Jumat, 30 Agustus 2013

Cara Install Ulang Blackberry Curve 9300

Cara Install Ulang Blackberry Curve 9300. Beberapa waktu yang lalu sebuah smartphone milik admin Konsultasisawit.blogspot.com  yaitu blackberry curve 9300 mengalami kerusakan yaitu sering restart. Merasa ada yang janggal admin kemudian  menayakan kepada bebrapa teman penyebab hal tersebut menurut informasi dari teman hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal misalnya memory yang penuh, Aplikasi yang terlalu banyak dan adanya kerusakan pada sistem OS blackberry tersebut.  Teman kemudian menyarankan untuk mencabut battery blackberry dan melakukan wipe untuk membersihkan memory dari sampah.

Setelah dilakukan membuka battery dan menghidupkan kembali dan melakukan pembersihan (wipe) lewat perangkat bb ternyata hasilnya masih belum memuaskan sebab setelah beberapa menit blackberry tersebut kembali restart.

Setelah mengadakan diskusi dengan teman yang lain ada yang menyampaikan bahwa hal tersebut di sebabkankerusakan pada OS blackberry tersebut maka timbul pertanyaan bagaimana cara untuk menginstall ulang bb tersebut?. Menurut pengalaman teman tersebut  ternyata katanya sangat mudah dan dapat dilakukan dengan menggunakan perlatan yang sangat sederhana seperti PC atau Laptop bahkan notebook asalkan  software untuk keperluan tersebut sudah tersedia.

Untuk memperkuat informasi tersebut maka admin mencoba untuk mencari informasi tambahan di internet ternyata informasinya juga sama dengan hasilo disukusi dengan teman sebelumnya oleh karena itu tanpa piker panjang maka beberapa software pendukung segera di didowload.

Berikut adalah cara yang digunakan admin Konsultasisawit untuk menginstal ulang bb curve 9300 tersebut.

Siapkan beberapa buah peralatan yang dibutuhkan :
1.   Komputer PC /Laptop/Netbook
2.   Kabel Data
3.   Modem
4.   Secangkir Kopi Luwak (Untuk menunggu download agar tidak bosan. Heheheheheh…)
Setelah semua perlengkapan di atas lengkap maka saatnya untuk action untuk install ulang blackberry curve 9300.
1   1. Pasang Komputer PC /Laptop/Netbook dan colokkan modem anda dan segera koneksikan ke internet. Silahkan untuk mendownload beberapa software beberapa buah software yang dibutuhkan seperti :
·         BlackBerry Desktop Manager
·         Base OS BlackBerry OS 6
·         BBSAK (BlackBerry Swiss Army Knife)
Setelah semua software didownload maka silahkan untuk menginstall semua software tersebut. Setelah menginstal semua aplikasi silahkan untuk menghapus vendor.xml yang terdapat pada di C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\Shared\Loader Files\ Hal ini untuk menghidari error saat instalasi OS blackberry nantinya.
2.      Restart computer anda untuk memastikan bahwa semua software terinstal dengan sempurna.
3.      Setelah computer hidup dan berjalan normal kembali silahkan untuk membuka aplikasi yang pertama yaitu BBSAK, maka akan muncul tampilan seperti berikut ini
4.      Setelah blackberry terdeteksi maka silahkan tekan tombol wipe device. Selanjutnya akan muncul peringatan untuk memastikan anda ingin melakukan wipe device karena semua data di bb akan hilangkan. Pada pilihan ini silahkan tekan tombol yes. Jika sudah selesai maka akan muncu pemberitahuan bahwa proses wipe device sudah berhasil.
5.      Pada saat yang bersamaan maka di blackberry akan melakukan restart dan selanjutnya akan muncul pesan di layar error 507 for more information visite blackberry.com. Anda tidah perlu khawatir karena ini berarti blackberry curve 9300 anda saat ini sudah tidak memiliki OS lagi jadi sudah bisa di lakukan untuk proses tahap berikutnya.
6.      Tahap berikutnya silahkan untuk membuka software app loader yang terdapat di folder C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\AppLoader\ Dan anda akan melihat tampilan sebagai berikut ini :
7.      Setelah itu silahkan untuk mengklik tombol next dan blackberry anda akan terbaca no pinnya seperti gambar di bawah ini :
Jika blackberry anda tidak terdeteksi silahkan untuk merestart computer/laptop atau notebook anda.
8.      Selanjutnya silahkan tekan tombol next. Maka akan mulai proses “Retrieving Device Configuration” pada proses ini anda dipersilahkan menunggu sambil minum kopi luwak yang sudah di siapkan tadi. Setelah selesai silahkan untuk menekan kembali tombol next.

