutuskan untuk me-replace Devi dan Wenda,” kata Dino.

Belum jelas apa penyebab kedua personel tersebut harus keluar, namun Dino mengutarakan bahwa penyebabnya adalah masalah usia Wenda dan Devi yang sudah tidak cocok lagi dengan Cherry Belle yang rata-rata perseonelnya berusia 18-21 tahun. Wenda sendiri sudah berusia 22 tahun dan Devi 24 tahun.

“Ya, mereka (Wenda dan Devi) sudah beranjak dewasa,” kata Dino.

Cherry Belle pun tampak sangat sedih setelah kehilangan 2 partner mereka. Cherly bahkan mengaku bahwa saat ini mereka tengah berkabung.

“Kehadiran Cherry Belle kali ini bisa dibilang dalam suasana berkabung,” ujar Cherly.

Perombakan inipun memunculkan rumor baru bahwa girlband ini sepertinya akan segera bubar. Namun manajemen Cherry Belle tampaknya tetap ingin mempertahankan girlband ini, mereka bahkan mencari personel baru dengan mengadakan audisi bertajuk ‘Cherry Belle Cari ChiBi‘ yang dikemas sebagai reality show.

Tak bisa dipungkiri, banyak fans merasa kecewa dengan hilangnya 2 personel Cherry Belle. Alasan usia yang dilontarkan Dino pun tampaknya sulit diterima oleh sebagian besar penggemar. Bahkan mungkin kali ini banyak yang bertanya, bila semua personel beranjak dewasa, apakah mereka kembali mengalami perombakan atau memilih bubar?

Tag : Ada Apa Dengan Chery BelleBerita Chery BelleChery BelleChery Belle BubarChery Belle Cari ChibiFoto Chery BelleGirlband Chery BellePersonel Chery Belle Yang KeluarWenda Dan Devi Keluar Chery Belle

Makam Keluarkan Darah dan Bau Amis

Foto dan Video Makam Keluar Darah dan Bau Amis. Beberapa hari terakhir, warga yang bermukim di Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, dihebohkan dengan isu keberadaan sebidang makam yang dapat mengeluarkan darah dan bau amis yang berasal dari makam yang ditempati ibu dan anak. Sang anak bernama Faisal yang meninggal terlebih dahulu pada tahun 2004. Sedangkan sang ibu bernama Rohani yang meninggal Februari 2012 lalu. Kedua jenazah itu menempati satu lubang yang sama menempati makam berukuran 1.0,5 meter di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Malaka IV Rorotan.  
Foto makam yang mengeluarkan darah dan bau amis

Isu yang berkembang, dari dalam tanah makam yang ditempati ibu dan anak itu kerap menimbulkan darah dan bau amis yang menyengat di sekitar lokasi TPU, terutama saat hujan berlangsung.

Petugas TPU Malaka I dan IV, Ali (36) mengatakan, setelah tiga pekan disemayamkan jasad Rohani memang banyak peziarah yang mendatangi TPU tersebut. Para peziarah mengaku menyaksikan keluarnya darah dan mencium aroma bau amis menyengat dari dalam tanah makam Rohani, terutama saat turun hujan. Namun, Ali mengaku, selama 12 tahun dirinya menjadi petugas TPU tidak pernah melihat fenomena darah yang keluar dari makam. "Kalau aroma tak sedap, fenomena ini sudah biasa terjadi. Karena setiap jasad yang telah dikuburkan sebelum 40 hari pasti akan mengeluarkan minyak dari tubuhnya dan itu memang berbau amis. Apalagi, jasad orang yang bertubuh gemuk seperti almarhumah Rohani," kata Ali, saat ditemui di TPU Malaka IV Rorotan, Jakarta Utara, Kamis (12/4).

Sementara itu, Penjaga TPU lainnya, Otong (34) menambahkan, semasa hidupnya, almarhumah Rohani memang suka meminjamkan uang kepada orang lain, dan kemudian uang tersebut dibungakan. "Almarhumah pernah tinggal di kawasan Rorotan tepatnya di kompleks Garden City," ujarnya.

Lurah Rorotan, Tambah Suhadi menuturkan, dirinya belum mengetahui mengenai fenomena makam yang mengeluarkan darah tersebut. Namun, sebaiknya masyarakat jangan mudah percaya dengan isu-isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan tersebut. "Harus ada kajian yang lebih jika berbicara makam yang bisa mengeluarkan darah tersebut, sehingga nantinya tidak menimbulkan keresahan kepada warga," katanya.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Niam Sholeh mengungkapkan, fenomena makam keluar darah dan tercium bau amis di Rorotan Cilincing itu hanya Allah saja yang tahu maksudnya. Sebab, bila memang fakta tersebut benar adanya, itu merupakan tanda kebesaran Allah SWT. "Itu merupakan pelajaran bagi manusia untuk memperbaiki hidupnya antar sesama manusia dan juga kepada Allah SWT," ungkap Asrorun.

