Senin, 31 Oktober 2011

17 Hal Yang Dibenci Oleh Lelaki Masa Kini


Hal - hal yang dibenci lelaki atau pria tetapi disukai oleh wanita. Untuk dapat menjalin hubungan yang sangat harmonis dalam percintaan maka anda harus mengerti hal - hal apa saja yang disukai dan dibenci oleh pria atau lelaki kekasih anda. Dalam artikel ini akan saya coba 17 hal yang dibenci pria yang sering dilakukan oleh wanita.


Berikut adalah 17 hal yang dibenci oleh pria tersebut saya uraikan buat anda :

1. Akumulasi.
“Kamu kan sudah punya baju hitam, sayang.” Pria tidak habis pikir mengapa wanita memerlukan suatu benda atau barang lebih dari satu.

2. Sahabat karib.
Pria juga punya sahabat baik dan mereka juga berdiskusi seperti wanita. Tapi yang tidak bisa dimengerti pria tentang wanita adalah, wanita menceritakan apa saja terhadap sahabat karib, termasuk tentang diri si pria itu. Seringkali disertai embel2, “Jangan cerita lagi kepada siapapun, saya hanya menceritakan kepadamu.” Kalau takut diceritakan lagi kenapa harus cerita.

3. Menggerutu.

Yang juga tidak bisa dimengerti pria adalah, wanita menghabiskan satu sore menggerutui seseorang.

4. Menangis.
Pria paling tidak suka melihat wanita menangis. Hal ini membuat mereka merasa bersalah sekaligus bingung, apa yang membuat wanita menangis. Pria tidak bisa membedakan air mata kesedihan karena telah terjadi sesuatu yang benar2 menyedihkan. Karena film sedihpun bisa membuat wanita menangis. Selain itu ada rasa iri pada pria, mereka tidak bisa menangis seperti wanita walaupun sesekali mereka ingin melakukannya.

5. Rasa ingin tahu yang besar.
Termasuk ingin tahu, “Kenapa sih, sayang? Kok diam saja? tanya wanita jika melihat kekasih atau suaminya berdiam diri. Kalau tidak dijawab si wanita akan terus bertanya, “Sedang memikirkan apa sih?” Padahal terkadang pria hanya ingin berdiam diri saja dan benar2 tidak memikirkan apa2. Kalau si pria bilang tidak memikirkan apa2 , wanita tidak percaya, “Ah bohong! kalau tidak kok diam saja?” Dan wanita masih nekat saja. Baru berhenti kalau pria benar2 sudah marah.

6. Bertanya tentang kondisi tubuh.
Pria paling tidak suka ditanya, “Sayang, saya gemuk atau kurus? Menurut kamu, saya tambah gemuk nggak?” Atau pertanyaan lain yang sejenis, Misalnya “Perut saya gendut ya? Atau pinggul saya makin besar nggak?” Ini merupakan pertanyaan yang menjebak dan paling sulit dijawab pria. Tapi sekali wanita bertanya pria merasa tidak bisa melepaskan diri. Kalau pria bilang tidak, si wanita akan bilang bohong, kalau ia si wanita tidak senang. Satu2nya cara pria untuk menghindari hal ini adalah pura2 sibuk atau lari.

7. Busana.
Pria benar2 tidak bisa melihat perbedaan antara acrylic skivvy dari DKNY atau kain warna hitam lainnya dari Zambesi. Apa salahnya pakai celana panjang yang dibeli tahun lalu jika masih kuat? Dan kenapa mesti beli lagi?

8. Cemburuan.
Yang ini juga cukup rumit untuk dipahami pria. Di satu sisi wanita bilang tidak suka pada pria yang overprotective dan penuh prasangka. Tapi pada saat yang sama, wanita cemburu melihat mata prianya terbelalak ketika menonton adegan seksi atau melihat wanita lain.

9. Cinta.
Pria memegang prinsip bahwa mereka cukup sekali saja mengatakan I Love You. Dan ini akan terus berlaku sampai dia menampakkan perubahan. Jadi pria tidak pernah bisa mengerti, mengapa wanita terus bertanya, apakah masih cinta padahal ia belum berubah. Sederhananya jika 2+2=4, mengapa
masih harus bertanya? Kalau wanita terus mendesak paling2 dia akan bilang “Sekarang saya kan masih sama kamu. Lalu kamu kira itu karena apa?”

10. Menu.
Yang juga membingungkan pria adalah, saat makan di luar, si wanitanya berkeras tidak mau makan udang goreng mentega, tidak mau spaghetti atau kue keju dan sebagainya. Tapi sesudah si pria memesan untuk dirinya sendiri, sepanjang makan si wanita terus ambil dari piringnya.
Jika dia merasa terganggu dan tanya, kenapa tadi tidak pesan apa2, si wanita akan menjawab “Tadi kan saya tidak merasa lapar!” atau “Ah, saya kan makannya hanya untuk iseng saja.” Dalam hati mungkin si pria berkata, isengnya kok gangguin orang makan.