9.      Selanjutnya akan muncul pilihan untuk memilih tambahan aplikasi yang ikut di instalkan kedalam blackberry anda seperti bahasa, facebook, twitter, google chat, games dan aplikasi lainnya seperti note, document to go dll. Setelah anda merasa pilihan sudah lengkap maka silahkan untuk menekan tombol next.
10.  Selanjutnya akan muncul halaman konfirmasi jika anda sudah merasa tepat klik kembali tombol next.
11.  Proses instalasi software akan berjalan dalam beberapa menit jadi silahkan untuk menambah kembali kopi luwak anda. Lama waktu instalasi tergantung dari kapasitas PC dan aplikasi yang anda pilih untuk di install.
12.  Jika sudah mucul halaman seperti dibawah ini berarti proses sudah selesai maka saatnya anda untuk menekan tombol selesai dan menunggu beberapa saat maka blackberry akan akan melakukan proses restart dan hal ini sangat mendebarkan admin. 
Karena takut proses ini gagal dan ternyata blackberry tersebut berhasil restart dan terinstal dengan baik.


Demikianlah proses rangkaian untuk instalasi Operation System (OS) Blackberry Curve 9300 yang dilakukan oleh admin konsultasisawit dan ini dituliskan berdasarkan pengalaman yang dilakukan langsung oleh admin blog ini. Selamat untuk mencoba semoga anda juga berhasil untuk menginstal ulang blackberry anda.

Jumat, 23 Agustus 2013

Cara Pembuatan Kompos Janjangan Kosong dan Solid

Cara Pembuatan Kompos Janjangan Kosong dan Solid. Seiring dengan kemunculan pabrik – pabrik kelapa sawit juga terjadi limbah dalam jumlah yang lumayan besar dimana limbah dari PKS pada garis besarnya berupa limbah padat dan limbah cair. Limbah padat berupa janjangan kosong dan solid sedangkan limbah cair berupa cairan yang biasanya di lakukan pengolahan sebelum di aplikasikan ke lapangan. Semua limbah yang di hasilkan kelapa sawit ternyata sangat berguna sebagai pengganti pupuk anorganik karena masih emngandung unsur hara yang di butuhkan oleh tanaman kelapa sawit dan tanaman lainnya.

Limbah padat yang dihasilkan oleh pabrik kelapa sawit adalah Tandan Kosong (Tankos) atau janjangan kosong dan solid. Janjangan kosong yang dihasilkan sebesar 20 - 23% dari tandan buah segar yang di olah oleh pabrik sedangkan solid sebanyak 5 - 10%. Jadi jika pabrik mengolah 1000 ton tandan buah segar maka akan dihasilkan 200 - 230 ton janjangan kosong dan 50 - 100 ton solid.

Pemanfaatan limbah padat dari PKS selama ini beragam, antara lain :
- Tandan Kosong dibakar di tungku Pembakaran / Incinerator tetapi sekarang tidak populer lagi karena menimbulkan polusi udara.
- Tandan Kosong untuk Mulching (serasah) ke tanaman sawit tetapi dalam pelaksanaanya dilapangan ternyata tidak berjalan dengan baik, dimana janjang kosong hanya pindah tempat dari pabrik ke tepi jalan dan apabila terbakar tidak dapat dipadamkan dan menimbulkan permasalahan baru berupa asap.
- Tandan Kosong dicincang, dipres dan dijadikan bahan bakar ketel tetapi kebutuhan bahan bakar Ketel Uap di pabrik sawit sudah mencukupi menggunakan serabut / fibre dan cangkang sehingga tidak perlu adanya tambahan Tan Kos terkecuali untuk PKS terpadu dengan industri lain misalnya pabrik minyak makan dan lain-lain yang memerlukan tambahan tenaga listrik.