Menurutnya, terlepas benar atau tidaknya fenomena tersebut, dirinya menegaskan hal itu diperlukan kajian lebih dalam lagi. Bahkan di sejumlah daerah pun pernah ada cerita jika terdapat sejumlah makam yang wangi. "Allah mengingatkan manusia mempersiapkan kematiannya dengan baik, dan bukan hanya mempersiapkan kepentingan duniawi saja," tandasnya.

Rabu, 11 April 2012

Video Kepanikan Warga Gempa Aceh 2012


Video Kepanikan Warga Saat Gempa Di Aceh 2012. Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) baru saja memberitahukan bahwa gempa mengguncang Aceh pada Rabu (11/4/2012) pukul 15.38 WIB dan berpotensi tsunami. Eko Yulianto, pakar geoteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), mengatakan bahwa berdasarkan pantauan terakhir magnitud gempa adalah 8,7. 

Pusat gempa ada pada di 2.31 Lintang Utara (LU), 92,67 Bujur Timur (BT) atau sekitar 146 Barat Daya Simeulue Aceh dengan kedalaman 10 sekitar kilometer.

Berikut adalah video amatir saat gempa melanda aceh

"Pusat gempa berjarak sekitar 500 km dari Sumatera. Lokasinya di luar zona pertemuan lempeng atau subduksi," kata Eko saat dihubungi Kompas.com, Rabu hari ini. 

Sementara, pakar kegempaan dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Irwan Meilano, menuturkan bahwa pusat gempa berada di sisi barat zona subduksi, artinya menjauhi lokasi daratan Sumatera.

Dengan jarak episentrum 500 km, kalau memang terjadi tsunami, maka tsunami akan tiba dalam waktu kurang dari 1 jam. Selang waktu dari gempa hingga terbitnya berita ini sudah lebih dari 1 jam. Hingga kini, kondisi di Aceh belum diketahui. 

Eko menghimbau masyarakat Aceh untuk tetap waspada dan segera melakukan evakuasi dengan pergi ke tempat yang lebih tinggi. Belum diketahui besarnya tsunami yang mungkin terjadi.

Senin, 09 April 2012

Tanda Hamil Anak Laki - Laki


Tanda - Tanda Hamil (  Mengandung ) Anak Laki - Laki. Menebak jenis kelamin jabang bayi dalam kandungan merupakan hal yang mendebarkan bagi calon ibu. Dilansir melalui Boldsky, Kamis (5/4), berikut ini beberapa kondisi tubuh ibu yang bisa menjadi penunjuk jenis kelamin bayi tanpa harus repot-repot melakukan pemeriksaan USG. Anda boleh percaya, boleh tidak.

Mual dan morning sickness
Banyak orang bilang jika Anda sedang mengandung bayi perempuan, maka rasa mual jarang dirasakan. Namun, jika Anda sedang mengandung bayi laki-laki, maka Anda bisa muntah hingga berember-ember. Morning sickness lebih sering dirasakan pada trimester pertama dan kebanyakan bumil lebih cuek pada penampilan mereka.

Bentuk perut condong ke arah bawah
Tonjolan bayi Anda sudah mulai terlihat saat Anda hamil bayi laki-laki. Bentuk perut ini terlihat berbeda pada wanita yang mengandung bayi perempuan, yaitu perut membulat. Beberapa orang juga mengatakan bahwa wanita yang hamil bayi laki-laki, jika dilihat dari belakang malah terlihat seperti tidak sedang hamil.

Berat badan tidak naik
Kenaikan berat badan merupakan hal biasa saat hamil. Saat Anda mengandung janin bayi laki-laki, maka berat badan Anda tidak akan mengalami kenaikan terlalu banyak. Proporsi kenaikan ini berasal dari janin.

Muka sayu
Meskipun Anda merasa dengan mudah dapat membentuk kembali bentuk tubuh setelah persalinan, namun selama masa kehamilan Anda tidak akan berpenampilan 'wah'. Hal itu berbeda dengan penampilan bumil bayi perempuan yang selalu terlihat tampil cantik dan cerah, bumil bayi laki-laki lebih cenderung tampil pucat dan selalu berpenampilan serba cuek serta malas dandan.

Ngidam yang asam-asam
Menginginkan makanan sesuatu merupakan hal normal selama masa kehamilan. Hal ini menjadi cara alami bagi tubuh untuk 'menagih' asupan nutrisi tertentu yang dirasa tubuh membutuhkan asupan tersebut. Janin bayi laki-laki lebih membutuhkan nutrisi dari makanan yang asam-asam.

Sumber : ghiboo.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...