Sabtu, 21 April 2012

Ternyata Wanita Cantik Sulit Dapat Kerja


Wanita Cantik Sulit Dapat Pekerjaan. Kecantikan mungkin hanya soal penampilan luar, tapi apakah wajah rupawan Anda memusnahkan kesempatan Anda mendapatkan pekerjaan? Menurut sebuah penelitian di dua universitas di Israel, wajah cantik seorang perempuan justru bisa merugikan dirinya sendiri saat tengah mencari pekerjaan.

Para peneliti berkesimpulan bahwa perempuan cantik sering mendapatkan perlakuan berbeda alias dskriminasi. Tetapi bukan karena perusahaan berpendapat perempuan berwajah cantik berarti bodoh. 

Alasannya jauh berbeda.

Penelitian itu menyimpulkan, wanita cantik mengalami kegagalan saat wawancara kerja karena para wanita di departemen sumber daya manusia  (HRD) merasa terancam dengan kecantikan mereka.

Di Eropa dan Israel, seperti juga di banyak negara lain, adalah lumrah untuk menaruh foto wajah di resume. Karena itu, metodologi penelitian ini melibatkan pria dan wanita yang mengirim resume ke 2.656 perusahaan. Beberapa mencantumkan foto dan beberapa tidak melakukan hal tersebut. 

Sebanyak 93 persen wakil departemen SDM yang menentukan apakah seseorang bisa ikut wawancara berjenis kelamin perempuan.

Beberapa cuplikan penelitian tersebut:

Pria tampan dua kali lebih sering dipanggil wawancara ketimbang pria biasa (atau yang tidak menyertakan foto). Tetapi hal itu tidak berlaku bagi wanita cantik. Perempuan yang tak menyertakan foto justru lebih sering dipanggil wawancara ketimbang yang cantik atau berwajah biasa.

Tetapi para peneliti tidak menyebutkan alasan perbedaan ini. Mungkin saja perempuan yang tidak menyertakan foto dianggap lebih profesional.

Meski perempuan cantik lebih sulit menerima panggilan wawancara, penelitian menunjukkan, ketika sudah diterima perusahaan, mereka memiliki gaji yang lebih tinggi. Bahkan jenjang kariernya naik lebih cepat dibandingkan yang berwajah rata-rata.

Jika memang penelitian ini benar, para perempuan cantik yang sedang mencari pekerjaan tidak usah khawatir. Kecuali Anda seorang aktor atau entertainer, menaruh foto wajah di lamaran atau CV bukanlah sesuatu yang diwajibkan. 

Dan jika Anda seorang perempuan cantik dan mendapatkan kesempatan wawancara untuk pekerjaan impian Anda, mengenakan kacamata ternyata bisa membantu menampilkan kesan yang lebih baik.
Anda sedang membaca artikel berjudul Ternyata Wanita Cantik Sulit Dapat Kerja dengan url http://konsultasisawit.blogspot.com/2012/04/ternyata-wanita-cantik-sulit-dapat.html , Jika suka dengan artikel Ternyata Wanita Cantik Sulit Dapat Kerja dengan url http://konsultasisawit.blogspot.com/2012/04/ternyata-wanita-cantik-sulit-dapat.html silahkan di copy dan jangan lupa menuliskan sumbernya. Anda dapat berlangganan update dari blog ini dengan mengisi email di bawah ini

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Silahkan Follow Kami di twitter
Jika ingin melihat artikel lainnya anda dapat mengklik link populer dibawah ini atau sitemap diatas.Terima kasih atas kunjungan anda di http://konsultasisawit.blogspot.com

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...