Limbah Cair PKS (berasal dari Kondensat Rebusan dan Limbah Cair dari Stasiun pengutipan Minyak)
Pengendalian limbah cair yang dilakukan di PKS antara lain sebagai berikut :
- Limbah Cair diperam dalam kolam – kolam pemeraman Anaerobic (pemeraman tanpa adanya peranan O2) sampai kadar ambang batas BOD (Biological Oxigen Demand) menurun untuk selanjutnya dilepas ke alam bebas tetapi masih mengundang permasalahan dengan penduduk yang ada disekitar pabrik karena bau yang tidak sedap oleh timbulnya gas Methan (CH4) dan H2S atau ada kalanya kolam bocor.
- Limbah Cair untuk pemupukan tanaman sawit (Land Application), dimana limbah cair diperam sampai ambang batas BOD menurun pada kadar tertentu (5000 – 3000) kemudian dipompa ke tanaman sawit. Berarti diperlukan jaringan pipa tetapi di musim hujan limbahnya melimpah kemana-mana.
Pengendalian limbah padat dan cair yang menarik ialah untuk pembuatan kompos organik dengan bahan baku janjang kosong yang dicincang dan dicampur dengan limbah cair.
Jumlah limbah cair menurut pengamatan Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS Medan / RISPA) jumlahnya berkisar 0,7 x TBS yang diolah. Limbah padat PKS berupa janjangan kosong dengan jumlah berkisar 23 – 25% dari Tandan Buah Segar.
Akhir-akhir ini telah berkembang peralatan - peralatan baru yang bertujuan untuk mengurangi sebanyak mungkin hasil limbah cair PKS dan mengarahkan sebagian besar limbahnya menjadi kompos dalam skala besar dengan nilai komersil yang menarik, peralatan tersebut sebagai berikut :
- Mesin pencacah Janjangan Kosong (Empty Buch Crushing Machine)
- Mesin pembalik (Turning Machine)
- Mesin / peralatan pemisah minyak yang mampu beroperasi dengan tanpa penambahan air pengencer sehingga limbah cair menjadi sangat berkurang menghasilkan minyak sawit dan bubur limbah (slurry).


Teknologi pembuatan Kompos Organik sebenarnya sudah dikenal sejak dahulu kala tetapi dalam skala kecil. Dalam skala besar dimana Tan Kos ditumpuk dan dibiarkan sampai membusuk tidak akan menjadi kompos organik yang bermutu karena nilai C/N masih tinggi. Pengomposan adalah penurunan rasio atau perbandingan antara karbohidrat dan nitrogen dengan singkatan nilai C/N. Bahan organik yang berasal dari tanaman atau hewan / kotoran hewan yang masih segar mempunyai nilai C/N yang tinggi antara 50 – 400 (kayu yang tua).
Bahan oprganik dapat diserap tanah adalah mempunyai C/N yang sama dengan tanah ialah sekitar 10 – 12 oleh karena itu limbah sawit (cair dan padat) yang mempunyai nilai C/N tinggi harus diturunkan.
Dalam proses pengomposan terjadi perubahan sebagai berikut :
a. Karbohidrat, Selosa, Hemiselulosa, lemak, lilin menjadi CO2 dan air.
b. Zat putih telur menjadi Amonia, CO2 dan air.

Proses pengomposan yang akan diterapkan ialah proses Aerobic dalam keadaan adanya O2 bukan proses Anaerobic dalam keadaan tanpa O2 seperti halnya dikolam limbah yang banyak diterapkan di PKS.
Dalam pembuatan kompos organik proses Aerobic akan menghasilkan CO2, air dan panas, maka yang perlu dijaga ialah kelembaban sekitar 40 – 60% agar micro organisme dapat bekerja secara optimal dengan suhu optimal 30 – 50°C (hangat), oleh karena itu tumpukan kompos perlu dibalik (1 sampai 5 kali seminggu).

Dalam proses pengomposan bekerja bakteri, fungi, actinomycetes dan protozoa dan dapat dipercepat dengan aktivator antara lain EM4, Orga Dec, Stardec, Fix Up Plus, Harmony dan Mikrorganisme. Mikroorganisme akan lebih aktif apabila PH berada antara 6,5 – 7,5 oleh karena itu dalam proses pengomposan sering ditambahkan kapur atau abu maka perlu tumpukan kompos dibalik.

Kompos adalah bahan organik yang mengalami degradasi / penguraian sehingga berubah bentuk secara biologi dalam suhu tinggi dan setelah selesai terjadilah nilai C/N yang sama dengan tanah 10 – 12, sehingga dapat diserap oleh tanaman.