11. Tak punya baju.
Pria tidak habis pikir, baju wanita selemari penuh, dengan belasan pasang sepatu. Tapi si wanita tetap saja bilang tidak punya baju untuk pesta. Pria juga tidak mengerti pada wanita mengapa baju yang sudah dipakai ke satu pesta tidak boleh dipakai ke pesta yang lainnya. Atau merasa salah tingkah jika bertemu dengan orang tersebut pada kesempatan lain tapi masih pakai baju yang sama.

12. Permainan bertanya.
Pria takut dengan permainan bertanya yang disukai wanita, “Kapan pertama kali kamu merasa sayang pada saya?” “Waktu itu saya pakai baju apa?” “Dimana kita ciuman untuk pertama kalinya.” Jika si pria salah menjawab biasanya wanita akan marah. Kalau dia lupa, wanita menganggapnya kurang perhatian, kalau perhatian kan akan ingat. Atau si wanita kurang berarti lagi untuk dia sampai saat sepenting itu pun sudah dilupakannya.

13. Alasan.
Pria juga merasa serba salah jika si wanitanya memintanya menjelaskan alasan sesuatu yang dilakukannya. Terkadang mereka melakukan sesuatu tanpa alasan tertentu. Jadi dalam hati pria mungkin bertanya, “Apakah segala sesuatu harus disertai alasan?”

14. Belanja.
Belanja merupakan olahraga satu2nya yang tidak bisa dilakukan pria.

15. Anda membicarakan tentang mantan kekasih anda.
Percaya atau tidak, jika anda membandingkan si “dia” dengan mantan kekasih anda maka yang terjadi si cowok anda yang sekarang merasa tersaingi dan hatinya dongkol  . Coba aja deh waktu lagi romantis-romantisnya, lalu anda membicarakan tentang gimana mantan anda, maka yang ada cowok anda malah jadi uring-uringan.

16. Nge-Date atau Pacaran di tempat-tempat Mewah dan Mahal
Ini berlaku bagi semua cowok lo  mau kaya atau miskin, kalo kamu (cewek) terus-terusan ngajak hidup mewah-mewahan. Cowokmu juga bisa aja anggep kamu cewek matre dan dia jadi males kalo ngajak jalan kamu lagi  . Boleh lah sekali-kali ke restaurant atau tempat mewah. Tapi jangan terus-terusan. Soalnya hidup selalu dibawah dan diatas  kalo pas diatas sih oke-oke aja. Takutnya kalo pas dibawah nanti ga terbiasa di kaki lima bisa gawat  . Gawatnya si cewek akan pindah ke lain hati 

17. Selalu Ingin Dipuji
Cowok itu orangnya cuek. Mereka ga begitu suka kalo ceweknya tiap kali ketemu minta dipuji dan dipuji  . Jadi aja cewek sederhana dan humoris  . Mau dipuji atau dijelek-jelekin ma cowokmu (jelek-jelekinnya dalam artian becanda) harus diterima 
Itu sebabnya mereka paling malas kalau diminta mengantar si wanita belanja.

Agar hubungan tetap harmonis maka anda perlu tahu apa yang tidak disukai pria saat bercinta. Sadari hal ini, dan perbaiki diri Anda. Pada akhirnya, Anda berdua harus mengusahakan agar satu sama lain merasa puas dan bahagia.

Ciri Blackberry Palsu Dan Asli

Ciri - ciri blackberry asli atau palsu. Dalam blog ini sudah beberapa kali ditulis tentang bb kali ini akan saya coba untuk menyampaikan bagaimana cara untuk memilih hp blackberry supaya anda tidak tertipu dengan membeli bb palsu.

Gambar beberapa jenis blackberry yang banyak beredar di Indonesia

Pemalsuan blackberry terjadi karena tingginya permintaan pasar dan harganya yang lumayan menarik. Sebenarnya supaya tidak tertipu dengan membeli yang palsu sebaiknya anda langsung membeli dari operator, karena saat ini operator besar di Indonesia sudah banyak ber-iklan tentang launching produk terbaru blackberry, anda bisa mendatangi gerai-gerai mereka bahkan sekarang produk blackberry bisa dapat langsung dipesan secara online.

BB paketan dari operator tersebut, biasanya harganya murah, dan bisa dicicil pula. Kalau Anda punya kartu kredit, cukup auto debet saja tagihannya selama setahun ke dalam kartu kredit yang kini Anda miliki.
Tapi, tidak semua orang punya dana lebih dan kartu kredit, pilihan kedua jatuh pada membeli BB BN1B baik itu garansi atau Black Market. Biasanya BNIB sudah terbebas dari penyakit PIN suspend dan jeratan IT policy.Tapi yang menjadi soal dari BB baru adalah, legalitas PIN dan apakah benar tidak BB yang Anda beli itu 100% baru?