Cara pembuatan kompos dari janjangan kosong dan solid.

Bahan kompos organik berupa cacahan Tan Kos ditambah limbah cair dari PKS.
PKS kapasitas 30 T. TBS/Jam akan menghasilkan tandan kosong sebanyak 23% x 30 T. TBS/Jam x 20 Jam operasi sehari = 23% x 30 x 20 = 138 Ton Janjangan Kosong.

Slurry / bubur Limbah dari minyak mentah Non Deluted Decanter menghasilkan Raw Oil dan bubur limbah / slurry bukan solid sebanyak 6,9 T/Jam x 20 Jam sehari = 6,9 x 20 = 138 Ton slurry / hari dan slurry tersebut yang akan dicampur kecacahan Tandan Kosong untuk diperam menjadi Kompos Organik.

Jumlah bahan kompos = 138 T + 138 T = 276 Ton / Hari.

Proses pencacahan dan pencampuran limbah cair.
Cacahan Janjangan Kosong yang keluar dari Mesin Pencacah disalurkan ke saluran (Conveyor) dimana slurry yang keluar dari Decanter jatuh ke saluran / Conveyor yang sama sehingga teraduk bercampur menjadi satu secara merata. Campuran cacahan Janjangan Kosong dan slurry yang terkumpul di lantai beton selanjutnya disekop dengan Loader dimuat ke Dump Truck diangkut ke lapangan pemeraman kompos.

Proses Pemeraman.
Campuran Cacahan Janjangan Kosong dan Bubur Limbah (Slurry) digelar dilapangan terbuka dalam barisan berukuran 2,5 tinggi 1,5m panjang 50 m. barisan kompos ditutup dengan plastik oleh mesin Pembalik (Turning Machine) yang dilengkapi dengan rol penggulung plastik.

Pengadukan Kompos dan Pematangan Kompos.
Apabila suhu kompos naik sampai lewat 60°C maka diaduk oleh mesin pembalik sambil disemprot dengan limbah Condensat Rebusan. Kegiatan membuka plastik, mengaduk, menyemprot, menutup kembali dengan plastik dilakukan 1 – 2 kali seminggu. Kompos akan matang setelah diproses selama 50 hari tanpa tambahan additive (Aktivator untuk mempercepat pembusukan yang banyak beredar dipasaran yaitu : Stardex, EM4 dan lain - lain).

Penggudangan dan Pengepakan Kompos.
Kompos yang sudah masak di muat ke Dump Truck oleh Loader dan digudangkan dalam bangunan berlantai beton, beratap seng, dinding setengah terbuka berukuran lebar 8 m panjang 80 m.
Di dalam gudang tersebut dilakukan pengayakkan dengan saringan pasir dan digonikan untuk selanjutnya dipasarkan.

Luas Lapangan Pemeraman.
Lapangan pemeraman kompos akan memerlukan luas 3 – 4 Ha. Berisi 115 jalur kompos ukuran lebar 2,5 tinggi 1,5 m panjang 80 m. Apabila disekitar pabrik tidak ada lapangan kosong, maka pemeraman dapat dilakukan dibawah pohon sawit dewasa tanpa penumbangan. Penimbunan kompos tersebut ditempatkan pada gawangan mati. Satu hektar (Ha) tanaman sawit dewasa dapat diisi 9 jalur kompos di gawangan mati. Luas tanaman sawit dewasa untuk ditempati jalur kompos dengan siklus pemeraman 50 Hari = 22 - 25 Ha.

Urutan Kegiatan dilapangan sebagai berikut :
1. Kegiatan Minggu Pertama (Ke – 1)
Hasil bahan kompos dari cincangan janjangan kosong + slurry diletakkan pada areal pengomposan yang terbagi dalam beberapa Blok A s/d S dan setiap blok mempunyai jalur bervariasi dan rata-rata ada 5 Jalur.
Setelah salah satu jalur sudah terisi oleh bahan kompos, maka dilaksanakan penutupan dengan plastik (mulai pemeraman) dan sebelum ditutup plastik bahan kompos terlebih dahulu disiram dengan air limbah kondensat rebusan untuk mempertahankan bahan kompos tetap basah selama masa pemeraman dan suhu bahan kompos lebih terjaga dalam keadaan stabil ialah 40 – 50°C, (pencatatan suhu bahan kompos tetap dilakukan).