Langkah-langkah Untuk Membeli BlackBerry Baru :
Jika toko tempat Anda membeli ini adalah toko yang jujur, maka dia akan mengatakan status BB yang dijualnya. Apakah BM dan 100% baru alias diimpor dari stock operator luar negeri (AT&T, dan lainnya), BNIB, BB 14 Days, ataukah BB refurbished.

Yang paling mahal tentunya Black Market 100% dari operator luar negeri (terbungkus), kemudian Brand New In Box (100% baru tapi di luar kotak) dan dua katagori selanjutnya tentulah BB tersebut adalah BB bekas. Tinggal Anda saja yang memastikan, kebenaran dari kata-kata si penjual tadi.

Sebelum memulai perjalanan belanja, pastikan Anda harus memiliki SIM card yang sudah terdaftar pada layanan BlackBerry dari operator langganan Anda. Tidak perlu punya smartphone BlackBerry untuk mendaftarkan layanan BlackBerry dari operator. Caranya gampang, Anda tinggal menuju ke gerai layanan operator yang kini Anda pakai. Daftarkan SIM card Anda, dan beres sudah!

Langkah 1: Cari Harga Yang Paling Pas Di Kantong
Jika Anda mencari BB 100% baru dan resmi, maka kantor operator langganan Anda adalah tujuan utama.Tapi Jika Anda ingin yang harganya agak murah, maka BlackBerry BM 100% baru bisa Anda pilih.Tentu saja harganya tak seberapa beda dengan BB Resmi.
Carilah BB sesuai dengan kriteria yang Anda pilih ke semua toko yang menawarkan BlackBerry. Jika ada toko yang harganya cocok, maka lanjutkan ke tahapan berikutnya.

Langkah 2: Periksa Kotak Kemasan dan Kelengkapan
Biasanya, BlackBerry BM yang 100% baru memiliki kotak bikinan sendiri yang bentuk dan warnanya seragam hampir di semua toko. Karena toko-toko tersebut memiliki pemasok yang sama. Carilah BlackBerry BM dengan kotak yang paling meyakinkan dan paling bagus diantara semua toko yang ada.

Jika Anda kebetulan membeli BlackBerry BNIB, maka lebih mudah memeriksa kelengkapannya. Lihat pada gambar, BlackBerry asli milik operator luar negeri (AT&T) memiliki kelengkapan khas. Yaitu box berwarna Orange, dengan colokan charger yang menggunakan konektor 3 kaki atau konektor pipih. Konektor ini jelas-jelas tidak digunakan dalam standart colokan listrik di Indonesia. Kemudian stiker IMEI tertempel rapi pada box, dan tidak ada bekas luntur atau menumpuk pada stiker IMEI yang sebelumnya telah ada dalam box tersebut. Kalu ada tanda-tanda tersebut, maka IMEI BB ini kemungkinan besar telah diakali, jadi solusinya can di toko lain saja.

Langkah 3: IMEI Yang Ada Dalam Box dan BlackBerry Harus Rapi dan Sama
Untuk melihat IMEI, baca saja IMEI yang ada di box, lalu periksa stiker IMEI yang ada di balik BlackBerry yang akan Anda beli (sama seperti stiker IMEI pada ponsel biasa). Jika sama, maka semuanya cocok, tinggal Anda memeriksa, apakah sticker IMEI tersebut asli ataukah palsu. Biasanya IMEI BB memiliki awalan 2 dan 3, untuk tipe lama menggunakan awalan angka 1.

Stiker asli, akan tertempel dengan rapi sejajar dengan slot SIM dan slot MMC, jadi tidak lebar dan asal tempel seperti yang ada pada gambar ini.


Langkah 4: Tanyakan Tentang Jaminan dan Garansi
Langkah selanjutnya adalah tanyakan tentang Jaminan dari si penjual, apabila BlackBerry yang akan Anda beli tersebut tidak dapat meng-akses layanan server BlackBerry dari operator Anda. Atau bisa juga setelah beli dan dicoba ternyata BB tersebut ternyata PIN suspend atau masih terikat IT policy.

Apakah yang akan dia lakukan, akan replace dengan BlackBerry lain, ataukah akan mengembalikan uang Anda 100%.Tanyakan juga mengenai garansi, apakah ada garansi perbaikan atau tidak. Itu semua harus jelas di awal, Jika semua sudah clear, lanjutkan ke tahapan berikutnya.

Langkah 5: Lakukan Cek Fisik dan Keypad
Biasanya tahapan ini dilakukan ketika BlackBerry sudah Anda bayar, karena mau tidak mau, Anda harus menyalakan BlackBerry tersebut. Gunanya untuk diperiksa setting koneksi ke server dan juga soal IT policy tadi. Sebelum membayar, periksa dulu fisiknya, mulus tanpa cacat atau tidak.