2. Kegiatan Miggu Ke 2 s/d Minggu ke 6.
Minggu ke 2 (mulai hari ke 7) bahan kompos yang sudah diperam selama 6 hari dan suhu naik sampai 60°C maka dilaksanakan pembalikan dan penyiraman dengan air limbah kondensat rebusan dan ditutup kembali (pencatatan tetap dilakukan).
Kegiatan yang sama seperti tersebut diatas dilakukan berdasarkan pencatatan suhu bahan kompos setiap harinya dan yang sudah lebih 60°C dilaksanakan pembalikan (setiap pembalikan dilakukan juga penyiraman dengan kondensat rebusan) dan dilaksanakan selama 5 minggu (Minggu ke 2 s/d Minggu ke 6).
Sebelum dilaksanakan pembalikan terlebih dahulu jalur jalur yang akan dibalik dibuka plastiknya dengan menggunakan mesin pembalik (Turning Machine), penyiraman disesuaikan dengan kondisi kelembaban bahan kompos.

3. Minggu Ke 7 s/d Minggu ke 8.
Bahan kompos yang sudah mengalami pemeraman selama 6 minggu, maka pada minggu ke 7 s/d minggu ke 8 ialah masa pengeringan bahan kompos (menjadi seperti tanah), dimana pencatatan suhu terus dilakukan dan apabila suhu lebih 60°C segera dilakukan pembalikan tanpa penyiraman. Untuk mempercepat pengeringan dan penyempurnaan bentuk bahan kompos maka pembalikan dilakukan (4-7) kali seminggu dan semakin sering semakin baik.
Catatan : Pada masa pengeringan dan pembentukan bahan kompos akan terjadi penyesuaian PH dari 8 – 9 menjadi PH 6 – 7,5 pembentukan warna menjadi hitam kecoklat-coklatan.

4. Jumlah Kompos Yang Dihasilkan.
Jumlah kompos yang dihasilkan ± 20% dari bahan = 20% x 278 T = 55,2 T. Kompos / hari. Satu tahun hasil kompos = 55,2 x 25 x 12 = 16560 T. Kompos Organik / tahun.

Demikian informasi tentang cara pembuatan kompos dari janjangan kosong dan solid, semoga bermanfaat.

Kamis, 22 Agustus 2013

Cara Pembuatan Teras kontur (contour terrace)

Cara  Pembuatan Teras kontur (contour terrace). Perkebunan kelapa sawit tidak selamanya ditanam di daerah yang datar terutama areal baru karena areal yang datar sudah di tanam oleh perkebunan sebelumnya sedangkan tanah yang tersedia saat ini cenderung tanah yang memiliki topografi bergelombang dan berbukit oleh karena itu di perlukan usaha untuk melakukan konservasi tanah agar kegiatan pengelolaan kebun kelapa sawit menjadi lebih efisien dan efektif.

Teras kontur atau terasering di buat pada areal yang miring dengan kemiringan > 15°, hal ini dilakukan untuk mempermudah aktivitas penanaman, perawatan dan pemanenan kelapa sawit nantinya. Untuk areal yang memiliki kemiringan yang sangat curam maka disarankan untuk tidak menanam kelapa sawit tetapi menjadikannya sebagai areal konservasi karena rawan longsor.



Adapu manfaat dari terasan adalah sebagai berikut :
  1. Tempat menanam tanaman yang sudah rata
Areal yang sebelumnya miring setelah dilakukan teras maka akan menjadi rata dengan lebar minimal 3 m.

  1. Menghindari erosi tanah
Teras yang sudah rata akan menahan air hujan dan meresapkannya kedalam tanah sehingga laju aliran air hujan dapat berkurang sehingga erosi juga akan berkurang.

  1. Menghindari kehilangan unsur hara tanah dan pencucian pupuk
Karena teras berbentuk rata dan erosi rendah maka unsur hara yang ada dalam tanah akan lebih bertahan lama sehingga areal akan lambat menjadi tandus.

  1. Mempermudah kegiatan perawatan tanaman kelapa sawit
Perawatan tanaman akan lebih mudah karena jika miring maka pekerja harus berjalan mendaki sedangkan dengan terasan maka lokasi kerja menjadi datar keduali antar terasan. Hal ini akan mempermudah kegiatan perawatan kelapa sawit  seperti pengendalian gulma, pemupukan dan tunas.