Setelah ON, lihat pancaran layarnya, BB baru memilliki pancaran layar yang terang dan tulisannya jelas. Jika Anda membeli BB yang dibawa dari operator (misal: AT&T), maka start-up menu juga memiliki logo yang sama yaitu AT&T. Jika star-upnya berbeda, maka Anda patut curiga.

BB yang masih belum dipakai sama sekali, keypadnya masih enak ditekan, lakukan saja test dengan menuliskan SMS, e-mail, dan aktifitas lainnya, Jika keypadnya terasa mantap ditekan, saatnya memeriksa waktu hidup dari BB yang akan Anda beli.

Masuk Option >> Status lalu ketik BUYR, maka akan muncul informasi dibawah ini.
Jika Data dan Voice usage masih 0.0 maka BB tersebut masih belum dipakai sama sekali. Kemudian lanjutkan kelangkah berikutnya.

Langkah 6: Periksa Validasi PIN
Langkah ini berguna untuk mengetahui PIN Anda ini tidak kembar dengan PIN dari BB lainnya. Istilahnya untuk menghindari PIN "nyangkut" caranya sama dengan cara memeriksa PIN Suspend dan PIN Nyangkut seperti dalam panduan membeli BlackBerry bekas di atas.

Kalau terbukti BB baru yang akan Anda beli ini terkena penyakit PIN Suspend atau PIN nyangkut. Maka tidak ada cara lain, selain mengganti unit tersebut dengan unit lain, dengan PIN yang masih bebas dari kontaminasi.

Minggu, 30 Oktober 2011

Kastrasi Tanaman Kelapa Sawit


Kastrasi Tanaman Kelapa Sawit . Kastrasi merupakan pekerjaan penting sebelum tanaman beralih dari TBM ke TM.  Tanaman kelapa sawit mulai mengeluarkan bunga setelah berumur 14 bulan, tergantung pertumbuhannya. Pada saat tersebut, bunga-bunga itu masih belum sempurna membentuk buah sampai tanaman berumur sekitar 23 bulan, sehingga tidak ekonomis untuk diolah. Oleh karena itu, semua bunga maupun buah yang keluar sampai dengan umur 23 bulan ini perlu dibuang atau dikastrasi.
Kastrasi adalah membuang semua produk generatif yaitu bunga jantan, betina dan seluruh buah yang berguna untuk mendukung pertumbuhan vegetatif kelapa sawit.  Pelaksanaan kastrasi terakhir dilakukan 6 (enam) bulan sebelum pokok dipanen.

Tujuan kastrasi diperkubunan kelapa sawit adalah:
a) Mengalihkan nutrisi untuk produksi buah yang tidak ekonomis ke pertumbuhan vegetatif
b) Pokok sawit yang telah dikastrasi cenderung lebih kuat dan seragam dalam pertumbuhannya
c) Pertumbuhan buah yang lebih besar dan seragam beratnya
d) Menghambat perkembangan hama dan penyakit (Tirathaba, Marasmius, tikus dan sebagainya)

Kastrasi harus dilaksanakan jika lebih dari 50% pokok  kelapa sawit telah mengeluarkan bunga (jantan dan atau betina).  Pada umumnya tanaman kelapa sawit akan berbunga saat tanaman berumur 14-17 bulan di lapangan jadi saat inilah waktu tepat untuk melakukan yang namanya kastrasi.

Kastrasi dilakukan setiap 2 (dua) bulan sekali sampai tanaman berumur 23 bulan karena jika terlambat maka ada bunga betina yang akan menjadi bauh sehingga pupuk yang diberikan digunakan tanaman untuk buah padahal buah yang dihasilkan masih belum layak dijual.

Adapun alat yang digunakan untuk kastrasi adalah dodos dengan lebar mata 8 cm dan arit kecil.

Foto Hot Eva Celia Latjuba


Foto Hot alias Seksi Eva Celia Latjuba . Eva Celia Latjuba (lahir di Jakarta, 21 September 1992; umur 19 tahun) adalah pemeran Indonesia. Eva merupakan putri dari pesinetron Sophia Latjuba dan musisi Indra Lesmana.

Dunia akting bukanlah hal yang baru bagi Eva. Eva tumbuh di lingkungan akting, karena Eva juga keponakan dari produser film kondang, Mira Lesmana. Eva pertama kali amengecap akting saat berusia 8 tahun, ketika main sebagai bintang tamu dalam sebuah FTV bersama Adjie Massaid dan Ayu Azhari, serta ibunya, Sophia Latjuba produksi Prima Entertainment.
Eva pernah terpilih sebagai pemain terbaik saat bermain dalam film "Out of The Smoke", sebuah film pendek yang diikutsertakan pada High/Scope Junior High School Festival 2006, saat ia masih sekolah di High Scope Jakarta Selatan.

Setelah lama tidak muncul kali ini berita tidak sedap muncul karena beredarnya foto - foto hot gadis tersebut di internet.

Berikut adalah foto - foto hot Eva Celia Latjuba tersebut.