  1. Mempermudah kegiatan panen dan pengangkutan buah kelapa sawit
Kegiatan panen akan lebih mudah dilakukan pemanen karena tempat panen menjadi rata sedangkan jika berbuki maka pekerja beresiko terjatuh dan harus menjaga posisi saat panen.

  1. Meningkatkan produktivitas pekerja
Produktivitas pekerja akan meningkat karena pekerja berada pada teras dengan lebar 3 meter sehingga lebih leluasa jika dibandingkan dengan tanah yang tidak di teras.

  1. Mengurangi kecelakaan kerja
Kecelakaan kerja akan berkurang karena lokasi pekerja untuk bekerja lebih nyaman sehingga resiko terpeleset dan terjatuh saat bekerja menjadi lebih rendah.

Cara pembuatan teras dilakukan dengan beberapa tahap sebagai berikut ini :
1.        Memancang teras
•     Tentukan satu titik di areal paling curam
•     Buat satu garis lurus ke arah lembah dengan jarak masing-masing titik 7,3
•     Jarak antar teras minimum 7 m dan maksimum 8 m. Apabila jarak antar teras menyempit (< 7m) atau melebar (> 8 m), maka pembuatan teras harus diputus dan dimulai pembuatan teras dengan titik baru dengan jarak 7 m.
•     Untuk membedakan pancang teras antara satu terasan dengan terasan yang lain, sebaiknya digunakan warna pancang yang berbeda.

2.       Pembuatan
•     Teras kontur yang pertama di buat adalah  teras yang paling atas kemudian dilanjutkan teresan di bawahnya
•     Teras kontur harus dibuat dengan permukaan yang miring ke dinding teras dengan sudut miring 10° – 15°   dan tepat pada pancang tanaman
•     Lebar teras 3 - 4 m, sedangkan teras penghubung antar tanaman 1 m
•     Permukaan tanah teras harus bersih dari tunggul-tunggul dan kayu
•     Lakukan pengerasan (penggeblekan) hingga padat.

Jika terasan sudah digunakan maka perlu dilakukan perawatan, pemeriksaan dilakukan secara rutin yaitu setiap tahun dan jika di temukan kerusakan maka dilakukan perbaikan secepatnya untuk menghinari kerusakan yang lebih besar. Kerusakan yang umum terjaidi adalah longsor dan berkurangnya kemiringan karena erosi tanah dari terasan di atasnya.

Perbaikan dilakukan secara manual dengan menggunakan alat cangkul dan karung untuk menimbun teras yang longsor sedangkan jika kemiringan berkurang maka tanah dilakuka pembentukan lemiringan teras lagi hingga membentuk 10° – 15° dan memadatkan pinggiran bila perlu,dilaksanakan setahun sekali.


Demikian informasi tentang cara pembuatan terasan semoga dapat membantu dan bermanfaat buat anda.

Rabu, 21 Agustus 2013

Hari Libur Nasional Tahun 2014

Hari Libur Nasional Tahun 2014. Setiap orang yang bekerja pasti akan senang jika mendengar kata libur, karena merupakan momen untuk menenangkan diri bebas dari beban pekerjaan dan dapat berkumpul bersama dengan keluarga atau juga dapat mengajak keluarga untuk berlibur bersama ke tempat hiburan, rekreasi atau tempat lain yang jauh dari pekerjaan. Sehingga saat bekerja besoknya sudah dalam keadaan fresh.

Di Indonesia terdapat beberapa libur nasional yaitu libur kemerdekaan dan libur hari raya keagamaan selain itu pada tahun 2014 ada tambah sebuah libur yaitu hari buruh sehingga jumlah libur dari 13 hari menjadi 14 hari.