Contoh Pantun Melayu Klasik

Kumpulan contoh pantun melayu klasik. Dalam kehidupan masyarakat Melayu sehari-hari, pantun merupakan jenis sastra lisan yang paling populer. Penggunaannya hampir merata di setiap kalangan: tua-muda, laki-laki-perempuan, kaya miskin, pejabat-rakyat biasa dst. Dalam prkatiknya, pantun ini diklasifikasi ke dalam beberapa jenis yaitu: Pantun Nasihat, Pantun Berkasih Sayang, Pantun Suasana Hati, Pantun Pembangkit Semangat, Pantun Kerendahan Hati, Pantun Pujian, Pantun Teka-teki, Pantun Terhadap Perempuan, dan Pantun Jenaka.

Pantun juga berfungsi sebagai bentuk interaksi yang saling berbalas, baik itu dilakukan pada situasi formal maupun informal. Pantun pada masyarakat Melayu mengalir berdasarkan tema apa yang tengah diperbincangkan. Ketika seseorang mulai memberikan pantun, maka rekan lainnya berbalas dengan tetap menjaga tali perbincangan. Dalam interaksi pantun berbalas ini berlatar belakang pada situasi formal maupun situasi informal. Pada situasi formal semisal ketika meminang atau juga membuka sebuah pidato, sedangkan pada situasi informal seperti perbincangan antar rekan sebaya.

Pantun adalah genre sastra tradisional yang paling dinamis, karena dapat digunakan pada situasi apapun. Sebagaimana dikatakan bahwa: 

“Di mana orang berkampung disana pantun bersambung. Di mana ada nikah kawin disana pantun dijalin. Di mana orang berunding di sana pantun bergandeng. Dimana orang bermufakat di sana pantun diangkat. Di mana ada adat dibilang, di sana pantun diulang. Di mana adat di bahas di sana pantun dilepas”.

Karena itu tidak pandang latar belakang apapun, pantun dapat digunakan baik untuk anak-anak, orang muda maupun orang tua. 

Adapun beberapa klasifikasi berbagai pantun antara lain berupa :
     
1. Pantun Nasihat
a. Pantun Nasihat agama
b. Pantun Nasihat adat

2. Pantun Berkasih Sayang
a. Pantun Berkenalan
b. Pantun Saling Berjanji
c. Pantun Perceraian/Perpisahan
d. Pantun Memendam Rindu
e. Pantun Putus Cinta
f. Pantun Kasih Tak Sampai
g. Pantun Berangan-angan

3. Pantun Suasana Hati
a. Pantun Sukacita
b. Pantun Dukacita

4. Pantun Pembangkit Semangat
a. Pantun Pembangkit Semangat
b. Pantun Pembangkit Keberanian
c. Pantun Pembangkit Semangat Hidup

5. Pantun Kerendahan Hati
a. Pantun Kerendahan Hati pada Ilmu Pengetahuan 
b. Pantun Kerendahan Hati pada Harta

6. Pantun Pujian
a. Pantun Pujian Kepada Allah
b. Pantun Pujian Kepada Muhammad
c. Pantun Pujian Kepada Orang Tua
d. Pantun Pujian Kepada Pemimpin

7. Pantun Teka-Teki
a. Pantun Teka-Teki dengan Obyek Alam Sekitar
b. Pantun Teka-Teki Perangkat Pembantu Manusia

8. Pantun Terhadap Perempuan
a. Pantun Perempuan Bersimbol Bunga
b. Pantun Perempuan Bersimbol Burung
c. Pantun Perempuan Bersimbol Warna Kulit
d. Pantun Perempuan Bersimbol Batu Permata
e. Pantun Perempuan dalam Simbol Cakrawala

9. Pantun Jenaka
a. Pantun Sindir-Menyindir
b. Pantun Mengolok-olok Badan
c. Pantun Kepandiran dan Kegagapan Diri
d. Pantun Kelakar Terhadap Isteri
e. Pantun Kelakar Terhadap Suami
f. Pantun Kelakar Terhadap Mertua
g. Pantun Kelakar Terhadap Janda

10. Pantun Ajaran Budi Terhadap Perempuan
a. Pantun Isteri Salehah
b. Pantun Perempuan Menjaga Marwah
c. Pantun Perempuan Elok Luar Dalam

11. Pantun Terhadap Laki-Laki
a. Pantun Gagah Berani
b. Pantun Tidak Pendek Akal
c. Pantun Tidak Pengecut
d. Pantun Tidak Malas Bekerja

12. Pantun Kepemimpinan
a. Pantun Pemimpin Berpendirian Teguh
b. Pantun Pemimpin Menjadi Pelindung
c. Pantun Pemimpin Adil
d. Pantun Pemimpin Amanah

13. Pantun dalam Prosesi Pernikahan
a. Pantun untuk Merisik
b. Pantun untuk Meminang
c. Pantun dalam Prosesi Akad Nikah
d. Pantun di Hari Persandingan
e. Pantun di Malam Pertama

Berikut adalah beberapa contoh pantun melayu riau

Apa guna memakai kasut
Dilangkah akan betis kiri
Apa guna ilmu dituntut
Kalau tidak membantu diri.

Suluh-menyuluh Teluk Emas
Panas sejuk angin utara
Ribut taufan baik berkemas
Antara belum jadi sengsara.

Baik-baik berlayar malam
Arus deras karangnya tajam
Cari-cari mualim yang faham
Di situ banyak kapal tenggelam.

Lancang kuning kapal pusaka,
Kisah sedih kekejaman raja.
Walau kering selat melaka,
Budi mu tuan tidak dilupa.

Burung merpati hinggap di laman,
Cenderawasih tinggi di awan.
Tabahkan hati tetapkan iman,
Tak akan hilang arah tujuan.

Ikan berenang ke dalam lubuk,
Ikan belida dadanya panjang.
Adat pinang pulang ke tampuk,
Adat sireh pulang ke gagang.

Pengawal istana memegang tombak,
Puteri raja duduk berinai.
Kalau takut dilambung ombak,
Jangan berumah di tepi pantai.

contoh pantun melayu klasik
Sirih berlipat sirih pinang 
Sirih dari Pulau Mutiara 
Pemanis kata selamat datang 
Awal Bismillah pembuka bicara 

Tetak buluh panjang suluh 
Mari jolok sarang penyengat 
Angkat doa jari sepuluh 
Doa minta biar selamat 

Tuailah padi antara masak 
Esok jangan layu-layuan 
Intailah kami antara nampak 
Esok jangan rindu-rinduan 

Hendak dulang diberi dulang 
Dulang berisi sagu mentah 
Hendak pulang ku beri pulang 
Tinggalkan pantun barang sepatah 

Lancang kuning lancang pusaka 
Nampak dari Tanjung Puan 
Kalau kering laut Melaka 
Barulah saya lupakan tuan 

Asam kandis mari dihiris 
Manis sekali rasa isinya 
Dilihat manis dipandang manis 
Lebih manis hati budinya 

Ayam hutan terbang ke hutan 
Tali tersangkut pagar berduri 
Adik bukan saudara bukan 
Hati tersangkut kerana budi 

Ayam rintik di pinggir hutan 
Nampak dari tepi telaga 
Nama yang baik jadi ingatan 
Seribu tahun terkenang juga 

Bila memandang ke muka laut 
Nampak sampan mudik ke hulu 
Bila terkenang mulut menyebut 
Budi yang baik ingat selalu 

Burung Serindit terbang melayang 
Mari hinggap di ranting mati 
Bukan ringgit dipandang orang 
Budi bahasa rangkaian hati 

Bukan lebah sebarang lebah 
Lebah bersarang di pohon kayu 
Bukan sembah sebarang sembah 
Sembah adat pusaka Melayu 

Bukan lebah sebarang lebah 
Lebah bersarang di rumpun buluh 
Bukan sembah sebarang sembah 
Sembah menyusun jari sepuluh 

Laksamana berempat di atas pentas 
Cukup berlima dengan gurunya 
Bagaikan dakwat dengan kertas 
Sudah berjumpa dengan jodohnya 

Membeli papan di tengah pekan 
Papan kecil dibuat tangkal 
Mengapa umpan ikan tak makan 
Adakah kail panjang sejengkal 

Rumah limas anjung Selatan 
Bunga kemuning tumbuh di laman 
Tangkainya emas bunganya intan 
Bolehkah ranting hamba patahkan 

Tumbuh betik di tepi laman 
Pokok berangan pokok teruntum 
Sungguh cantik bunga di taman 
Bolehkah gerangan petik sekuntum 

Asam kandis asam gelugur 
Ketiga asam si riang-riang 
Menangis mayat di pintu kubur 
Teringat badan tidak sembahyang 

Baik-baik menanam selasih 
Jangan menimpa sipohon sena 
Baik-baik memilih kekasih 
Jangan sampai badan merana 

Baik-baik mengail tenggiri 
Takut terkena siikan parang 
Baik-baik merendah diri 
Jangan menjadi hamba orang 

Bintang tujuh sinar berseri 
Bulan purnama datang menerpa 
Ajaran guru hendak dicari 
Mana yang dapat janganlah lupa 

Buah mangga melendur tinggi 
Buah kuini berangkai tiga 
Hidup kita tidur dan mati 
Sudah mati baru terjaga 

Buat bangsal di Pulau Daik 
Menahan taut sambil mengilau 
Kalau asal benih yang baik 
Jatuh ke laut menjadi pulau 

Budak-budak bermain tombak 
Tombak diikat dengan rantai 
Kalau takut dilambung ombak 
Jangan berumah di tepi pantai 

Halia ini tanam-tanaman 
Ke barat juga akan condongnya 
Dunia ini pinjam-pinjaman 
Akhirat juga akan sungguhnya 