Berikut daftar lengkap Hari Libur Nasional 2014 :
01. Rabu, 1 Januari 2014 => Tahun Baru 2014
02. Selasa, 14 Januari 2014 => Maulid Nabi Muhammad SAW
03. Jumat, 31 Januari 2014 => Tahun Baru Imlek 2565 Kongzili
04. Senin, 31 Maret 2014 => Nyepi Tahun Baru Saka 1936
05. Jumat, 18 April 2014 => Wafat Isa Al Masih
06. Kamis,1 Mei 2014 => Memperingati Hari Buruh Internasional
07. Kamis, 15 Mei 2014 =>  Hari Raya Waisak 2558
08. Selasa, 27 Mei 2014 =>  Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW
09. Kamis, 29 Mei 2014 =>  Kenaikan Isa Al Masih
10. Senin-Selasa, 28-29 Juli 2014 =>  Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah
11. Minggu, 17 Agustus 2014 => Hari Kemerdekaan RI
12. Minggu, 5 Oktober 2014 =>  Hari Raya Idul Adha 1435 Hijriah
13. Sabtu, 25 Oktober 2014 => Tahun Baru Islam 1436 Hijriah
14. Kamis, 25 Desember 2014 =>  Hari Raya Natal

Ada beberapa hari libur Nasional 2014 yang jatuh pada hari minggu yaitu HUT Kemerdekaan dan Hari Raya Idul Adha 1435 Hijriah sedangkan yang lainnya pada hari kerja jadi kalau dilihat efektif libur pada hari kerja adalah sebanyak 12 hari.

Untuk tahun 2014 hari raya akan jatuh pada bulan juli yaitu sekitar tanggal 28-29 Juli 2014 yaitu pada hari senin dan selasa sehingga akan ada cuti bersama sebagai berikut ini :

01. Rabu s/d Jumat, 30-31 Juli dan 1 Agustus 2014 untuk Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah.
02. Jumat, 26 Desember untuk Hari Raya Natal.

Demikian informasi tentang daftar hari libur nasional tahun 2014 semoga dapat bermanfaat untuk mengatur jadwal cuti dan liburan anda beserta keluarga.

Sabtu, 10 Agustus 2013

Video Tante Girang

Video Tante Girang. Ada banyak pengguna internet yang mencari informasi tentang video tante girang, kalau sudah mencari video ini pasti yang diharapkan adalah video yang berbau porno. Padahal hal ini melanggar aturan tentang pornografi. 

Adakalnya hal ini terjadi karena adanya fasilitas bagi orang yang tidak tahu alamat untuk membuka situs tersebut tetapi karena ada berbagai search engine maka pencaharian mudah dilakukan cukup mengetikkan kata kunci saja maka artikel sudah ditemukan dalam jumlah yang sangat banyak sekali.

Sebagai contoh konsultasiawit menggunakan pencarian dengan google dengan kata kunci video tante girang maka langsung di temukan artikel lebih dari 2 juta hanya dalam 0,23 detik saja.

Hasil pencarian langsung mengarahkan kita pada website yang menyajikan berita berbau porno grafi bahkan ada juga video yang disajikan hal ini sangat akan berbahaya jika di lihat oleh anak-anak karena dapat membuat mentalnya menjadi rusak.

Oleh karena itu sangat diperlukan perhatian dari orang tua untuk memastikan jika anaknya menggunakan internet agar berinternet dengan sehat yaitu membatasi website yang dapat di buka oleh komputer tersebut.


Berikut ini adalah video tante girang montok lagi mandi telanjang buat anda.

Selamat menikmati tontonannya, kalau videonya salah berarti ada error dari sumber videonya. Mohon maaf atas ketidak nyamanan anda kami akan berusaha segera memperbaiki link tersebut.

 Kata Kunci :
cerita dewasa ngintip tante mandi, ngintip tante toge mandi, kumpulan cerita dan gambar telanjang tante girang, tante mandi, ngintip tante mandi, tante girang telanjang, Cerita ngintip tante girang, www.gratis syerina mandi telanjang, cerita dewasa tante girang, ngintip tante, cewekbugil, Tante mandi bugil, Memek tante vera, tante lagi telanjang, Memek telanjang, Foto tante lagi ngocok, tante girang mandi bugil, tante eka selingkuh, cerita ngintip, cewek mandi telanjang, Cerita ngentot mama h tiri cerita bapak kandung ngentot sama … Cerita Dewasa SPG Seksi Sherina Ratu Felisha Angelina … Tante Girang …,Use Zapafly to find all your info cerita ngentot tante … Cerita Dewasa ” Ngentot Tante Ida. cerita ngesex tante girang . cerita ngesex tante girang | cari, Komunitas Cewek Bugil Video Bokep 3gp Sex dewasa gratis indonesia Filed under: cari tante girang, cerita ngentot tante, cerita tante girang,
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...