Hari panas mencucuk benang 
Benang menjahit baju kebaya 
Air jernih lubuknya tenang 
Jangan disangka tiada buaya 

Kalau tahu peria tu pahit 
Tidak ku gulai dengan petola 
Kalau tahu bercinta tu sakit 
Tidak ku mulai dari semula 

Kalau tuan pergi ke Kelang 
Belikan saya semangkuk rojak 
Jangan diturut resmi kiambang 
Sungguhpun hijau akar tak jejak 

Pisang kelat digonggong helang 
Jatuh ke lubuk di Indragiri 
Jika berdagang di rantau orang 
Baik-baik menjaga diri 

Asap api embun berderai 
Patah galah haluan perahu 
Niat hati tak mahu bercerai 
Kehendak Allah siapa yang tahu 

Air dalam bertambah dalam 
Hujan di hulu belumlah teduh 
Hati dendam bertambah dendam 
Dendam dahulu belumlah sembuh 

Anak punai anak merbah 
Hinggap ditonggak mencari sarang 
Anak sungai lagikan berubah 
Inikan pula hati orang 

Apa guna pasang pelita 
Jika tidak dengan sumbunya 
Apa guna bermain kata 
Kalau tidak dengan sungguhnya 

Buah kuini jatuh tercampak 
Jatuh menimpa bunga selasih 
Biar bertahun dilambung ombak 
Tidak ku lupa pada yang kasih 

Kajang tuan kajang berlipat 
Kajang hamba mengkuang layu 
Dagang tuan dagang bertempat 
Dagang hamba terbuang lalu 

Buah jambu disangka kandis 
Kandis ada di dalam cawan 
Gula madu disangka manis 
manis lagi senyuman tuan 

Dari Arab turun ke Aceh 
Naik ke Jawa berkebun serai 
Apa diharap pada yang kasih 
Badan dan nyawa lagi bercerai 

Bunga Melati terapung-apung 
Bunga rampai di dalam puan 
Rindu hati tidak tertanggung 
Bilakah dapat berjumpa tuan 

Burung Merak terbang ke laut 
Sampai ke laut mengangkut sarang 
Sedangkan bah kapal tak hanyut 
Inikan pula kemarau panjang 

Bunga Melur kembang sekaki 
Mari dibungkus dengan kertas 
Di dalam telur lagi dinanti 
Inikan pula sudah menetas 

Dalam perlak ada kebun 
Dalam kebun ada tanaman 
Dalam gelak ada pantun 
Dalam pantun ada mainan 

Dari Jawa ke Bengkahulu 
Membeli keris di Inderagiri 
Kawan ketawa ramai selalu 
Kawan menangis seorang diri 

Dari teluk pergi pangkalan 
Bermain di bawah pohon kepayang 
Saya umpama habuk di papan 
Ditiup angin terbang melayang 

Daun selalsih di Teluk Dalam 
Batang kapas Lubuk Tempurung 
Saya umpama si burung balam 
Mata terlepas badan terkurung 

Orang Melayu naik perahu 
Sedang berdayung hujan gerimis 
Hancur hatiku abang tak tahu 
Mulut tertawa hati menangis 

Orang tani mengambil nipah 
Hendak dibawa ke Indragiri 
Seluruh alam ku cari sudah 
Belum bersua pilihan hati 

Pasir putih di pinggir kali 
Pekan menyabung ayam berlaga 
Kasih tak boleh dijual beli 
Bukannya benda buat berniaga 

Ribu-ribu pokok mengkudu 
Cincin permata jatuh ke ruang 
Kalau rindu sebut namaku 
Airmata mu jangan dibuang 

Kalau roboh kota Melaka 
Sayang selasih di dalam puan 
Kalau sungguh bagai dikata 
Rasa nak mati di pangkuan tuan 

Limau purut lebat di pangkal 
Batang mengkudu condong uratnya 
Hujan ribut dapat ditangkal 
Hati yang rindu apa ubatnya 

Kalau menyanyi perlahan-lahan 
Dibawa angin terdengar jauh 
Rindu di hati tidak tertahan 
Di dalam air badan berpeluh 

Ku sangka nanas atas permatang 
Rupanya durian tajam berduri 
Ku sangka panas hingga ke petang 
Rupanya hujan di tengahari 


Kayuh perahu sampai seberang 
Singgah bermalam di kampung hulu 
Bukan tak tahu dunia sekarang 
Gaharu dibakar kemenyan berbau 

lembing atas tangga 
perisai atas busut 
kening atas mata 
misai atas mulut 

anak ikan dipanggang sahaja 
hendak dipindang tidak berkunyit 
anak orang dipandang sahaja 
hendak dipinang tiada berduit 

saya tak hendak berlesung pauh 
lesung pauh membuang padi 
saya tak hendak bersahabat jauh 
sahabat jauh merisau hati 

burung serindit terbang melayang 
singgah dihinggap di ranting mati 
duit ringgit dipandang orang 
jarang dipandang bahasa budi 

batu sangkar batu berpahat 
terpahat nama raja bestari 
makanan arif, kias ibarat 
pantun seloka, ulam jauhari 

daun durian jatuh tercampak 
lopak-lopak isi selasih 
tujuh tahun dilambung ombak 
tiada kulupa hati yang kasih 

Anak Cik Siti mencari tuba 
Tuba dicari di Tanjung Jati 
Di dalam hati tidakkan lupa 
Bagai rambut tersimpul mati 

Limau purut di luar pagar 
Rimbun putik dengan bunganya 
Hujan ribut padang terbakar 
Embun setitik padam apinya 

Puas saya bertanam ubi 
Nanas jugak dipandang orang 
Puas saya menabur budi 
Emas juga dipandang orang 

Tenang-tenang air di laut 
Sampan kolek mudik ke tanjung 
Hati terkenang mulut menyebut 
rindu kini tiada penghujung 

Tinggi-tinggi pohon jati 
Tempat bermain simanja sayang 
Sungguh tinggi harga budi 
Budi dibalas kasih dan sayang 

Bunga Tanjung kembang semalam 
Pohon tinggi tidak berduri 
Gelombang besar di laut dalam 
Kerana Tuan saya kemari 

Burung merpati terbang seribu 
Hinggap seekor di tengah laman 
Hendak mati di hujung kuku 
Hendak berkubur di tapak tangan 

Dari mana hendak ke mana 
Tinggi rumput dari padi 
Hari mana bulan mana 
Dapat kita berjumpa lagi 

Padi ini semumba-mumba 
Daun kurma daun cempedak 
Macam mana hati tak hiba 
Entah bertemu entah tidak 

Permata jatuh ke rumput 
Jatuh ke rumput berbilang-bilang 
Dari mata tidakkan luput 
Dalam hati tidakkan hilang 

Akar keladi melilit selasih 
Selasih tumbuh di hujung taman 
Kalungan budi jujungan kasih 
Mesra kenangan sepanjang zaman 

Ayam rintik di pinggir hutan 
Nampak dari tepi telaga 
Nama yang baik jadi ingatan 
Seribu tahun terkenang juga 

Anak beruk di tepi pantai 
Pandai melompat pandai berlari 
Biar buruk kain dipakai 
Asal hidup pandai berbudi 

 Kiri jalan kanan pun jalan 
Tengah-tengah pohon mengkudu 
Kirim jangan pesan pun jangan 
Sama-sama menanggung rindu 

Mendung si mega mendung 
Mendung datang dari utara 
Jangan selalu duduk termenung 
Kalau termenung badan merana 

Pohon mengkudu tumbuhnya rapat 
Rapat lagi pohon jati 
Kawan beribu mudah didapat 
Sahabat setia payah dicari 

Pokok terap tumbuh di bukit 
Belat berbanjar panjang ke hulu 
Jangan diharap guruh di langit 
Kilat memancar hujan tak lalu 

Sampan kotak hilir mudik 
Dayung patah galah sebatang 
Ikhtiar tidak datang menggolek 
Akal tidak datang melayang 

Siti Wan Kembang perintah Kelantan 
Nama termasyhur zaman dahulu 
Baik-baik memilih intan 
Takut terkena kaca dan batu 

Buah langsat kuning mencelah 
Senduduk tidak berbunga lagi 
Sudah dapat gading bertuah 
Tanduk tidak berguna lagi 

Dua paya satu perigi 
Seekor bujuk anak haruan 
Tuan di sana saya di sini 
Bagai pungguk rindukan bulan 

Gesek rebab petik kecapi 
Burung tempua membuat sarang 
Apa sebab jadi begini 
Karam berdua basah seorang ? 

Hendak gugur gugurlah nangka 
Jangan menimpa putik pauh 
Hendak tidur tidurlah mata 
Jangan mengenang si dia yang jauh 

Kain batik negeri seberang 
Dipakai anak Tanah Melayu 
Apa ertinya kasih dan sayang 
Kalaulah abang berjanji palsu 

Pantai Cendering pasirnya putih 
Anak dagang berulang mandi 
Apa disesal orang tak kasih 
Sudah suratan diri sendiri 

Disana pauh di sini pun pauh 
Daun mengkudu ditandungkan 
Adinda jauh kekanda jauh 
Kalau rindu sama tanggungkan 

Pulau Tinggi terendak Cina 
Nampak dari Pulau Sibu 
Abang pergi janganlah lama 
Tidak kuasa menanggung rindu 

Putik pauh delima batu 
Anak sembilang di tapak tangan 
Tuan jauh di negri satu 
Hilang di mata di hati jangan 

Penelusuran yang terkait dengan contoh pantun melayu :
contoh pantun bahasa melayu, koleksi pantun melayu klasik, koleksi pantun melayu lama, koleksi pantun perkahwinan melayu, koleksi pantun melayu, pantun melayu, contoh pantun melayu, pantunmelayu

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...